12 Arti Warna dan Psikologi Warna

Arti Warna

Arti Warna – Pertama-tama apa itu warna? Pengertian warna adalah spektrum tertentu yang berada di dalam suatu cahaya sempurna (warna putih). Warna merupakan sebuah sensasi yang ada saat energi cahaya menabrak suatu benda. Ciri suatu warna ditentukan pada panjang gelombang cahaya itu sendiri.

Contohnya adalah warna biru yang memiliki panjang gelombang 460 nanometer.

gelombang warna
Gelombang Warna. Sumber: mdpi.com

Namun kami tidak akan membahas masalah panjang gelombang warna.

Melainkan akan membahas arti pada warna-warna populer secara umum seperti: warna hitam, putih, coklat, pink, merah, biru, hijau, kuning, oranye, hingga ungu, dst.

Dan juga secara spesifik mengenai arti warna pada logo, baik itu logo perusahaan maupun logo lainya.

Kita bahas mulai dari yang pertama, yaitu penjelasan psikologi warna menurut para ahli.

Penjelasan Warna oleh J. Linchoten

Johannes Linschoten adalah seorang psikolog yang lahir di Utrecht, Belanda 21 September 1925 dan meninggal 17 Maret 1964.

Ahli Psikologi Johannes Linschoten
Johannes Linschoten (Wikipedia)

Menurutnya warna bukanlah sebuah tanda yang hanya bisa untuk diamati saja, melainkan juga dapat memberikan efek terhadap perilaku seseorang.

Warna juga memegang peranan yang cukup penting dalam suatu penilaian estetis serta mampu menentukan apa yang harus seseorang pilih, apakah ia suka, atau tidak pada suatu hal dan benda.

Dari apa yang dijelaskan di atas, maka dapat disimpulkan bahwa warna bukan hanya suatu sensasi yang dapat dilihat, namun juga bisa mempengaruhi perilaku dan keputusan manusia.

Apa itu Psikologi Warna?

arti warna psikologi
Psikologi Warna

Psikologi warna adalah studi tentang bagaimana warna di dalam kaitannya terhadap perilaku manusia.

Pentingkah?

Kami rasa cukup penting untuk dapat menentukan bagaimana sebuah warna dapat mempengaruhi mata Anda dan konsumen.

Apa yang dapat warna lalukan dalam mempengaruhi Anda?

Yaitu mempengaruhi keputusan Anda atau para konsumen dalam membeli sebuah produk sehari-hari atau bulanan hingga tahunan.

Perhatikan, bisakah Anda menjawab pertanyaan di bawah ini?

Apakah warna kemeja yang tampil di toko online seperti tokopedia atau bukalapak membuat Anda tertarik untuk membelinya?

Apakah tampilan warna logo brand membuat kita memilih produk Apple ketimbang Samsung?

Apakah warna tombol buy (beli) bisa membuat Anda melakukan pembelian di Tokopedia atau Bukalapak tanpa ragu?

Jawaban singkatnya adalah “Ya”.

Tapi tentunya tidak sesederhana itu.

Artinya, warna bisa memberikan dampak yang signifikan terhadap keputusan kita. Dan mengapa kita lebih menyukai warna tertentu ketimbang warna yang lain.

Warna juga dapat memiliki makna yang berbeda tergantung pada lingkungan Anda, lokasi, jenis kelamin, dan faktor-faktor lainnya.

Mengapa Psikologi Warna Penting untuk Branding & Pemasaran?

Warna mampu membangkitkan perasaaan Anda. Terkejut? Mungkin iya.

Warna dapat merubah mood hingga emosi Anda. Dan hal ini serupa ketika Anda menentukan warna logo perusahaan Anda, warna brand, atau keperluan materi marketing Anda.

Pemilihan warna yang tepat akan sangat membantu merek Anda tampil stand out di tengah keramaian, bisa juga menyatu dengan keramaian.

Dengan penggunaan warna yang tepat tadi, Anda dapat membuat audiens Anda melihat apa yang Anda ingin mereka lihat. Juga membantu mereka melihat iklan (marketing) Anda dengan cara yang Anda inginkan.

Maka dari itu akan sangat berguna apabila Anda dapat memahami psikologi warna-warna populer ketika melakukan branding, strategi marketing, atau pembuatan logo perusahaan.

Sebaliknya, pemilihan warna yang kurang tepat akan merusak citra brand/perusahaan Anda.

Sebagai contoh, jika Anda memilih warna yang salah untuk logo bisnis atau konten pemasaran, maka hal itu bisa menjadi penyebab logo Anda kurang jelas dibaca atau bahkan tidak terbaca sama sekali. Bahkan akan sulit dipahami oleh target pasar Anda sekalipun.

Daftar Arti Warna & Psikologi Warna

Warna Merah

Pemilihan warna merah baik untuk keperluan desain grafis atau desain logo dan pemasaran mampu menarik perhatian mata audiens Anda.

Arti warna merah adalah dapat dikaitkan dengan energi, gairah, tindakan, bahaya, rasa cinta dan juga kegembiraan.

Cinta warna merah
I love red. Sumber: virgin.com

Apakah Anda kenal dengan logo-logo perusahaan yang menggunakan warna merah di bawah ini?

  • Youtube
  • Coca-Cola
  • McDonald’s
  • Canon
  • Lego
  • NASA
  • Toyota
  • Mitsubishi
  • Target
  • CNN
  • Levi’s
arti warna merah
Logo Perusahaan Berwarna Merah. Sumber: thedesignlove

Kemudian jika Anda perhatikan ketika berbelanja di pasar swalayan, maka Anda akan menemukan tag-tag harga diskon atau promo dengan dasar warna merah yang di mix dengan warna kuning.

Sebagai contoh, coba perhatikan foto di bawah ini.

Tag Promo Transmart. Sumber: pbs.twimg.com

Atau seperti tombol-tombol beli (buy) pada toko online hingga tombol optin ketika Anda ingin berlangganan (subsribe).

Dalam konteks psikologi warna, warna merah adalah warna yang paling intens dan mencolok. Dan dengan demikian, mampu memancing emosi yang paling kuat.

Merah juga dapat berarti bahaya. Jika Anda menggunakan warna merah di situs Anda, makan gunakanlah untuk elemen tombol call to action baik itu tombol beli atau tombol berlangganan.

Warna merah merupakan warna ikonik yang digunakan untuk merek-merek ternama seperti yang telah dijelaskan di atas.

Seperti Coca Cola, McDonald’s dan YouTube.

Warna merah cenderung dalam membangkitkan selera makan. Itulah mengapa logo merek seperti McDonald’s, KFC, hingga Coca Cola menggunakan warna ini.

Mereka juga sering menggunakan kata-kata yang mengajak bahagia dalam branding dan desain iklan mereka. Sehingga mereka menggunakan warna merah untuk membangun kegembiraan.

Sedangkan YouTube (kemungkinan) menggunakan warna merah karena rasa kegembiraan saat menonton video secara online. Coba perhatikan bagian merah pada logo YouTube terdapat tombol putar (play) yang dapat membantu seseorang untuk melakukan tindakan klik play.

Dan mungkin itulah yang membuat Anda betah berlama-lama menonton video di youtube ketimbang di TV analog.

Warna Merah Maroon

Merah marron adalah salah satu jenis warna dari merah tua. Warna ini dikenal juga dengan sebutan “merah hati”, “merah manggis”, “merun”, dan “merah menangis”.

Arti warna merah marun sering dikaitkan dengan suatu hal yang Anda suka. Bisa jadi berhubungan dengan rasa kepercayaan diri, kehangantan, keberanian, rasa cinta, ambisi, kegembiraan, kekuatan, bahkan keindahan.

Jika kita mengkaitkan warna merah marun dengan kehangatan dan kepercayaan, maka tidak heran jika bukalapak menggunakan warna ini pada logonya.

Merah marun
Bukalapak

Kenapa? Karena itu artinya Bukalapak ingin para pelanggannya percaya terhadap produk atau layanan mereka. Disertai dengan kehangatan pelayanan dan fitur-fitur yang ada pada aplikasi mobile atau aplikasi berbasis web yang mereka miliki.

Warna Kuning

Warna kuning adalah warna indah yang sehari-hari dapat kita lihat langsung dari alam. Jika kita perhatikan sekilas, secara tidak sadar warna kuning terbilang cukup mewakili warna sinar matahari di waktu siang.

Setuju kah Anda?

Warna kuning yellow
Bukan matahari tapi Pikachu. Sumber: wallpaperflare

Arti warna kuning adalah menggambarkan kehangatan dan rasa bahagia yang seolah-olah mendorong hasrat untuk melakukan sesuatu.

Kuning juga merangkul rasa positif, optimis, dan tentunya musim panas. Tetapi juga Anda harus perhatikan tanda peringatan pada rambu-rambu lalu lintas yang berwarna kuning.

Terdapat beberapa perusahaan yang identik dengan warna kuning ini baik itu untuk produk, marketing, atau warna backgound situs web mereka.

Contoh perusahaan yang menggunakan warna kuning antara lain:

  • Ikea
  • Ferarri
  • CAT
  • DHL
  • Shell
  • IMDb
  • Nikon
  • Chupa Chups
  • dll
Arti warna kuning
Perusahan dengan warna kuning. Sumber: marketing91

Kenapa Ferarri menggunakan warna kuning ini?

Itu di karenakan warna kuning mewakili perasaan bahagia, musim panas (bersenang-senang), dan gaya hidup. Sehingga sangat cocok dengan branding Ferarri yang mana merupakan sebuah perusahaan otomotif dengan imej sangat mewah dan terkenal.

Begitu pula dengan IKEA, mereka menggunakan warna ini sebagai penyesuaian rasa bahagia seseorang ketika berbelanja untuk kebutuhan rumah mereka. Seperti belanja sofa, lemari, dan perabotan lainnya untuk dan/atau pindahan rumah baru.

Warna Putih

Warna putih adalah suatu warna yang mewaikili keseluruhan warna dasar dalam takaran proporsi sama besar dan maksimum. Warna putih, sama halnya dengan warna hitam dan abu-abu, mereka tidak bisa didefinisikan sebagai warna khusus tertentu.

Arti warna putih
Putih. Sumber: pixabay

Dalam psikologi warna, putih merepresentasikan kebaikan, bersih, rendah hati, dan keluguan atau kepolosan.

Warna putih juga bisa melambangkan sifat dingin hingga sesuatu yang steril (bersih tanpa bercak noda).

Dalam dunia online tepatnya website, warna putih sangat banyak digunakan pada bagian latar sebagai bentuk standar keterbacaan sebuah tulisan atau teks.

Putih merupakan warna yang dipakai dalam strategi iklan dan pemasaran oleh Adidas. Jika kita lihat di website Adidas (saat artikel ini ditulis), Adidas menggunakan warna hitam sebagai warna latar header website mereka. Kemudian penempatan logo berwarna putih menjadi tampak jelas dan kontras sehingga mudah untuk dibaca.

Coba perhatikan screen shot di bawah ini:

Warna putih situs adidas
Website Adidas

Karena latar belakangnya putih, mereka memilih untuk menggunakan abu-abu sebagai latar belakang foto produk. Mungkin ini dilakukan untuk menambahkan tone of colors yang berbeda dalam situs mereka.

Banyak merek terkenal yang menggunakan warna putih sebagai warna sentral dan menggunakan warna hitam atau abu-abu agar tampak kontras dan mudah dibaca.

Perusahaan yang menggunakan warna putih sebagai pilihan warna alternatif pada logo mereka:

  • Tesla
  • Mini
  • Crocs
  • The North Face
  • Cotton
  • dll

Warna Hitam

Arti warna hitam dapat dikaitkan dengan ketakutan, kekuatan, misteri, kekuatan, otoritas, keanggunan, formalitas, kematian, kejahatan, agresi, otoritas, pemberontakan, dan kecanggihan.

Hitam diperlukan agar semua warna lain memiliki kedalaman dan variasi rona.

Warna hitam bisa memengaruhi pikiran dan tubuh Anda dengan menghadirkan perasaan yang nyaman, meningkatkan kepercayaan diri dalam penampilan, meningkatkan semangat dan kemungkinan, atau bahkan sebaliknya yaitu refleksi perasaan hampa, suram, galau, atau kesedihan.

Arti warna hitam
Hitam suram. Sumber: Wallpaperplay

Sebagai warna pilihan pada logo, warna hitam adalah warna yang digunakan oleh Nike dan Chanel. Jika di Indonesia Anda bisa cek situs iBox.co.id.

Jika kita cek di situs Nike, Nike menggunakan skema warna hitam pada logo dan font mereka. Untuk terlihat kontras mereka memadukannya dengan warna abu-abu dan putih.

Warna hitam yang digunakan merek-merek “branded” biasanya bermaksud untuk mencerminkan kesan mewah, elegan, dan eksklusif. Contoh lain dari penggunaan warna hitam pada merek adalah situs Mercedes-Benz.

Perusahaan dengan logo warna hitam:

Logo berwarna hitam
  • Gucci
  • Puma
  • Nike
  • Sony
  • Adidas
  • Apple
  • Chanel
  • Dll

Warna Biru

Warna biru adalah warna yang menenangkan, setuju? Biru identik dengan warna laut dan langit meskipun keduanya tak selamanya tenang.

Arti warna biru sering dikaitkan dengan kesehatan, ketenangan, penyembuhan, kelembutan, dan pengertian. Lalu warna biru dalam cinta adalah pengertian, bisa juga perasaan yang lembut nan menenangkan.

Berbeda dengan biru tua yang bisa mewakili keseriusan, pengetahuan, hingga integritas.

Biru merupakan warna maskulin bagi pria, namun hal ini perlu dibuktikan dengan survei agar lebih valid datanya.

Umumnya warna biru digunakan oleh perusahaan-perusahaan yang bergerak dibidang kebersihan, kesehatan, penerbangan, air, minuman dan laut. Warna biru juga dikaitkan dengan kecerdasan, ketelitian dalam hal teknologi.

Hindari warna biru jika Anda memiliki usaha dalam kategori kuliner atau makanan, karena warna biru dapat menekan nafsu makan.

Pertanyaannya, apakah Anda pernah melihat restoran dengan logo warna biru?

Famous  Blue logo
Perusahan dengan logo berwarna biru.

Contoh perusahaan yang menggunakan warna biru pada logonya adalah:

  • Oral B (Kesehatan)
  • IBM (Teknologi)
  • Dell
  • GM
  • OREO
  • Intel
  • Boeing (Pesawat)
Logo Oral B warna biru
Oral B. Sumber: oberlo

Warna Orange (Oranye)

Warna oranye ini dapat mewakili jiwa petualang, kreativitas, rasa antusias, keseimbangan (balance), hingga kesuksesan.

Apa yang Anda rasakan ketika berada di tepi pantai ketika waktu sore hari bersama orang terkasih di sisi Anda?

warna oranye sinar matahari
Sumber: abc.net.au

Penggunaan warna oranye juga mampu menambah rasa “bahagia” pada gambar, layout website, hingga tombol pada situs.

Warna orange bisa dibilang mirip dengan merah untuk menarik perhatian mata Anda, tapi ia tidak sekuat warna merah.

Warna tombol optin-forms
Tombol optin. Sumber: themetrust

Anda bisa cek sendiri di situs-situs marketing dan yang semisalnya, umumnya mereka menggunakan warna oranye atau merah untuk warna tombol pada bagian optin-form.

Bagaimana dengan perusahaan yang menggunakan warna ini pada logo mereka?

Warna oranye dipakai oleh perusahaan besar seperti Nickelodeon dan The Home Depot.

Logo nickelodeon
Nickelodeon

Nickelodeon adalah salah satu saluran televisi untuk anak-anak, dan bisa kita ambil kesimpulan bahwa logo mereka cukup mewakili makna antusias dan kreativitas.

Merek-merek lainnya yang menggunakan warna orange pada logo mereka:

  • HTML 5
  • JBL
  • Fanta
  • Rockstars
  • Blogger

Warna Hijau

Arti warna hijau dalam psikologi warna adalah terkait dengan alam dan uang. Sering juga kita rasakan warna hijau ini mewakili kesuburan, pertumbuhan, kesehatan, herbal dan kerendahan hati.

Jadi ketika bertemu dengan orang yang menyukai warna hijau, mungkin saja ia memang orang yang rendah hati dan dapat di percaya.

Arti warna hijau
Wallpaper Windows XP. Sumber: Liputan 6

Penggunaan hijau dipopulerkan oleh merek-merek seperti John Deere dan Roots. Dan seluruh merek John Deere adalah terkait tentang alam.

Perusahaan dengan logo hijau
Tropicana dan kawan-kawan

Warna hijau merupakan warna harmoni dan keseimbangan yang tergolong pada kategori warna sekunder. Hasil perpaduan dari warna biru dan warna kuning.

Warna Ungu (Violet)

Arti warna ungu ialah berhubungan dengan kekuatan, kemewahan, kemuliaan, dan bijaksana. Dalam psikologi warna, ungu adalah warna kerajaan.

Arti warna ungu
Yahoo

Hati-hati dengan warna ungu, karena ia dapat menghadirkan rasa frustasi apabila dipakai terlalu berlebihan. Sehingga banyak orang menganggap warna ungu adalah warna arogan. Ingat ya arogan, bukan warna identik janda.

Profil perusahaan yang menggunakan warna ungu pada logo mereka antara lain:

  • Yahoo
  • Ben-Q
  • Premier League
  • Cadbury
  • dll

Warna Merah Mudah (Pink)

Arti warna pink merah muda
Merah jambu. Sumber: Wallpaper cave

Warna pink (merah jambu) adalah warna yang identik dengan kaum hawa. Dan dalam psikologi warna, arti warna pink adalah seputar feminitas, cinta tanpa syarat, dan mungkin kesan tidak dewasa alias kekanak-kanakan.

Silahkan Anda cek warna box dari mainan untuk anak-anak perempuan.

Box mainan pink
Barbie. Sumber: DHgate

Kesan feminim yang kuat dari warna pink membuat brand terkenal seperti Barbie dan Victoria’s Secret menggunakan warna ini.

Warna Coklat

Arti warna coklat adalah bermakna rasa aman, kenyamanan, dan sifat rendah hati. Warna ini sering diserupakan dengan personal yang bersahaja karena identik dengan warna tanah, kayu.

Arti warna coklat
Jam kayu. Sumber: brilio

Warna coklat sering digunakan pada produk-produk yang dibuat menggunakan bahan alam, entah itu kayu atau yang semisal dengannya.

Sehingga warna coklat bisa juga digolongan dengan warna natural (alami).

Warna Abu-abu (Grey)

Arti warna abu-abu dalam psikologi warna adalah dapat mewakili keseimbangan dan netralitas. Makna warna abu-abu ini seperti mewakili paduan dari dua warna, yaitu hitam dan putih.

Arti warna abu-abu
Iphone grey

Warna abu-abu memiliki konotasi negatif, yaitu tentang kehilangan dan perasaan depresi. Warna ini akan terlihat membosan jika tidak dipadukan dengan warna-warna lainnya.

Pasti Anda tahu apa itu dan siapa Apple.

Apple merupakan contoh yang paling sering diulas ketika membicarakan logo yang menggunakan warna grey. Lihat saja, semua produknya menggunakan warna abu-abu sebagai pilihan paket. Mulai dari telepon pintar, tablet, hingga Macbook.

Macbook warna abu-abu
Macbook Air. Sumber: Apple

Mereka juga menerapkan warna grey di situs webnya. Hal ini dilakukan untuk memperkuat citra brand mereka yang elegan dan berkesan eksklusif juga inovatif.

Kesalahpahaman tentang Psikologi Warna

Meskipun psikologi warna telah dipelajari dan dianalisis selama bertahun-tahun, masih ada banyak perdebatan tentang dampak pasti warna terhadap psikologi manusia.

Namun, pertanyaanya adalah “Mengapa ada banyak perbedaan pendapat dan kesalahpahaman tentang arti warna ataupun psikologinya?

Kesimpulan

Kita sudah mempelajari apa itu arti warna dan psikologi warna. Sekarang saatnya memulai menerapkannya pada bisnis dan kehidupan Anda.

Namun makna warna-warna di atas adalah bukan peraturan yang wajib harus Anda ikuti. Pasti terdapat perbedaan pandangan dan penjelasan dari masing-masing ahli.

Anda bisa mempertimbangkan untuk memilih warna yang mewakili harapan Anda dan bisnis Anda.

Tentunya harapan tentang apa yang akan dirasakan oleh diri Anda sendiri dan juga pelanggan Anda.

Jadi, apa tanggapan Anda tentang arti warna dan psikologi warna?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *