Kesan simple & berkesan adalah simbol bisnis Anda.
2. Memorable
Mudah dilihat, diingat, & dimengerti seperti citra Anda.
3. Keseriusan Bisnis
Memiliki visual identity profesional adalah tanda keseriusan bisnis.
APA ITU LOGO?
Pertanyaannya, apa Anda belum tahu tentang logo?
Semoga tulisan ini bisa memberikan manfaat bagi Anda.
Pengertian logo adalah proses menata bentuk (shape), simbol, gambar, teks dan warna untuk menciptakan simbolis unik yang mampu berkomunikasi terhadapt maksud dan tujuan dari bisnis Anda.
Meski tidak wajib, namun identitas suatu bisnis itu harus unik, tidak ada duanya seperti sidik jari.
Logo yang baik haruslah dibuat dengan format vector dan adaptable. Maksudnya?
Maksudnya agar logo bisa digunakan di berbagai macam keperluan branding maupun marketing, mulai dari header website, kartu nama, kop surat, hingga dipasang di dalam desain kemasan.
Dengan desain yang profesional maka akan membantu bisnis Anda berkembang lebih baik.
Hal itu disebabkan karena pelanggan sudah mengetahui siapa Anda dan dapat membedakan Anda dari para kompetitor.
Anda boleh percaya atau tidak, bahwa perbedaan tampilan logo mampu menciptakan hubungan jangka panjang yang berkelanjutan dengan audiens Anda.
Jadi buatlah mereka menjadi loyal pada Brand Anda, dengan strategi desain branding logo dan marketing yang berkesinambungan.
APA MEMILIKI LOGO ITU PENTING?
Dalam dunia bisnis, desain logo yang mudah dikenali merupakan salah satu hal yang sangat penting.
Agensi jasa desain logo profesional dari apridesain hadir agar sebuah produk dapat dengan mudah dikenal juga diingat oleh pasar.
Lalu, seberapa pentingkah fungsi logo untuk sebuah produk?
Serta bagaimanakah cara membuatnya agar unik, menarik dan mudah diingat?
Umumnya sebuah logo profesional memiliki makna atau arti tertentu, baik itu filosofi perusahaan hingga visi dan misi.
Tapi, lebih dari pada itu, ia juga mempunyai fungsi untuk menarik minat publik terhadap produk yang diciptakan.
Contohnya adalah iPod, iPhone, dan Tesla.
Mereka tidak hanya dibangun dengan desain branding yang baik, tetapi juga dibangun dengan fungsi dan manfaat produk yang inovatif dan luar biasa.
PRINSIP DESAIN LOGO
Simple Desain logo yang sederhana memungkinkan bisnis Anda jadi mudah dikenali dan memungkinkan ia menjadi fleksibel & berkesan.
Juga membuat usaha tampil unik, berbeda, dan proporsional tanpa dibuat secara berlebihan.
Memobrable
Menghafal adalah sesuatu yang kurang disukai atau bahkan menyebalkan. Logo yang baik dan efektif harus mudah diingat.
Hal ini dapat dicapai dengan memiliki desain identitas yang sederhana namun sesuai dengan visi, misi, atau produk Anda.
Timeless Logo yang efektif (mungkin) harus abadi. Maksudnya, ia akan bertahan lama. Akankah logo yang Anda punya tetap efektif dalam 10, 20, 50 tahun kedepan?
Sebagai contoh, Anda bisa lihat branding merek coca-cola.
Versatile
Logo yang efektif harus bisa diaplikasikan di berbagai media dan aplikasi, ia juga harus fungsional.
Untuk alasan ini logo harus dibuat dalam format vektor, untuk memastikan bahwa ia dapat diubah ukuran skalanya dan harus berfungsi dengan baik dalam format horizontal maupun vertikal.
Appropriate
Bagaimana Anda memposisikan logo harus sesuai dengan tujuan yang dimaksud.
Misalnya, jika Anda ingin menciptakannya untuk toko mainan anak-anak, maka akan lebih tepat jika desain dibuat dengan skema warna & font anak-anak.
Logo juga tidak harus menampilkan produk yang dijual atau ditawarkan oleh kategori usaha Anda.
Contohnya:
Desain identitas merek mobil tidak harus menampilkan bentuk mobil.
Identitas desain komputer tidah harus menunjukkan bentuk komputer.
Coba perhatikan Harley Davidson, apakah mereka menampilkan bentuk motor pada logonya?
Intinya logo dibuat untuk menunjukan eksistensi dan identifikasi.
Tiga perusahaan tersebut berhasil membuat identitas merek tampak mudah dikenali dan diingat (memorable).
Mereka juga memberikan perpaduan warna dan shape yang begitu ikonik.
Dan serta membuat visual simbol yang mewakili filosofi, visi, dan misi mereka.
Nike
Icon Nike seperti menggambarkan strong, Bold, & move fast atau do something. Bahkan tag line nike pun menginspirasi Steve Jobs bersama Apple-nya.
Apple
Simbol Apple tampak "mewah",
padahal Rob Janoff (desainer identitas apple) menjelaskan alasan mengapa apel itu tergigit hanya untuk membedakannya dengan buah ceri.
Google
Symbol google yang baru hanya menampilkan bentuk huruf "G" seakan-akan berpesan untuk mewakili induk company-nya yaitu Alphabet, playfull, & future of internet.
Jika kita menjadikan perusahaan di atas sebagai referensi, apakah mungkin simbol merek diatas menggunakan jasa desain logo 50rb?
Tentunya harga desain Rp50.000 tidak akan membuat Anda mendapatkan simbol identitas se-iconic dan profesional seperti di atas.