Pengertian Logo, Jenis, dan Fungsinya bagi Perusahaan

pengertian logo

Sebelum memulai bisnis, pastikan Anda tahu apa itu pengertian logo, elemen-elemen pada logo, beserta fungsi logo bagi perusahaan Anda.

Kenapa? Agar perusahaan Anda dapat berkembang lebih baik dengan identitas yang jelas.

Lalu, apa itu logo?

Sederhananya, logo adalah simbol yang terdiri dari gambar dan teks yang dapat membantu kita mengidentifikasi sebuah merek yang kita sukai.

Tidak hanya begitu, pengertian logo juga bisa lebih dari itu.

Logo yang baik merupakan cerminan merek Anda. Ia mampu membantu konsumen memahami apa yang Anda lakukan, siapa Anda, dan apa yang Anda tawarkan.

Terlalu banyak “tanggungjawab” yang dibebankan dari gambar berukuran kecil ini.

Jadi, coba kita lihat bagaimana cara memaksimalkan logo Anda untuk tampil “stand out”.

Apa yang logo lakukan untuk perusahaan Anda?

Logo tak hanya sekedar tampil profesional, unik, elegan/mewah, tapi lebih daripada itu.

Karena fungsi logo memang lebih dari hanya sekedar gambar kecil yang tampil di depan toko Anda.

Lalu apa saja fungsi dari logo? Berikut rangkumannya untuk Anda:

  1. Logo memebuat bisnis Anda tampil beda.
  2. Logo mengidentifikasi bisnis Anda.
  3. Logo membangun pengakuan brand Anda.

Mari kita bahas dari yang pertama.

#1 Logo Membuat Bisnis Anda Tampil Beda

(Mungkin) fungsi paling dasar dari sebuah logo adalah memberikan tanda unik pada bisnis Anda untuk membedakan Anda dari para kompetitor Anda.

Bagi kami itu sangat penting, kenapa penting?

Karena 99% kompetitor Anda pasti melakukan hal yang sama, yakni menciptakan logo bisnis mereka sendiri.

Sebelum membuat logo untuk bisnis Anda, mungkin Anda akan melakukan penelitian tentang seperti apa kompetitor Anda. Sehingga bisnis Anda dapat mengambil posisi di celah yang benar dan tepat.

branding logo juventus
Juventus Logo, sumber: underconsideration.com

Lihatlah logo juventus di atas, bagaimana mereka berani membuat logo baru yang sangat berbeda dari kebanyakan klub sepak bola di Eropa.

Benar-benar modern, sederhana, dan sangat mudah diingat dan diidentifikasi.

#2 Logo Mengidentifikasi Bisnis Anda

Seiring dengan demarkasi (batas pemisah) bisnis Anda, logo yang baik akan memberikan konsumen beberapa informasi penting tentang perusahaan hingga produk Anda.

Seperti contohnya:

  1. Industri apa yang Anda jalani.
  2. Produk atau layanan apa yang Anda tawarkan.
  3. Value dari merek Anda.
  4. Dimana lokasi bisnis Anda berpusat (Negara, Kota, dst).

Contoh lebih lanjutnya adalah: Mungkin Anda membuat logo dengan rangkaian citra yang menunjukkan bahwa merek Anda menawarkan produk teknologi.

Atau mungkin menggunakan secara dominan warna hijau untuk memberikan kesan bahwa Anda adalah perusahaan layanan lingkungan, dsb.

Bisa juga menggunakan warna emas, silver, hitam untuk memberikan kesan bahwa perusahaan Anda adalah perusahaan produk mewah.

#3 Logo Membangun Pengakuan Brand Anda

Desain Logo juga harus mampu meninggalkan rekam visual yang dapat membuat konsumen mengingat Anda. Ketika melihat logo Anda, mereka ingat siapa Anda, apa yang Anda lakukan, dan bagaimana layanan/produk Anda.

Coba pikirkan merek-merek terkenal seperti Nike, Apple, hingga KFC.

Logo mereka langsung dapat dikenali meskipun tidak menampilkan teks di dalamanya.

Jadi, jangan anggap remeh logo Anda. Logo adalah bagian penting identitas merek perusahaan Anda.

Di atas kita telah bahas fungsi dari logo. Semoga mampu dipahami dengan baik secara umum dan mendasar.

Meski tidak ada jawaban pasti, ingat tidak ada jawaban pasti!

Setidaknya logo dibentuk dari 7 elemen di bawah ini.

Tipografi

elemen tipografi
elemen tipografi

Ketika dibuat, logo biasanya akan berisi beberapa jenis elemen tipografi. Bisa dimulai dari satu huruf monogram untuk singkatan ataupun nama bisnis secara lengkap.

Citra (Imagery)

elemen citra
imagery elemen citra

Tidak hanya elemen tipografi, tapi juga mungkin ditambahkan elemen simbol ataupun ikon. Biasanya elemen ini terdiri dari garis-garis geometri abstrak.

Dalam kasus-kasus tertentu, logo juga mencakup elemen dekoratif seperti tanda baca visual seperti: titik, garis-garis putus, bentuk bintang, hingga garis abstrak yang berdiri sendiri.

Warna

Di luar dua elemen di atas adalah warna. Logo dapat menggunakan warna hitam dan putih, monokrom ataupun warna-warni.

Logo dengan banyak warna sering dibuat dengan roda warna (color wheel) analog, yang artinya memiliki rona warna yang sama, atau tampak serasi, dan bisa juga berlawanan.

desain logo warna-warni
Desain Logo Penuh Warna

Logo di atas adalah contoh dari logo yang penuh dengan warna. Meskipun warna-warni, namun tetap enak dilihat bukan?

Konteks (Uraian/Kalimat Pendukung)

logo sendal kreatif
Logo Sendal Kreatif, sumber: Apri Desain

Logo juga sering ditentukan oleh konteks penggunaannya. Karena itu, penting untuk memikirkan kapan dan di mana logo dapat diaplikasikan.

Biasanya kita melihat logo pada sebuah website, kartu nama, kop surat, stempel, ataupun materi desain promosi dan pemasaran.

Jadi coba putuskan terlebih dahulu di mana logo Anda akan diterapkan, agar logo tampil pas dan sesuai tanpa kehilangan kemampuan terbaca (legibility).

Elemen Statis atau Dinamis

Elemen logo statis cocok untuk diterapkan di baliho di suatu persimpangan jalan. Dengan itu logo akan tampak jelas dan tidak kabur.

Meskipun dilihat dari jarang yang agak jauh hingga jarak dekat.

Sedangkan logo dinamis cocok diterapkan pada aplikasi atau digital media yang menojolkan warna RGB dan tampak di layar elektronik.

Apa yang Membuat Logo Tampak Bagus?

Logo yang bagus dan baik adalah logo yang dibuat sesuai dengan elemen-elemen di atas, juga tergantung pada tujuan dari pembuatan logo itu sendiri.

Jadi, ketika Anda ingin membuat merek perusahaan motor, maka Anda tidak harus menampilkan gambar motor pada logo Anda. Melainkan memasukkan warna yang tepat dan cocok ditambah dengan simbol atau ikon serta jenis font yang memberikan citra dari tujuan bisnis Anda.

Apa Perbedaan Logo dengan Branding?

Meskipun terdengar membingungkan dan rumit. Sebenarnya perbedaanya cukup sederhana, berikut penjelasannya:

Branding adalah kumpulan presepsi yang di miliki oleh konsumen terhadap perusahaan Anda. Dengan kata lain, branding bisa dikatakan sebagai gambaran besar yang dibuat oleh perusahaan Anda kepada konsumen Anda.

Presepsi ini dapat dibentuk dengan cara membuat iklan digital, iklan cetak, layanan konsumen dan tentunya logo Anda.

Sampai di sini apakah Anda sudah memahami maksud kami?

Yap! Logo adalah bagian dari branding merek Anda dan bukan sebaliknya.

Contohnya adalah logo Apple yang ikonik dan mudah untuk dikenali.

Tapi merek Apple tidak di-branding hanya dengan logo saja, melainkan juga dengan membuat iklan-iklan yang ikonik, produk (komputer, smartphone, macbook) yang ikonik, berkualitas, dan visioner. Bahkan desain web mereka juga sangat menarik dan elegan.

Ditambah mereka memiliki layanan pelanggan dan pusat layanan servis yang baik.

Semua itu saling bersinergi dalam membentuk (branding) merek bisnis mereka.

Sekarang sudah siapkah Anda untuk mendapatkan logo profesional, unik, dan kreatif untuk bisnis Anda?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *