Tidak Sama! Inilah Perbedaan Logotype dan Logogram (Logomark)

Sering dianggap sama, padahal keduanya ternyata berbeda lho! Inilah perbedaan logotype dan logogram atau logomark yang perlu diketahui.

Perlu Anda ketahui bahwa secara basic sebuah logo itu dapat dikelompokan pada jenis logomark dan logotype.

Setiap komponen tersebut mempunyai karakter dan sifat yang berlawanan satu dengan yang lainnya.

Agar tidak bingung dan salah dalam penerapan desain logo, silahkan baca artikel perbedaan logotype dan logomark berikut ini sampai selesai ya.

Baca juga: Jenis Logo yang Perlu Desainer Ketahui 

logotype logomark logogram
Sumber: visuallinkit.com

Apa itu Logotype?

logotype aqua
Logo Tipografi Aqua. Sumber: Aqua.

Pengertian logotype adalah salah satu jenis elemen logo yang dibuat berdasarkan font yang mengandung nama brand dan/atau merek tertentu.

Itu artinya nama brand atau merek pada logotype dapat dibaca secara mudah juga jelas.

Jika sebuah merek atau produk baru saja diluncurkan dan berkeinginan untuk mudah dikenal, maka penggunaan elemen logo ini merupakan pilihan yang cukup tepat.

Pemilihan ini bukan tanpa sebab, karena penggunaan elemen logotype pada brand baru akan membantu brand tersebut mudah dikenal, diingat, dan diidentifikasi oleh masyarakat luas secara efektif dan juga efisien.

Baca juga: Penjelasan Logo Copyright, Trademark, dan Registered

Saat proses branding direncanakan, maka pemilihan atau pembuatan tipografi pada logo menjadi hal yang sangat penting untuk dilakukan.

Kenapa? Agar konsep logotype yang dibuat dapat tampil unik, berbeda, dan dapat merepresentasikan citra brand atau merek yang sedang dibangun.

Untuk memudahkan Anda, tim ApriDesain.id telah merangkum beberapa contoh perusahaan terkenal yang menerapkan pembuatan logotype, antara lain:

  • Coca cola.
  • Pepsi.
  • Google.
  • Yahoo!.
  • Disney.
  • FedEx.
  • NASA.
  • CNN.
  • Netflix.
  • Polytron.
  • Evercoss.
  • Vivo.
  • Oppo.
  • Dll.

Baca juga: Pelajari Fungsi Logo bagi Perusahaan

Kelebihani Logotype

  • Tampilan yang klasik namun tetap efektif.
  • Sangat cocok dan ideal untuk pengenalan nama merek baru.
  • Sangat direkomendasikan untuk menciptakan kesadaran merek.
  • Dapat memberikan informasi tentang perusahaan secara langsung.
  • Minimnya risiko kebingungan merek pada masyarakat.

Kekurangan Logotype

  • Tidak cocok untuk setiap tempat—karena logomark cenderung lebih ringkas.
  • Pilihan desain kreatif cenderung lebih sedikit.
  • Tidak berfungsi untuk nama merek yang panjang atau sulit diucapkan.
  • Tren penggunaan font selalu berubah-ubah, jadi jenis logo yang stagnan mungkin tampak ketinggalan zaman setelah beberapa tahun.

Pengertian Logogram atau Logomark

logogram logomark toyota
Logomark (logogram) Toyota. Sumber: AliExpress.

Logomark atau juga dikenal dengan sebutan logogram adalah komponen logo yang dibuat berdasarkan bentuk (shape), ikon, hingga bentuk gambar visual.

Elemen logo yang satu ini biasanya dibuat sederhana, mudah diingat, mudah dikenali, namun tetap mewakili latar belakang citra mereknya.

Logomark ini dapat berdiri sendiri tanpa logo simbol jika sebuah brand sudah cukup terkenal dan digemari masyarakat.

Beberapa contoh perusahaan yang menggunakan logomark antara lain:

  • Apple.
  • Microsoft.
  • Nike.
  • Adidas.
  • Pepsi.
  • Starbucks.
  • Facebook.
  • Twitter.

Kelebihan Logomark

  • Terlihat sangat spesial, personal, dan unik (jika desain logo dirancang dengan baik).
  • Kreativitas tanpa batas.
  • Shape yang tepat mampu mengkomunikasikan pesan yang kompleks.
  • Sangat fleksibel dalam penerapannya dan bagus untuk menggambarkan berbagai karakteristik merek.
  • Dapat diperbesar atau dikompresi agar sesuai dengan lokasi penempatan.

Kekurangan Logomark

  • Tidak cocok untuk merek baru karena dapat memperlambat pengenalan merek.
  • Membutuhkan keahlian desain grafis tingkat lanjut untuk mendapatkan efek logo yang baik.
  • Terdapat risiko simbol / lambang yang terlihat mirip dengan logo lainnya.

Perbedaan Logotype dan Logogram [Logomark]

Berdasarkan penjelasan di atas, maka perbedaan antara logotype dan logomark adalah:

  1. Logotype dibuat berdasarkan bentuk tulisan atau font yang mengandung nama merek atau brand tertentu.
  2. Logomark (logogram) dibuat berdasarkan bentuk shape, ikon, dan/atau gambar visual tertentu.
  3. Logotype cenderung mudah dipahami karena mengandung nama atau teks yang jelas dan dapat dibaca.
  4. Logomark bisa menghadirkan beragam arti tergantung dari persepsi bentuk visual yang dibuat dan mata (pikiran) orang yang melihatnya.

Baca juga: Ketahui Perbedaan antara Typeface dan Font

Baik logogram dan logotype bisa tampil bersamaan untuk saling mendukung (ini dinamakan logo kombinasi), atau juga bisa tampil sendiri-sendiri.

Saran kami, jika perusahaan Anda baru saja dibuat dan sedang berkembang, ada baiknya menggunakan logo dengan gabungan kedua elemen yang sudah disebutkan di atas.

Hal ini bertujuan agar target pasar atau masyarakat dapat mengenali dan mengidentifikasi merek Anda dengan lebih baik, efektif, dan efisien.

Nah itulah penjelasan lengkap tentang pengertian dan perbedaan logotype dan logogram atau juga logomark, semoga bisa dipahami ya.

Sekali lagi semoga artikel ini bermanfaat dan dapat dijadikan referensi untuk Anda yang sedang membangun brand ataupun yang sedang belajar desain komunikasi visual.

Jangan lupa bagikan artikel ini ke sahabat dan rekan Anda, terima kasih!

Sumber:

Themeisle

Tinggalkan komentar