Ini Perbedaan Simbol Copyright ©, Trademark ™, dan Registered ®

Mungkin Anda sering melihat simbol-simbol ini, lantas bertanya-tanya, apa sih perbedaan antara simbol Copyright, Trademark, dan Registered?

Dan karena itulah Anda menemukan tulisan ini.

Pengertian dari masing-masing simbol ini “wajib” Anda mengerti, apalagi jika Anda seorang pengusaha yang ingin mematenkan bisnis, produk, atau logo merek.

Seharusnya simbol-simbol tersebut sudah dipahami di luar kepala, tahu apa bedanya, dan juga tahu apa tujuan dari masing-masing simbol.

Maka dari itu tim dari ApriDesain mengajak Anda untuk membaca tulisan ini sampai selesai, agar bisa bersama-sama memahami pengertian lengkap dari ketiga simbol ini.

Catatan: Mohon diingat dan dicatat, kita sama-sama belajar, dan tidak akan rugi jika kita saling berbagi pengetahuan.

Baca juga: Apa itu Poster? Baca penjelasan lengkapnya di sini

Simbol © (Copyright)

contoh copyright
Sumber: websitepolicies.com

Pengertian copyright adalah simbol © yang memiliki arti hak cipta. Simbol ini menyatakan sebuah hak cipta kepada si pencipta, baik untuk karya desain, desain logo, foto, nama, hingga karya lainnya.

Si pencipta mempunyai hak hukum eksklusif untuk mencetak, menerbitkan, menampilkan, memfilmkan, atau merekam materi sastra, seni, atau musik, dan untuk memberi wewenang kepada orang lain untuk melakukan hal yang sama.

Simbol ™ (Trademark)

contoh trademark
Trademark. Sumber: yourtrademarkattorney.com

Arti dari Trademark adalah sebuah simbol ™ yang berarti Trademark, dan arti Trademark adalah sebuah Merek Dagang.

Merek Dagang adalah suatu lambang, kata, atau kata-kata yang terdaftar atau ditetapkan secara sah untuk digunakan sebagai representasi perusahaan atau produk.

Arti lainnya Merek Dagang secara eksklusif mengidentifikasi produk sebagai milik perusahaan tertentu dan mengakui kepemilikan perusahaan atas merek tersebut.

Simbol ® (Registered)

contoh registered
Registered. Sumber: quickcompany.in

Arti dari Registered adalah sebuah simbol ® yang mempunyai makna Registered. Itu berarti sebuah merek telah dimasukkan atau dicatat pada daftar atau direktori resmi.

Dengan penggunaan simbol ®, maka sebuah merek telah dinyatakan sah dalam sebuah negara karena sudah didaftarkan ke Daftar Umum Merek.

Sebuah merek dengan simbol ini mengindikasikan bahwa ia telah mengantongi sertifikat merek resmi dan dengan itu semua hak ciptanya dapat terlindungi oleh hukum dan jauh lebih kuat dibandingkan simbol © dan simbol ™.

Baca juga: Apa itu Katalog? Pengertian, Contoh dan Fungsinya untuk Bisnis

Apa Perbedaan antara Copyright ©, Registered Trademark ®, dan Trademark ™?

Lalu yang jadi pertanyaan, apa ada perbedaan dari ketiga simbol ini? Ya ada, apa saja? Silahkan baca penjelasan di bawah:

Perbedaan antara simbol Copyright © , simbol Trademark ™ dan simbol registered Trademark ® terletak pada komponen-komponen haknya.

Copyright © alias Hak cipta tidak memiliki batasan, dan setiap individu, yayasan, firma, organisasi sampai perusahaan bisa mendaftarkannya.

Namun untuk dapat menggunakan simbol Trademark ™ dan Registered Trademark ®, maka setiap organisasi, merek, atau perusahaan haruslah lebih dulu memiliki izin hak usaha yang sah dan legal.

Kesimpulannya, ketiga logo simbol ini merupakan sebuah tanda dari perlindungan hak cipta. Perbedaan dari ketiganya terletak pada derajat kekuatan hukum dan legalitasnya.

Simbol-simbol di atas berperan sebagai penjaga dari suatu pemegang merek dan pemiliknya atau penciptanya.

Dan merek atau Brand ini memiliki cakupan yang sangat luas, bisa jadi sebuah nama, desain logo merek, bentuk, hingga konten seperti tulisan, video, dan musik.

Terakhir, jika ada orang yang melanggar, mencuri, menduplikat, atau mempublikasikan tanpa izin, maka ia berhak untuk dituntut dan diproses secara hukum.

Semakin kokoh dan kuat hak cipta, maka akan semakin sukar (susah) untuk dicuri atau bahkan dijiplak (plagiat).

Sumber:

Oxford Languages

Investopedia

Tinggalkan komentar