Kami telah merangkum setidaknya terdapat empat alasan mengapa profil perusahaan dibutuhkan untuk perusahaan Anda.
Di bawah ini adalah daftar rangkumannya.
#1 Sebagai Media Promosi.
Profil perusahaan tidak hanya sekedar bentuk keseriusan bisnis Anda. Tetapi juga bisa menjadi aspek krusial dalam kegiatan marketing, promosi, hingga ekspansi pasar.
Ketika Anda membawakan profil perusahaan, maka biarkanlah ia bekerja dan tunggu sampai klien Anda memberikan feedback atau pertanyaan dari apa yang mereka lihat.
Secara garis besar, informasi yang terdapat di company profile adalah seputar nama perusahaan, histori bisnis, latar belakang, visi & misi, hingga info penting lainnya yang mana klien Anda harus mengetahuinya.
Tulislah informasi bisnis Anda dengan singkat, padat, dan jelas sehingga klien Anda mudah dalam memahami isinya.
Sampai mereka mendapatkan kesimpulan yang maksimal terhadap tawaran produk, jasa, atau kerjasama dari perusahaan Anda.
#2 Meningkatkan Citra Perusahaan Anda.
Tidak melulu dalam menampilkan informasi yang akan membuka mata klien Anda.
Pembuatan profil perusahaan pun bermanfaat sebagai alat yang mampu meningkatkan branding/citra perusahaan.
Dengan memiliki company profile, klien dan/atau calon klien Anda akan mengetahui prestasi & perkembangan perusahaan yang sedang Anda jalankan.
Profil perusahaan bisa dibuat ke dalam beberapa media, mulai dari media konvensional yaitu dicetak, media video, media online seperti website, dan juga dalam bentuk aplikasi desktop atau mobile.
Apabila Anda tidak mempunya keahlian dalam bidang desain grafis, jangan khawatir karena di era teknologi seperti sekarang terdapat banyak layanan jasa pembuatan company profile.
Yang menawarkan harga terjangkau dan akan membantu Anda dalam pembuatan desain profesional serta elegan.
Membuat company profile di media digital sekarang ini terbilang cukup efektif dan juga efesien dari pada bentuk yang konvensional yang menggunakan media offset.
Kami sarankan Anda untuk memastikan profil usaha yang dibuat dapat mewakili informasi tentang perusahaan Anda secara mendetail.
Tidak lupa harus dibuat dalam layout yang menarik.
#3 Memperkenalkan Bisnis Anda pada Klien.
Profil perusahaan yang telah dibuat tidak hanya berfungsi untuk memperkenalkan latar belakang saja.
Tetapi juga digunakan untuk memberikan informasi seputar ide bisnis, visi, misi hingga target jangka panjang yang sedang Anda susun.
Mengapa begitu?
Hal ini harus dilakukan agar membuat klien mengetahui lebih spesifik tentang rencana proyek perusahaan Anda.
Profil perusahaan yang berisi rencana bisnis atau proyek di waktu yang akan datang sedikit berbeda dengan company profile untuk jualan atau hanya sekedar menjelaskan latar belakang perusahaan.
Dalam hal ini, Anda membutuhkan konten berupa grafis tabel, chart, hingga trafik khusus yang menampilkan proyek secara spesifik dan mendetail.
Seperti misalnya, target pasar, langkah marketing, rincian biaya, target pasar, poin keunikan, poin keunggulan, pemecahan masalah dan lain sebagainya yang sekiranya penting.
Dengan hal-hal tersebut maka klien, investor akan sangat memahami bagaimana bayangan kedepan dari bisnis Anda.
Dan karena itu mereka menjadi mudah untuk memustkan apakah ingin bergabung sebagai klien, investor, atau rekan bisnis Anda.
Selain itu, company profile juga harus dapat memperlihatkan tingkat kepuasan para karyawannya.
Seperti seberapa efektif dan efisienkah perusahaan dalam memenuhi kebutuhan karyawan dan pelanggan sampai dengan program kerja hingga prestasi karyawan.
#4 Merangkul Feedback Klien dengan Efektif
Pada poin ke empat ini, janganlah lupa untuk mencantumkan informasi kontak dan alamat perusahaan dengan rinci.
Mengapa harus melampirkan kontak?
Sebab sudah menjadi rahasia umum jika kontak dan alamat digunakan perusahaan untuk mempermudah investor, klien hingga customer dalam memberikan umpan balik (feedback).
Dan karena itulah informasi kontak sangat penting dan harus dicantumkan secara lengkap baik di dalam company profile cetak, di dalam website, media sosial, hingga di forum-forum online berbasis B2B.
Itulah ke empat poin alasan pentingnya company profile harus di miliki setiap perusahaan.
Business profile yang baik, elegan, profesional, jelas, dan padat akan membantu Anda dalam menjalankan perusahaan.