Era Digital: Pengertian, Dampak & 3 Manfaatnya

Era digital merupakan sebuah istilah yang hadir dan digunakan setelah teknologi komputer, informasi, dan internet muncul.

Beberapa kemudahan hadir dengan berbagai tantangan yang juga menjadi PR bagi manusia saat ini. Mungkin akan terdengar asing disebagian orang, tapi kamu sendiri bagaimana?

Jika terdengar asing maka silahkan simak tulisan ini sampai selesai ya. Oke, langsung saja!

Apa itu Era Digital?

Pengertian era digital adalah zaman ketika sebuah data / informasi sangat cepat serta mudah diperoleh, diakses dan disebarluaskan menggunakan (media) teknologi digital.

Menurut kompasiana, era digital juga bisa disebut media baru. Sedangkan menurut wikipedia nama lainnya adalah revolusi digital. Menurut yourdictionary periode sejarah ditandai dengan adanya teknologi digital.

Contoh paling mudah dari era digital ialah ketika internet mengubah berbagai aspek & lini kehidupan. Dengan internet kita dapat dengan mudah berkomunikasi, mendapatkan informasi hingga berbisnis, bukan hanya di Indonesia tapi juga ke berbagai penjuru dunia.

Baca juga: Pengertian Iklan dan Contohnya

Kapan Era Digital dimulai?

Era digital ini dimulai pada tahun 1980, ini terjadi ketika revolusi digital digaungkan oleh sekelompok generasi muda, lebih tepatnya pada masa peralihan dari mekanik dan analog ke teknologi digital. Mulai dari revolusi industri, pertanian, hingga revolusi digital.

Apa Saja Teknologi Digital?

Teknologi digital merupakan sebuah tool (alat) yang menggunakan sistem komputer secara otomatis dengan format yang bisa dibaca oleh komputer.

Dengan itu pekerjaan kamu menjadi lebih mudah dibandingkan jika dikerjakan secara manual.

Contohnya:

  • Software / Aplikasi Akunting
  • Aplikasi Map
  • Aplikasi Perpustakaan Digital
  • Aplikasi Buku Digital
  • Aplikasi Pesan Instan
  • Aplikasi Media Sosial
  • Dst

Baca juga: Perbedaan SEO, SEM, SEA

Skill di Zaman Revolusi Digital

Skill / Keterampilan digital didefinisikan sebagai berbagai kemampuan untuk menggunakan perangkat digital, aplikasi komunikasi, dan jaringan untuk mengakses dan mengelola informasi.

Contohnya adalah keahlian koding, machine learning, AI (artificial intelligence), software desain, software edit video, pemasaran digital (SEO, SMO), dll.

Dampak Era Digital

Seperti yang sudah disinggung di atas, era digital memberikan berbagai macam kemudahan mulai dari dalam kamar hingga ketika kamu di atas gunung (jika internet memadai).

Lalu apa saja dampaknya?

Dampaknya terbagi menjadi dua, yaitu:

Dampak Positif Era Digital

  • Berbagai jenis informasi dapat diaskes / didapatkan dengan lebih mudah dan cepat. Meskipun kamu di dalam kamar saja sambil rebahan.
  • Pesatnya pertumbuhan inovasi di segala bidang yang berbasis teknologi informasi digital yang membantu kita dalam pekerjaan sehari-hari.
  • Hadirnya media massa berbasis digital secara masif, khususnya media elektronik sebagai rujukan awal pengetahuan dan informasi di masyarakat.
  • Kualitas sumber daya manusia (SDM) yang dapat ditingkatkan dengan bantuan pengembangan, penggunaan, dan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi.
  • Hadirnya bermacam-macam sumber pembelajaran, seperti perpustakaan online (e-library), media pembelajaran online (e-learning), diskusi online (forum) yang dapat memajukan sekaligus meningkatkan kualitas pendidikan secara global.
  • Hadirnya berbagai platform atau usaha e-bisnis (e-commerce) seperti toko online yang menyediakan berbagai produk barang dan jasa sesuai kebutuhan yang memudahkan banyak orang.

Baca juga: Apa Perbedaan Branding dan Marketing? Beserta Pengertiannya

Dampak Negatif Era Digital

  • Ancaman malas bergerak seperti materi belajar (e-book) yang hanya diunduh tanpa dicetak, atau malas ke perpustakaan.
  • Potensi pelanggaran besar dan/atau ancaman pelanggaran HKI (Hak Kekayaan Intelektual), karena sumber data dapat diakses dengan mudah sehingga kecurangan dan plagiarisme cenderung sering terjadi.
  • Ancaman terjadinya pikiran pendek (sepintas tanpa pikir panjang) dan kurang konsentrasi pada anak-anak.
  • Moralitas menurun, ancaman penyalahgunaan ilmu pengetahuan untuk bertindak ceroboh, tindakan pidana, contohnya seperti hacking, cracking sistem keamanan negara, perbankan, dan lain-lain.
  • Tidak memanfaatkan teknologi informasi secara efektif sebagai sarana / media belajar tapi menjadikannya sebagai sarana bersantai ria (bermalas-malasan).

Manfaat Era Digital

Jangan hanya fokus kepada negatifnya, selama kita fokus dan dapat mengontrolnya, maka kita akan mendapatkan manfaatnya. Berikut adalah tiga manfaat era digital pada Era Revolusi Industri 4.0:

manfaat era digital

1. Inovasi

Adanya bermacam model bisnis baru sendiri tidak lepas dari inovasi orang-orang yang menggeluti dunia digital ini. Kini inovasi tidak hanya terjadi di dunia ritel tetapi juga sudah masuk ke ranah layanan pemerintah, kesehatan, pendidikan, hukum, hingga UMKM.

Contohnya adalah aplikasi Tokopedia untuk berbelanja, ruangguru untuk belajar, sampai e-samsat.

2. Inklusivitas

Secara istilah berarti memposisikan dirinya ke dalam cara pandang orang / kelompok lain dalam melihat dunia atau berbagai hal dan / atau masalah.

Mengajarkan sikap positif, empati, atau inklusif terhadap orang lain tanpa memandang latar belakang, gender, dan perbedaan lain.

Maka, dengan platform digital berbagai macam produk / layanan dapat dengan cepat serta mudah menjangkau banyak orang hingga ke banyak lokasi (dareah). Dan hasilnya adalah terjadi inklusivitas yang memberikan dampak positif bagi masyarakat yang tinggal jauh dari kota.

3. Efisiensi

Dari ke dua hal di atas maka otomatis akan tercipta efisiensi, mulai dari proses manufaktur hingga strategi pemasaran.

Tapi hal di atas juga perlu kecerdasan dan pikiran kritis dari para pelaku bisnis agar usahanya semakin optimal dengan bantuan teknologi digital.

Baca juga: Anda Perlu Tahu: Instagram Bisnis vs Instagram Biasa

Manfaat Era Digital untuk Para Desainer

Karena kami adalah situs / blog yang menyediakan layanan jasa desain grafis dan informasi desain grafis, maka kami juga akan menuliskan beberapa manfaat teknologi digital untuk para desainer.

Diantaranya:

  1. Kemudahan Belajar
    Sebagai desainer sekarang kita dapat dengan mudah belajar sekaligus mencari inspirasi desain mulai dari tulisan (seperti blog ini), inspirasi desain (Pinterest, Dribbble, Behance) hingga video di youtube.
  2. Kemudahan Menjual
    Pastinya kamu ingin mendapatkan keuntungan bukan dari keahlian desain kamu? Maka kamu bisa memanfaatkan teknologi digital ini. Contohnya memasarkan produk via instagram, marketplace jasa seperti Fiver, 99designs, hingga mengunggah portofolio online di dribbble, behance, dll.

Tapi jangan sampai kamu menjadi malas dan plagiat karya desainer lainnya. Selama kamu mau memanfaatkannya dengan baik dan bijak, maka peluang kamu untuk berhasil cukup besar.

Sekian dan terima kasih, semoga artikel pengertian era digital ini bermanfaat.

Referensi:

  1. Kemdikbud
  2. Ummi.ac.id
  3. Kompasiana
  4. Yourdictionary

Tinggalkan komentar