Pahami Pengertian Iklan, Jenis dan Contohnya

Pengertian Iklan – Kesan pertama yang baik tidak datang pada kesempatan kedua. Jadi, ketika ads yang dibuat untuk kebutuhan promosi offline maupun online tidak menarik perhatian Anda dalam hitungan detik, maka iklan tersebut bisa dianggap gagal.

Hampir setiap hari kita dijejali dengan iklan, mulai dari TV, radio, online / digital, hingga offline seperti baliho, banner, poster, dll.

Pertanyaanya, Apakah kita mengingat semua iklan tersebut?

Apa yang membuat kita memperhatikan iklan tersebut hanya dalam hitungan detik?

Iklan memiliki peran yang cukup besar untuk setiap kampanye bisnis, apalagi di era digital seperti sekarang ini.

Maka dari itu iklan harus dibuat dan didesain semenarik mungkin, out of the box, lucu, sekaligus bisa menyampaikan pesan yang kuat kepada publik.

Contoh video advertising yang membuat kami merasa “WOW” adalah Video Youtube Ads milik head and shoulders di bawah ini:

Dan kali ini, tim ApriDesain telah melakukan penelitian secara online untuk menjaring beberapa iklan yang kreatif, unik, menarik, dan terbilang sukses.

Sebelum masuk ke contohnya, mari kita bahas mulai dari definisinya.

Baca juga: Pengertian Apa itu Branded beserta Contohnya

Pengertian Iklan

Apa itu iklan? Apakah pengertian iklan secara lengkap?

Pengertian iklan adalah suatu pesan untuk mempromosikan produk, merek, atau layanan jasa kepada pemirsa untuk menarik minat, keterlibatan, dan penjualan.

Iklan juga bisa disebut dengan istilah pariwara.

Pariwara/Iklan ini ada dalam berbagai bentuk, mulai dari bentuk teks, gambar, hingga video interaktif, dan telah berkembang menjadi fitur yang penting di berbagai aplikasi.

Contohnya: Iklan Facebook, Iklan Konten Instagram, Google Display, Youtube Ads, dan seterusnya.

Pengertian Iklan menurut Kemdikbud

Iklan adalah teks yang mendorong, membujuk khalayak agar tertarik pada barang dan jasa yang ditawarkan.

Unsur-unsur yang ditampilkan di dalamnya merupakan gambar, gerak, dan suara (kata-kata).

Umumnya pariwara disampaikan melalui media massa, seperti televisi, radio, surat kabar, dan internet.

Pengertian Iklan menurut KBBI

Simak pengertian iklan mengutip dari situs KBBI di bawah ini:

1) Berita pesanan untuk mendorong, membujuk khalayak ramai agar tertarik pada barang dan jasa yang ditawarkan;

2) Pemberitahuan kepada khalayak mengenai barang atau jasa yang dijual, dipasang di dalam media massa (seperti surat kabar dan majalah) atau di tempat umum;

Baca juga: Apa Perbedaan Branding dan Marketing? Beserta Pengertiannya

Fungsi Iklan

Apa saja fungsi iklan?

Fungsi iklan adalah menyampaikan informasi agar calon pelanggan menyadari suatu brand (merek), produk, serta menciptakan pandangan positif seputar merek/produk tersebut.

Mengutip Lumenlearning, periklanan setidaknya memiliki tiga tujuan utama, yaitu: menginformasikan, membujuk, dan mengingatkan.

  • Periklanan Informatif
    Menciptakan kesadaran merek, produk, layanan, dan ide. Ini mengumumkan produk dan program baru dan dapat mendidik orang tentang atribut dan manfaat produk baru atau yang sudah mapan.
  • Periklanan Persuasif
    Mencoba meyakinkan pelanggan bahwa layanan atau produk perusahaan adalah yang terbaik, dan berfungsi untuk mengubah persepsi dan meningkatkan citra perusahaan atau produk. Tujuannya adalah untuk mempengaruhi konsumen agar mengambil tindakan dan mengganti merek, mencoba produk baru, atau tetap setia pada merek saat ini.
  • Periklanan Pengingatan
    Mengingatkan orang-orang tentang kebutuhan akan produk atau layanan, atau fitur dan manfaat yang akan diberikannya saat mereka membeli segera.

Jenis-jenis Iklan

jenis-jenis iklan

Daftar jenis iklan berikut ini merupakan pengantar strategi periklanan yang dapat Anda pakai. Harap diingat, Anda wajib kreatif dalam beriklan tentunya sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Iklan Surat Kabar / Koran

Meskipun jadul tapi pariwara surat kabar dapat mempromosikan bisnis Anda ke berbagai pelanggan khususnya orang dewasa. Anda bisa menempatkan iklan bergambar atau editorial pada halaman atau bagian tertentu.

Anda bisa kombinasikan iklan koran ini ke berbagai surat kabar daerah / lokasi, misalnya: Radar Bekasi, Jakarta Post, Jawa Pos, dll.

Baca juga: Perbedaan SEO, SEM, SEA, SMO, SMM, & SMA

Iklan Majalah

Memesan satu spot di majalah khusus dapat membantu sebuah bisnis dalam menjangkau target audiens dengan mudah dan cepat.

Pembaca (calon pelanggan Anda) cenderung membaca majalah di waktu senggang dan menyimpannya lebih lama, sehingga iklan Anda memiliki peluang untuk dilihat berulang-ulang.

Majalah umumnya melayani konsumen (menurut kelompok minat misalnya wanita) dan perdagangan (industri / jenis bisnis misalnya perhotelan).

Jika produk Anda perlu ditampilkan full warna, maka iklan glossy di majalah bisa menjadi pilihan ideal. Iklan di majalah cenderung lebih mahal jika dibandingkan dengan surat kabar.

Iklan Radio

Beriklan di radio merupakan salah satu cara yang bagus untuk menjangkau audiens target Anda. Jika target pasar Anda mendengarkan saluran tertentu, maka iklan reguler dapat menarik pelanggan baru.

Namun, beriklan dengan hanya suara memiliki keterbatasan. Pendengar mungkin sulit mengingat apa yang telah mereka dengar dan terkadang cepat dilupakan. Cara terbaik untuk mengatasinya adalah dengan mengulang pesan Anda secara teratur dan buat jingle khusus yang unik dan identik.

Iklan di radio kurang efektif jika Anda tidak memasangnya secara teratur / berulang-ulang selama beberapa waktu.

Iklan Televisi

Media televisi memiliki jangkauan yang luas dan periklanan dengan cara ini sangat ideal jika Anda melayani pasar yang besar di wilayah yang luas.

Iklan televisi memiliki keunggulan penglihatan, suara, gerakan dan warna untuk membujuk pelanggan agar membeli produk Anda. Pariwara di TV sangat berguna jika Anda perlu mendemonstrasikan cara kerja produk atau layanan Anda.

Memproduksi pariwara televisi dan kemudian membeli slot Ads umumnya mahal. Slot dijual dalam satuan (misalnya 20, 30, 60 detik) dan biayanya bervariasi tergantung pada:

  1. Slot waktu
  2. Jenis program televisi
  3. Apakah itu seluruh daerah atau regional
  4. Dan jika Anda ingin membeli Ads Slot di multi jaringan (multiple networks).

Iklan Direktori

Iklan direktori mencantumkan bisnis menurut nama atau kategori (misalnya direktori telepon Yellow Pages).

Pelanggan yang merujuk ke direktori seringkali sudah memutuskan untuk membeli. Mereka hanya perlu memutuskan dari siapa akan membeli.

Keuntungan utama direktori online dibandingkan direktori cetak adalah jika Anda mengubah nama bisnis, alamat, atau nomor telepon, Anda dapat dengan mudah menjaganya tetap up to date di direktori. Anda juga dapat menambahkan layanan atau informasi baru tentang bisnis Anda.

Baca juga: Era Digital: Pengertian, Dampak & 3 Manfaatnya

Iklan Luar Ruangan & Transit

Anda pasti sudah tidak asing jika melihat iklan seperti papan reklame / video tron di jalan-jalan, di terminal, stasiun, bandara, hingga di stadion olahraga.

Sedangkan transit ads itu merupakan poster di dalam bus, kereta, neon box taksi, atau di cat luarnya.

Publisitas luar ruangan dan transit memiliki pengaruh besar bagi calon pelanggan Anda apabila mereka melewati rute yang sama dan melihat ads campaign Anda secara rutin. Bisnis Anda bisa menjadi yang pertama mereka ingat ketika ingin membeli sesuatu.

Anda bisa menyertakan alamat situ web Anda untuk mempermudah mereka mencari dan menggali informasi lebih dalam tentang produk Anda.

Biaya advertising luar ruangan bisa sangat mahal terutama untuk lokasi utama yang ramai, video tron, dan baliho supersite.

Iklan Surat Langsung, Katalog dan Selebaran

Surat langsung berarti menulis pesan kepada pelanggan secara langsung. Semakin tepat mailing list atau area distribusi Anda, semakin banyak target pasar yang akan Anda jangkau.

Pendekatan surat langsung lebih bersifat personal, karena Anda dapat memilih audiens dan merencanakan waktu yang sesuai dengan bisnis Anda.

Bentuk surat langsung yang hemat biaya adalah dengan mengirim buletin atau brosur Anda secara elektronik ke database email.

Katalog, brosur dan selebaran juga dapat didistribusikan ke daerah sasaran Anda.

Menyertakan brosur dengan surat langsung Anda adalah cara yang bagus untuk memberikan lebih banyak informasi kepada pelanggan yang tertarik tentang produk dan layanan Anda.

Iklan Internet Online (Dalam Jaringan)

Apa sih iklan internet itu? Pengertian iklan internet adalah sarana penyebaran informasi produk/layanan atau merek kepada konsumen dengan perantara jaringan internet.

Contoh iklan internet antara lain:

  • Google Ads
  • Tiktok Ads
  • Twitter Ads
  • Linkedin Ads
  • Dll

Beriklan di internet sendiri dapat menjadi cara yang hemat anggaran untuk menarik pelanggan baru, Anda dapat menjangkau audiens global dengan biaya rendah.

Saat ini banyak calon pelanggan yang meneliti bisnis secara online sebelum memutuskan dari siapa mereka akan beli atau produk apa yang mereka beli.

Disarankan untuk sebuah bisnis memiliki website, dan rancanglah situs web Anda dengan baik dan apik agar mampu menarik pelanggan untuk membeli.

Anda bisa mendapatkan promosi gratis dengan Optimasi SEO (jika dilakukan sendiri) atau berbayar seperti: Google Ads, Facebook Ads, Instagram Ads, dst.

Baca juga: Beda Instagram Bisnis vs Instagram Biasa

Prinsip-prinsip Iklan

Tidak lengkap membahas pengertian iklan tanpa tahu prinsip iklan digital. Berikut adalah empat prinsip beriklan di era digital:

  1. Mengedukasi
  2. Menghibur
  3. Keterlibatan
  4. Pengalaman
Infografis Prinsip Iklan

Contoh-contoh Iklan yang Efekftif dan Menarik

iklan kreatif

Dengan tampilan yang menarik, unik, dan lucu maka akan semakin banyak pemirsa atau calon pelanggan yang tertarik dengan produk / layanan Anda.

Berikut daftar lengkapnya:

Contoh Iklan Media Cetak

Media cetak identik dengan koran (surat kabar), majalah, dll, meskipun terdengar usang namun ia tetap menjajikan. Contohnya:

iklan media cetak

Contoh Iklan Penawaran

Biasanya penawaran dibuat untuk sebuah perusahaan ke perusahaan dalam kata lain B2B atau bisa juga B2C. Contoh:

iklan penawaran

Contoh Iklan Baris & Kolom

Jenis ini biasanya identik dengan koran atau surat kabar, tapi sepertinya peminatnya sudah tidak sebanyak dahulu. Contoh:

iklan baris dan kolom

Contoh Iklan Niaga

Niaga adalah kegiatan jual beli untuk mendapatkan keuntungan, jadi jenis advertisement yang satu ini sudah pasti mencakup beberapa jenis pariwara lainnya. Contohnya:

iklan niaga

Contoh Iklan Komersial

Contoh yang satu ini sebetulnya cukup serupa dengan promosi ads. namun ia memiliki perbedaan sedikit yaitu cenderung memberikan tawaran produk barang atau jasa yang memiliki kegiatan promo khusus semisal diskon, gratis ongkir, higga buy one get one. Contohnya:

Iklan Komersial

Contoh Iklan Layanan Masyarakat

Dari namanya saja pasti kita sudah tahu bahwa contoh yang satu tentang pariwara layanan pemerintah untuk masyarakat. Contohnya:

iklan layanan masyarakat

Contoh Iklan Pemberitahuan

Ingin menginformasikan, mengenalkan, hingga mengumumkan sesuatu pada seluruh halayak? Maka itu namanya pemberitahuan ads.

Contoh:

Iklan Pemberitahuan

Contoh Iklan Televisi

Bisnis Anda punya budget memadai? Maka cobalah pasang advertensi di salah satu stasiun televisi.

Contoh:

Contoh Iklan Display

Sesuai dengan namanya maka materi pariwara Anda akan tampil dan dilihat oleh mata konsumen baik dalam bentuk foto, gambar, hingga video.

Iklan Display

Contoh Iklan Produk

Produk akan dikenalkan kepada publik agar publik tahu, memperhatikan, dan akhirnya membeli produk.

Ingin menjual sebuah atau beberapa produk? Maka Anda bisa mengambil inspirasi dari contoh berikut ini:

Iklan Produk

Contoh Iklan Permintaan

Sederhananya seperti informasi lowongan kerja. Misal, “Dibutuhkan sales berpengalaman sekian tahun untuk menjual produk mewah dari brand X.”

Iklan Permintaan

Contoh Iklan Barang

Digunakan untuk mengenalkan produk barang kepada konsumen.

Contohnya:

Iklan Barang

Contoh Iklan Jasa

Digunakan untuk mengenalkan produk jasa / layanan kepada calon konsumen. Contoh:

Iklan Jasa

Contoh Iklan Makanan Sehat

Sepertinya ini mirip dengan himbauan umum atau himbauan kesehatan.

Contoh:

Iklan Makanan Sehat

Contoh Iklan HP Smartphone

Anda mau menawarkan produk HP? Maka simak contoh di bawah ini:

Iklan HP

Contoh Iklan Internet / Online

Entah itu jasa, produk barang, layanan, hingga Saas maka Anda perlu inspirasi seperti di bawah ini:

Iklan Online

Contoh Iklan Google

Online sudah, berarti itu termasuk juga Google. Baik display ads, search ads, atau youtube ads.

Contohnya:

contoh iklan google

Contoh Iklan Video, Youtube

Contoh Iklan Bahasa Inggris

Iklan Bahasa Inggris

Contoh Iklan Bahasa Sunda

Iklan Bahasa Sunda

Contoh Iklan Bahasa Jawa

Iklan Bahasa Jawa

Contoh Iklan Gaya Hidup Sehat

Iklan Gaya Hidup Sehat

Contoh Iklan Reklame

Iklan Reklame

Contoh Iklan Non-Komersial

Iklan Non Komersial

Baca juga: Apa itu Platform: 8 Jenis & Contohnya

Penutup

Apapun tujuan Anda, apapun produk Anda, maka Anda perlu mempelajari atau merekrut orang yang tepat untuk kampanye periklanan Anda.

Kenapa? Agar hasil bisa maksimal dengan biaya yang dapat ditekan (hemat).

Sekian postingan artikel tentang pengertian iklan, jenis hingga contohnya, semoga bermanfaat dan menjadi referensi Anda.

Bagikan tulisan ini kepada rekan dan kerabat Anda, terima kasih!

Artikel di publis: 7 Januari, 2021, dan di update 24 Agustus, 2021.

Tinggalkan komentar