Apa itu Platform: 8 Jenis & Contohnya

Apa itu pengertian platform? Kami akan bahas secara lengkap beserta jenis-jenisnya, contoh, dan fungsiya.

Di era digital seperti sekarang, sering kita temukan istilah-istilah baru yang agak asing di telinga. Tidak jarang dan lebih banyak istilah tersebut menggunakan bahasa inggris (asing).

Perlu diingat platfom ini sangat identik dengan teknologi baik dalam bentuk perangkat lunak ataupun perangkat keras.

Apa itu Platform?

apa pengertian platform

Ketika kita merujuk kepada Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), platform adalah:

/plat·form/
(1). Rencana kerja; program;. (2). pernyataan sekelompok orang atau partai tentang prinsip atau kebijakan;. (3). tempat yang tinggi; panggung; pentas; mimbar.

Sedangkan dikutip dari techopedia.com, Platform adalah sekelompok teknologi yang digunakan sebagai basis di mana aplikasi, proses atau teknologi lainnya dikembangkan. Dalam komputasi personal, platform adalah perangkat keras dasar (komputer) dan perangkat lunak (sistem operasi) tempat aplikasi perangkat lunak dapat dijalankan.

Jadi secara sederhana dan singkat, platform merupakan suatu wadah untuk suatu hal dapat dijalankan, direncanakan, atau dikerjakan di dalam satu sistem.

Seperti halnya Anda menjalankan akun Instagram, merencanakan unggahan setiap hari pada jam-jam tertentu, bekerja sesuai sistem dan TOS yang berlaku di Instagram.

Fungsi Platform

Adalah menjadi sistem dasar (wadah) untuk perencanaan atau suatu mekanisme pekerjaan tertentu.

Misalnya adalah Gmail, ia merupakan wadah surat elektronik. Gmail menjadi wadah untuk pekerjaan mengirim dan menerima surat secara elektronik daring (Dalam Jaringan).

Di mana sistem Gmail sudah baku dan kita hanya perlu mengikuti aturannya saja.

Jenis & Contoh Platform

#1 Standar Platform

Jenis ini sesuai dengan serangkaian standar yang memungkinkan pengembang perangkat lunak untuk mengembangkan aplikasi perangkat lunak untuk platform tertentu.

Standar yang sama ini memungkinkan pemilik dan manajer untuk membeli aplikasi dan perangkat keras yang sesuai.

Jadi, untuk menjalankan program pembukan di komputer, seseorang harus membeli aplikasi perangkat lunak pembukuan tersebut yang dikembangkan untuk platform di mana ia akan digunakan.

#2 Multiple Platform

Antarmuka berbasis standar baru dan antarmuka terbuka memungkinkan program aplikasi berjalan pada banyak platform (multiple). Selain itu, pengembang perangkat lunak telah mengembangkan alat perangkat lunak yang memungkinkan aplikasi untuk berjalan di berbagai wadah/sistem.

#3 Perangkat Lunak Lintas dan Multi-Platform

Saat ini telah muncul istilah perangkat lunak lintas platform dan perangkat lunak multi-platform. Contoh klasik ini diwakili oleh video game yang dikembangkan khusus untuk console tertentu, dalam hal ini konsol seperti PlayStation atau Xbox.

Meskipun gim (game) yang sama mungkin ada di versi yang berbeda untuk dijalankan di sistem yang berbeda, jika versi itu dibangun untuk dijalankan di Microsoft Windows, gim ini tidak akan berfungsi jika dimuat di Xbox.

Setiap console game akan mematuhi standarnya sendiri serta batasan peraturan dan perangkat keras. Misalnya, pengembang mungkin perlu menurunkan pengaturan grafis dalam game jika mesin game terlalu berat pada perangkat keras konsol tertentu.

#4 Browser

Browser (peramban) web yang lebih baru memungkinkan plug-in pihak ketiga dijalankan sebagai bagian dari browser. Oleh karena itu, beberapa browser sekarang disebut sebagai plat-form karena digunakan sebagai basis untuk menjalankan program perangkat lunak aplikasi lain.

#5 Seluler

Saat ini, perangkat seluler baru seperti ponsel cerdas dan tablet memiliki perangkat lunak dan perangkat kerasnya sendiri. Mereka beroperasi secara independen dari sistem lain dan mampu menjalankan aplikasi, alat, dan perangkat lunak mereka sendiri, sehingga mereka dapat secara efektif dianggap sebagai platform seluler.

Contoh: Aplikasi Iphone tidak bisa dijalankan di Android begitupula sebaliknya.

#6 Digital

Kumpulan perangkat lunak dan beberapa aplikasi juga terkadang disebut sebagai platform digital.

Misalnya, SQL adalah aplikasi basis data yang sering digunakan sebagai lingkungan untuk menjalankan alat lain untuk CRM, analitik dan manajemen log.

Demikian pula, koleksi aplikasi tiga sumber terbuka Elasticsearch, Logstash, dan Kibana merupakan ELK Stack, sebuah wadah yang digunakan untuk tujuan logging.

#7 Marketplace

Kami yakin Anda sudah mengetahui atau bahkan menggunakan wadah marketplace untuk melakukan jual-beli. Baik jual-beli produk fisik hingga produk non-fisik (digital).

Contoh aplikasi marketplace adalah Tokopedia, Bukalapak, Shopee, dan yang semisalnya.

#8 CMS Website

Sebuah CMS (Content Management System) digunakan untuk mempermudah Anda dalam pembuatan dan pengelolaan konten website tanpa harus memiliki keahlian dalam koding.

Platform CMS adalah serangkaian perangkat lunak (software) yang dapat membantu Anda dengan mudah dalam mengatur dan mengembangkan sebuah situs.

CMS menjadi solusi bagi Anda yang tidak memahami koding bahasa pemrograman seperti Php, JavaScript, dan semisalnya.

Contoh dari CMS adalah: WordPress, Joomla, Drupal, Magento, Wix, Squarespace, dst.

Manfaat Platform

Diantara banyaknya manfaat secara umum seperti: chat, email, drive file, perangkat keras & lunak, dll, kami akan sebutkan beberapa saja, antara lain:

  1. Mempermudah dan mempercepat pekerjaan.
  2. Merekrut karyawan lebih efektif dan efisien.
  3. Mencari dan melamar pekerjaan dengan mudah.
  4. Mempermudah dan mempercepat komunikasi.
  5. Mengakses dan berbagi file dengan mudah.
  6. Menjual dan membeli dengan mudah, aman, dan cepat.
  7. Melakukan kegiatan promosi lebih hemat dan mudah.
  8. Mencari dan mendapatkan informasi lebih akurat dengan waktu singkat.

Ada tambahan? Silahkan beritahu pembaca melalui kolom komentar.

Penutup

Wadah berbasis teknologi benar-benar bisa membantu segala pekerjaan kita tergantung kepada penyedia dan tujuannya.

Seperti Gmail untuk layanan surat email, Google Drive sebagai wadah menyimpan dan berbagi file, Jobsreet untuk mencari dan mendapatkan pekerjaan.

WhatsApp untuk mengirim dan menerima pesan secara cepat lagi mudah.

Google Ads, FB Ads, Youtube Ads untuk mempromosikan bisnis Anda secara online dengan biaya lebih hemat.

Windows untuk sistem operasi PC atau Laptop, iOs untuk sistem operasi Macbook, iPhone, iPad, dst.

XBox dan PlayStation untuk wadah bermain gim offline maupun online.

Mari kita manfaatkan sebaik-baiknya kemudahan ini untuk dapat mengembangkan keahlian dan usaha / bisnis kita. Jangan sampai sebaliknya, melainkan digunakan untuk kejahatan atau merugikan orang lain.

Kami berharap tulisan tentang apa itu platform ini bisa dijadikan bahan penambah wawasan Anda dan semoga bermanfaat. Jika terdapat kritik, saran, dan tambahan silahkan poskan di kolom komentar.

2 pemikiran pada “Apa itu Platform: 8 Jenis & Contohnya”

Tinggalkan komentar