Pengertian Branded, Apa itu Branded?

pengertian apa itu branded

Pengertian Branded – Apa itu branded? Mungkin Anda bertanya-tanya seperti itu karena kita sering mendengar kata branded. Contohnya seperti sepatu branded, tas branded, produk fashion hingga produk-produk branded lainnya.

Lalu, apa sebenarnya arti makna dari kata “branded” itu sendiri?

Pengertian Branded

Supreme
Supreme. Sumber: grid.id

Branded sendiri berasal dari kata brand yang di dalam bahasa Indonesia artinya adalah Merek.

Jadi jika kita artikan maka branded memiliki makna kata bermerek di dalam bahasa Indonesia.

Jika Anda menemukan kata sepatu atau tas branded di toko online/offline maka berarti maksudnya adalah tas bermerek.

Produk yang bermerek tidak harus melulu produk dari luar Negeri, karena bisa juga produk dari Indonesia di cap “bermerek” karena kualitasnya yang sangat baik.

Sedangkan menurut wikipedia dan dictionary yang di maksud apa itu brand ialah sebuah nama, istilah, desain, simbol, atau hal-hal lainnya yang mengidentifikasi barang atau jasa satu penjual sebagai pembeda dari penjual lainnya.

Brand (Merek) biasanya digunakan dalam dunia bisnis, pemasaran atau marketing, hingga dalam pembuatan iklan. Nama merek terkadang harus dibedakan dari merek toko atau penggunaan merek generik.

Bisa juga bermakna seperti di bawah ini:

  • Profil atau produk yang emiliki sebuah nama merek (brand name).

Ciri Khas & Karakteristik Branded

Louis Vuitton
Louis Vuitton. Sumber: xupes.com

Di sadari atau tidak, Branded hanyalah suatu anggapan, opini dan/atau asumsi publik dimana masyarakat meyakini suatu produk atau merek hanya di khususkan untuk segmentasi pasar tertentu.

Kita dapat merasakan bahwa barang-barang branded ini memiliki karakteristik khusus yang dapat di simpulkan meskipun itu relatif di mata sebagian orang.

Karakteristik produk atau barang branded:

  1. Pemasaran yang eksklusif dan masif, bisa menggunakan orang-orang atau artis ternama dalam strategi pemasarannya.
  2. Produk yang diproduksi dalam jumlah terbatas atau hanya dalam kurun waktu dan tempat tertentu.
  3. Spesifikasi yang tinggi, kuat, tahan lama, atau dibuat menggunakan bahan-bahan premium, hingga berteknologi tinggi, atau memiliki campuran emas murni di dalamnya.
  4. Usia merek (brand) yang telah berpengalaman.
  5. Memiliki produk di kategori tertentu yang unggul secara kualitas di kelasnya.
  6. Produk yang dibuat hanya ditujukan kepada orang kelas menengah hingga kelas atas.
  7. Memiliki rasa bangga ketika memiliki produk branded.

Cara Produk di akui Produk Branded?

Branding
Branding. Sumber: propelmg.com

Ada unsur psikologis yang menjadi tujuan sebuah brand membuat produknya dianggap branded. Salah satu caranya adalah seperti yang telah di sebutkan di atas.

Yaitu, dengan membuat iklan yang tampak eksklusif, mewah, elegan. Bisa juga dengan memproduksinya secara terbatas atau limited edition. Atau dengan menciptakan materi desain yang selaras untuk memaksimalkan identifikasi merek.

Yang harus diingat adalah produk branded tidak hanya “dijual” dengan iklan, tetapi juga dengan menciptakan produk yang super berkualitas agar masyarakat mendapatkan manfaatnya melebihi ekspetasi mereka.

Selain strategi pemasaran yang masif, kemudian membuat produk yang high perfomance, Anda juga harus menciptakan image yang super baik terhadap perusahaan Anda. Hal ini bisa Anda lakukan dengan cara membuka kantor, toko, cabang, service center atau layanan pelanggan yang memadai. Hingga merekrut karyawan customer service yang profesional dan berkompeten.

Merek Lokal yang dianggap Produk Branded

Setelah memahami pengertian branded yang bersifat relatif baik itu hanya asumsi atau karena memang dibentuk secara psikologis melalui strategi marketing dan branding.

Maka selanjutnya adalah mengangkat produk lokal asli Indonesia yang dianggap branded oleh masyarakat kita. Itu artinya produk branded tidak harus melulu dari luar negeri.

Berikut merek lokal yang bisa disejajarkan dengan istilah branded.

1. Lea Jeans

Lea Jeans
Lea Jeans. Sumber: instazu.com

2. Edward Forrer

Edward Forrer
Edward Forrer. Sumber: edwardforrer.co.id

3. Buccheri

Buccheri
Buccheri. Sumber: mallbekasi.com

4. Terry Palmer

Terry Palmer
Terry Palmer. Sumber: Carousell.com

5. The Executive

the executive
The Executive. Sumber: malserpong.com

6. BagTeria

Bagetria.co
Bagetria.co

7. Riamiranda

Ria Miranda
Ria Miranda. Sumber: grid.id

8. Dian Pelangi

Dian Pelangi
Dian Pelangi

9. Webe

Webe
Webe

10. Eiger

Eiger
Eiger

11. Tomkins

tomkins
tomkins.id

12. Zoya

zoya
Zoya.co.id

Penutup

Menurut Saya istilah branded benar-benar relatif tergantung pada masing-masing pribadi seseorang. Ada si A yang menganggap produk X ini berkualitas, bergengsi, dan yang semisalnya. Namun si B menganggap produk Y lebih bergengsi dan bermanfaat ketimbang produk yang dipilih si A.

Jadi bagaimana tanggapan Anda tentang produk branded? Jika memiliki penjelasan lain atau opini tambahan, beri tahu Apri Desain dan silahkan tuliskan di kolom komentar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *