Adakah Perbedaan SEO, SEM, SEA, SMO, SMM, & SMA?

Pada era serba online seperti sekarang ini, mungkin Anda sudah tidak asing lagi dengan istilah SEO, SEM, SEA, SMO, SMM, hingga SMA. Tapi tahukah Anda perbedaan SEO dan yang lainnya?

Atau malah belum tahu sama sekali?

Atau sudah sangat expert dalam bidang ini? Jika sudah expert, Anda tetap bisa baca artikel ini untuk menguatkan pengetahuan yang ada pada diri Anda.

Sebelum kita mulai membahas tentang perbedaan SEO, SEM, SEA, SEMO, SMM, & SMA, sekarang kita mulai dari induknya yaitu Digital Marketing.

Pemasaran Digital / Digital Marketing adalah salah satu cara terbesar dan hemat biaya yang tersedia di seluruh dunia. Ia merupakan teknik pemasaran atau promosi merek, produk, layanan kepada konsumen melalui pemanfaatan internet sebagai media digital.

Digital Marketing = Search Engine Marketing + Social Media Marketing + Email Marketing + Referral Marketing + Content Marketing + Design …

Baca juga: Panduan Belajar SEO Pemula

Sekarang mari kita lanjut ke penjelasan masing-masing akronim yang telah disebutkan di atas.

Perbedaan SEO Dkk

perbedaan SEO SEM

SEO

Setiap kali Anda mengetikan kueri (Keyword / Kata kunci) di mesin telusur (contoh: Google) dan menekan tombol “cari”, maka Anda akan mendapatkan daftar hasil web yang disebut hasil penelusuran organik (tidak berbayar atau alami atau gratis) yang berisi daftar situs tentang istilah kueri tersebut. Para pengguna Google Search biasanya cenderung mengunjungi situs web yang ada di bagian atas (1-5).

Search Engine Optimization (SEO) = Aktivitas Yang Mendatangkan Traffic Gratis Dari Mesin Pencari.

Catatan: Gratis jika Anda mengetahui teknik SEO dan mengerjakannya sendiri.

Perbedaan PPC dan SEO

PPC merupakan aktivitas mendatangkan trafik berbayar sedangkan SEO gratis jika Anda mengerjakannya sendiri tanpa berlangganan tools Pro seperti Semrush ataupuh Ahrefs.

Baca juga: Apa itu Anchor Text?

SEM

Search Engine Marketing (SEM) adalah ilmu dan metode untuk mendapatkan lalu lintas tertarget (gratis dan berbayar) ke situs web Anda dari mesin pencari seperti Google, Yahoo, Bing, atau jaringan mesin pencari lainnya.

Search Engine Marketing juga dapat didefinisikan sebagai bentuk pemasaran internet yang melibatkan promosi situs web dengan meningkatkan visibilitasnya di jaringan mesin pencari.

SEO & SEA merupakan bagian dari SEM.

Search Engine Marketing (SEM) = Search Engine Optimization (SEO) + Search Engine Advertising (SEA)

Apa Perbedaan SEM dan PPC?

PPC adalah singkatan dari ‘Pay-Per-Click’, PPC mengacu pada jenis iklan online. Sederhananya PPC itu bagian dari SEM, dan SEM belum tentu PPC.

SEM= SEO, PPC & SEA

SEA

Search Engine Advertising (SEA) artinya adalah Anda beriklan melalui mesin pencari (search engine). Anda memiliki dua opsi untuk beriklan melalui mesin pencari di mana opsi pertama adalah menempatkan iklan Anda pada halaman hasil mesin pencari (SERPs) dan opsi lainnya adalah menempatkan iklan Anda di jaringan display ads mesin pencari.

Search Engine Advertising (SEA) = Semua Kegiatan Yang Mendatangkan Lalu Lintas Berbayar Dari Mesin Pencari

Baca juga: Penjelasan Google: Kenapa Situs dengan Praktik SEO Buruk Dapat Peringkat Tinggi

SMO

Social Media Optimization (SMO) adalah metode mendapatkan lalu lintas bertarget gratis ke situs web Anda dari Facebook, Instagram, Twitter, LinkedIn, YouTube, atau jaringan media sosial lainnya.

SMO bisa dilakukan dengan berbagai aktivitas sosial seperti blogging, memposting pembaruan status di profil media sosial, berpartisipasi di grup diskusi, bookmark sosial , komentar, manajemen reputasi online, penilaian / polling pengguna, umpan balik pengguna, Umpan RSS, tombol berbagi, penggunaan situs berbagi video / foto dan banyak lagi.

Social Media Optimization (SMO) = Segala Kegiatan Yang Mendatangkan Traffic Gratis Dari Media Sosial

SMM

Social Media Marketing (SMM) adalah suatu cara mendapatkan lalu lintas bertarget (gratis dan berbayar) ke situs web Anda dari Facebook, Twitter, LinkedIn, YouTube, Instagram, hingga Tiktok, dan yang lainnya.

SMM digunakan untuk mempromosikan situs web dengan meningkatkan visibilitasnya di jaringan media sosial melalui semua aktivitas yang gratis maupun berbayar.

Social Media Marketing (SMM) = Social Media Optimization (SMO) + Social Media Advertising (SMA)

SMA

Social Media Advertising (SMA) adalah aktivitas beriklan melalui media sosial. Membuat dan mengoptimasi iklan yang muncul di Instagram, Facebook, Twitter, LinkedIn, YouTube, Tiktok, Snapchat, dan situs media sosial lainnya.

Biasanya dilakukan untuk mempromosikan merek, produk, atau layanan apa pun. Iklan ini dilayani oleh platform periklanan media sosial di mana pengiklan membayar uang (via Bank, CC, / Paypal) untuk menampilkan iklan mereka di halaman jaringan media sosial.

Social Media Advertising (SMA) = Setiap Kegiatan Yang Mendatangkan Lalu Lintas Berbayar dari Social Media (SMA) + Semua jaringan channel periklanan media sosial lainnya.

Penutup

Pada intinya semuanya memiliki tujuan yang sama yaitu meningkatkan visibilitas Brand atau Usaha Anda. Namun wadah, teknik dan penerapannyalah yang berbeda.

Demikianlah artikel tentang perbedaan SEO, SEM, SEA, SMO, SMM, dan SMA. Semoga berkenan dan bermanfaat.

Sumber.

Tinggalkan komentar