Apa itu Anchor Text? 6 Jenis dan Cara Membuatnya

Apa itu anchor text?

Teks jangkar / anchor text adalah teks hyperlink yang digunakan dalam HTML. Ia merupakan teks yang dapat diklik dengan tujuan / referensi ke dokumen lain di web.

Pada dasarnya, teks jangkar tampil dengan warna biru dan underline untuk membedakannya dari teks lain di dalam sebuah halaman situs.

Contoh cara membuat anchor text: Link ApriDesain.id ini memiliki anchor text “ApriDesain.id”.

Dalam kode HTML, teks di atas akan terlihat seperti ini:

<a href="https://www.apridesain.id/">ApriDesain.id</a>

Baca juga: Perbedaan SEO, SEM, SEA, SMO, SMM, & SMA

Maksud utama dari teks anchor ialah memberitahu pembaca tentang apa isi dari halaman yang ditautkan tersebut.

Misalnya, jika anchor teks yang tampil “Resep Nasi Goreng”, maka pembaca akan tahu jika isi halaman dari tautan tersebut adalah tentang resep membuat nasi goreng. Tapi tidak semuanya harus seperti itu, karena terkadang kita temui teks seperti “Klik Di sini” / “Click Here”

cara membuat anchor text

Baca juga: Belajar SEO Pemula

Hubungan Anchor Text dan SEO

Anchor text bisa dikatakan bagian yang tidak bisa dihindari untuk backlink, jadi teks jangkar adalah bagian penting dari SEO.

Secara umum, ia membantu bot perayap (Crawler) Google dalam memahami konteks dan isi dari sebuah halaman situs web yang ditautkan.

Apabila kita menemukan teks jangkar “Cara membuat website”, maka mesin pencari akan memahami bahwa halaman yang dirujuk tersebut ialah tentang cara pembuatan website.

Tapi dalam beberapa kasus, Anda tidak dapat mengontrol anchor text yang mengarah ke situs web Anda.

Anda hanya dapat mengontrol teks anchor saat Anda membangun internal link (tautan internal) atau sedang bekerjasama dengan influencer untuk membuat link dengan teks jangkar tertarget.

Cara Optimisasi Anchor Text

Harap dicatat, tidak ada yang sangat baik jika dilakukan secara berlebihan. Begitupula dengan over optimize teks anchor.

Kenapa?

Karena mesin telusur semisal Google tidak menyukainya dan situs Anda bisa saja dikenakan hukuman oleh Google. Salah satu over optimize yang sering dilakukan adalah anchor text pada backlink.

Biarkanlah teks jangkar dibuat secara alami jika itu Anda dapatkan dari situs lain (backlink). Juga jangan sampai lupa untuk membuat anchor text internal secara natural atau tidak terlalu berlebihan dalam optimisasi.

Baca juga: Penjelasan Google: Kenapa Situs dengan Praktik SEO Buruk Dapat Peringkat Tinggi

Cara Terbaik Optimisasi Anchor Text

  1. Jangan berlebihan dalam optimisasi seperti memasukkan terlalu banyak keyword (kata kunci).
  2. Hindari penggunaan teks jangkar generik seperti “Klik Di Sini”.
  3. Buatlah secara natural, jangan coba-coba untuk mengisi kata kunci / brand dengan sengaja.
  4. Buatlah teks jangkar yang relevan dengan konten yang Anda buat.
  5. Pastikan ia mudah dipahami tentang apa isi halaman yang ditautkan.
  6. Tautkan ke situs web yang memiliki konten lebih rinci ketimbang ke halaman beranda.
  7. Bedakan teks jangkar dengan teks lainnya pada konten / situs.

jika ingin menambahkan teks tautan baru ke artikel yang sudah ada, ada baiknya untuk menambahkan setidaknya sebagian kecil konten tambahan.

Jenis-jenis Anchor Text

Branded

Ketika Anda menjadikan nama brand (merek) sebagai teks jangkar, seperti “ApriDesain” di tautkan ke halaman beranda situs web ApriDesain.id.

Naked URL

Jenis anchor text yang pada dasarnya adalah URL, contoh: “apridesain.id ” atau “https://www.apridesain.id/”. Jenis ini bisa dibilang tidak terlalu ramah / familiar untuk pengguna dan juga tergantung pada konteksnya. Jadi sebaiknya jangan sering-sering menggunakan jenis ini.

Exact Match

Jenis yang menggunakan kata kunci percis (sangat cocok), contoh: “belajar seo” yang mengarah ke konten situs web tentang belajar seo.

Partial Match

Jenis teks jangkar yang mengandung sebagian dari kata kunci, contoh: “belajar seo pemula lengkap” atau “belajar seo mulai dari NOL”.

Generic

Jenis ini biasanya digunakan untuk halaman unduh file. Contoh: Untuk download “Klik Di Sini”.

Gambar / Images

Sudah tahu tentang alt images? Yap, mesin pencari menjadikan alt images tersebut sebagai anchor text setiap kali sebuah gambar ditautkan. Jadi penting untuk mengoptimisasi alt images pada file gambar yang Anda unggah.

Kesimpulan & Penutup

Golden Rule dalam optimisasi Anchor Text adalah “Keep it Natural!” buatlah se-alami mungkin. Terdapat beberapa analisis dan penelitian yang angka atau rentang persentase yang harus dimiliki dari setiap jenis teks jangkar.

Menurut sumber dalam beberapa kasus, sekitar 50% anchor text harus diberi nama merek. 50% lainnya ialah naked URL, exact match dan parsial kata kunci, hingga teks jangkar generik.

Atau bisa kita simpulkan praktik terbaiknya adalah sama persis dengan praktik terbaik untuk pengoptimalan teks tautan yang alami, seperti mendapatkan backlink dari situs lain.

Demikian, semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan Anda tentang belajar SEO.

Tinggalkan komentar