Panduan Belajar SEO Lengkap untuk Pemula (2021)

Loading...

Panduan lengkap belajar SEO di tahun 2021 untuk pemula dari A-Z, meskipun Anda gaptek ataupun baru saja memulainya.

Apa Anda ingin belajar SEO? Tapi bingung harus memulai dari mana? Bingung karena banyak bertebaran artikel di internet? Takut salah?

Tenang, kami akan coba memandu Anda mulai dari pengertian apa itu SEO, dasar-dasar SEO, hingga yang paling advance.

Perlu diingat bahwa kita semua sama-sama belajar dan terus belajar untuk memperbaharui ilmu pengetahuan kita tentang SEO.

Itu dikarenakan begitu dinamisnya si “SEO” ini, akan selalu ada update-an terbaru hingga trik dan tips lainnya setiap hari oleh para master-master praktisi SEO.

Loading...

Sebelum kita mendalami aspek dan teknik tertentu tentang belajar SEO pada tahun 2021 ini, mari kita mulai dengan hal-hal dasar terlebih dahulu.

Apa Anda siap? Berikut panduan dasar belajar SEO untuk pemula.

Baca Cepat: tutup

SEO Dasar

Pertanyaannya, apakah Anda baru mengenal SEO? Adakah cara mudah belajar SEO? Bagaimana cara kerja SEO dan apa teknik paling penting di tahun 2021?

Maka silahkan baca tulisan ini sampai selesai.

Baca juga: Apa itu Anchor Text? 6 Jenis & Cara Membuatnya

Loading...

Apa itu SEO

Pengertian Search Engine Optimization (SEO) adalah proses meningkatkan rangking / posisi sebuah situs web dalam hasil penelusuran organik (bukan iklan) di mesin telusur. Semakin tinggi peringkat situs webnya, maka akan semakin banyak orang yang akan melihat dan mengunjungi situs tersebut.

Sejarah SEO dimulai pada tahu 90-an saat mesin pencari (search engine) muncul untuk pertama kali. Untuk saat ini, SEO merupakan salah satu strategi pemasaran digital yang sangat penting dan sebuah industri yang terus berkembang.

Contoh SEO
Hijau Organik SEO vs. Merah PPC

Pastikan Anda harus siap untuk hal-hal kreatif, analitis, dan teknis jika ingin mempelajari SEO. Selain ketiga hal tersebut, Anda juga harus fokus untuk mendalaminya.

Ada banyak teknik yang bisa kita pelajari dengan tujuan yang berbeda-beda, namun poin utamanya tetap sama yaitu meraih hasil tertinggi di penelusuran organik.

Secara sederhana, SEO ialah tentang mengelola situs web yang tepat untuk orang yang tepat.

Loading...

Belajar SEO tidak selalu tentang struktur teknik yang sempurna atau kompleks. Situs web Anda juga harus diisi dengan konten yang berkualitas dan dioptimalkan dengan baik sesuai dengan kebutuhan audiens Anda.

Jika konten artikel Anda benar-benar berkualitas, maka situs web Anda akan mendapatkan tautan balik dari situs lain dan hal tersebut di namakan backlink.

Apakah SEO sulit?

Jawabannya bisa iya bisa tidak. Mesin pencari seperti Google, Bing, Yahoo! memberikan hasil indeks berdasarkan beragam jenis algoritma peringkat.

Pertanyaan selanjutnya, bisakah kita mengidentifikasi algoritma ini? Sekali lagi, bisa iya, bisa tidak.

Perlu kita ketahui, Google sendiri menggunakan lebih dari 200 faktor untuk memberikan peringkat terbaik pada suatu situs atau halaman. Salah satunya yang kita tahu di antaranya: judul, deskripsi, isi / konten yang berkualitas, tautan balik (backlink), hingga hal-hal yang berbau teknis seperti kecepatan situs.

Loading...

Apakah wajib menerapkan 200 faktor tersebut?

Tentu saja tidak, Anda tidak wajib untuk mengetahui semua faktor yang dapat menentukan peringkat situs web Anda.

Lalu, bagaimana memahami dan belajar SEO secara mudah? Silahkan Anda bayangkan semangkuk sup, setidaknya terdapat tiga aspek penting di sini, yaitu:

  1. Mangkuk – Ia mewakili hal teknis dalam situs web (teknikal SEO) – Tanpa mangkuk yang tepat dan pas maka kuah sup Anda akan tumpah.
  2. Sup – Ia mewakili isi konten situs Anda – Konten situs merupakan bagian paling penting, jika kontennya buruk sama saja seperti omong kosong (tidak dapat peringkat).
  3. Bumbu (rempah-rempah) – Ia mewakili kualitas backlink yang dapat meningkatkan otoritas situs web Anda dan membuat sup SEO Anda seakan-akan sempurna.
resep SEO

Search Engine digunakan ketika pengguna ingin mencari sesuatu di internet, dan Anda ingin menjadi “sesuatu” tersebut.

Entah tujuan Anda untuk berjualan produk, layanan jasa, menulis blog / informasi, atau apa pun itu, maka optimisasi mesin telusur adalah suatu keharusan.

Loading...

Situs web Anda harus terindeks mesin pencari, jika tidak sama saja pepesan kosong.

Teknik SEO yang baik ialah ketika Anda dapat meningkatkan peringkat situs web Anda di halaman mesin pencari (SERP). Jika dapat peringkat yang lebih tinggi, berarti Anda mendapatkan kunjungan situs yang lebih tinggi pula. Jika kunjungan tinggi, maka tingkat konversi juga meningkat.

Singkatnya, jika situs web Anda ingin sukses, maka optimisasi SEO adalah keharusan. Beberapa aspek mungkin akan terlihat sulit, tapi jika Anda melakukannya dengan bijak dan tidak melanggar kebijakan mesin pencari, maka Anda akan mendapatkan hasil terbaik.

Bagaimana cara belajar SEO?

Coba bayangkan jika Anda melakukan perubahan dasar pada teknik SEO yang mampu merubah cara mesin mencari “melihat” situs Anda dan memberikan peringkat yang lebih baik setelahnya.

Maka, dalam panduan belajar SEO untuk pemula terbaik ini, kami akan membahas semua topik penting mulai dari dasarnya. Jika Anda fokus dan sabar dalam mempelajari SEO dasar ini, maka Anda akan mudah untuk melanjutkannya sendiri nanti.

Loading...

Artikel ini adalah jawaban dari pertanyaan Anda tentang bagaimana cara belajar SEO di tahun 2021. Tapi kembali kami ingatkan untuk tetap fokus, sabar, dan banyak berlatih mempraktekkannya.

Selain artikel ini, Anda juga bisa mengakses pengetahuan SEO dengan mengikuti kelas kursus online, offline, atau webinar.

Satu hal lagi, jika merasa bahwa Anda tidak punya waktu untuk belajar atau merasa kerepotan, maka kami menyarankan untuk menggunakan bantuan konsultan SEO, agensi, atau spesialis dalam hal ini.

Istilah-istilah Dasar di dalam SEO

  • SEO On-page vs. SEO Off-page
  • White Hat vs. Black Hat vs. Gray Hat SEO

On-page SEO vs Off-page SEO

Mengoptimasi SEO On-page (on-site / pada situs) itu berarti mengoptimalkan situs Anda agar hasil pada mesin pencari membaik dan dapat ranking tertinggi. Dalam tenik ini semuanya Anda lakukan di situs web dan tidak ada hubungannya dengan aspek luar situs web, contohnya:

  1. Meta tag
  2. Judul (Title)
  3. Struktur URL
  4. Gambar (ALT Img)
  5. Kualitas, isi, dan, panjang konten
  6. Stuktur data
  7. Ukuran dan kecepatan situs web

Dan banyak lagi… Kita akan membahasnya pada bagian teknikal SEO On-page (gulir ke bagian On-Page SEO).

Loading...

Sedangakan SEO off-page (off-site) mencakup semua aktivitas yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan otoritas SEO situs web dengan mendapatkan backlink (tautan balik) dari situs web lain. Ada beberapa cara untuk mendapatkannya, antara lain:

  1. Kampanye via email
  2. Menulis konten sebagai tamu (Guest Blog)
  3. Submissions
  4. Membagikan dan mempromosikannya via media sosial
  5. Berjasama dengan influencer dalam satu niche
  6. Menulis konten yang berkualitas, informatif, sehingga orang akan dengan senang hati menautkan link ke situs web Anda

Dan masih banyak lagi, dan kita akan membahasnya pada bagian link building.

White Hat vs. Black Hat vs. Grey Hat SEO

Istilah Black hat vs. White hat ini berasal dari film-film barat, seperti tokoh antagonis vs. tokoh protagonis. Tapi jangan sampai salah kaprah tentang istilah ini, karena pada prakteknya kedua teknik SEO ini sangat berbeda.

black white hat SEO

Black hat SEO adalah serangkaian praktik tidak etis untuk meningkatkan peringkat situs web di halaman hasil mesin pencari. Teknik ini dirancang untuk memengaruhi mesin pencari tanpa mempertimbangkan faktor pengunjung (manusia).

Black hat SEO dapat memberikan hasil SERP terbaik dalam waktu singkat, namun, mesin pencari kemungkinan besar akan memberikan hukuman, pinalti, dan menghapus situs web cepat atau lambat.

Loading...

Daftar praktik yang melanggar dapat kita baca di Panduan Webmaster Google atau Panduan Webmaster Bing.

White hat SEO adalah serangkaian teknik etis yang berpegang pada pedoman dan aturan. Bagian dasar dari White hat SEO adalah:

  1. Konten yang relevan & berkualitas
  2. Optimisasi situs web secara menyeluruh
  3. Link building (membangun tautan balik)

White hat SEO adalah strategi aman jangka panjang yang berorientasi untuk meningkatkan pengalaman pengguna. Secara umum, menjadi “orang baik” dalam dunia SEO dianggap keputusan yang tepat.

Ada juga istilah yang disebut Grey hat SEO, sebuah praktik di mana Anda mungkin mengambil risiko lebih sedikit jika dibandingkan dengan teknik Black hat.

Teknik topi abu-abu tidak didefinisikan secara jelas oleh Google sehingga Anda bisa mendapatkan ribuan pengunjung situs web tanpa terkena sanksi, hukuman, atau kehilangan semua peringkat situ web di waktu yang akan datang.

Loading...

Pada dasarnya, Anda harus menghindari “perang” dengan Google dan lebih baik mengikuti aturan mereka.

Search Engine (Mesin Pencari)

Pada bagian panduan belajar SEO ini, kita akan mempelajari bagaimana cara kerja mesin pencari/telusur (search engine), bagaimana orang menggunakannya, dan jenis kueri penulusuran apa yang mereka minta.

Catatan: Kita hanya akan fokus kepada Google saja pada bagian teknisnya, bukan untuk semua jenis mesin pencari.

Sekarang kita coba pelajari lebih lanjut tentang search engine dan beberapa faktor peringkat yang paling umum Anda harus fokuskan.

Baca juga: Perbedaan SEO, SEM, SEA, SMO, SMM, & SMA

Loading...

Bagaimana cara kerja mesin pencari?

Mesin pencari terdiri dari tiga poin utama:

  1. Crawling (Perayapan)
  2. Indexing (Pengindeksan)
  3. Memilih dan menampilkan hasil

Prosesnya lebih kurang berjalan seperti ini:

cara kerja mesin pencari

Perayapan (Crawling)

Crawling / Merayapi atau menjelajah berarti memindai situs web, bagian-bagiannya, konten, kata kunci, judul, hyperlink, gambar oleh ribuan bot kecil. Semua data yang dapat ditemukan di situs web di-crawl.

Crawler (perayap) mendeteksi semua tautan hiperteks di situs web yang mengarah ke situs web lain. Kemudian mereka mengurai halaman tersebut untuk link baru berulang kali. Bot merayapi seluruh internet secara teratur untuk memperbarui data.

Pengindeksan (Indexing)

Setelah situs web dirayapi, proses pengindeksan berlangsung. Bayangkan indeks tersebut seperti katalog raksasa atau perpustakaan yang penuh dengan situs web dari seluruh dunia.

Loading...

Biasanya situs web membutuhkan waktu untuk diindeks. Berdasarkan pengalaman kami, itu mulai dari 1 sampai 10 hari.

Saran: Anda dapat melakukan pengecekan halaman mana yang telah diindeks dengan menggunakan operator penelusuran ini: “situs: domainanda.com”

Selain itu, setiap kali berubah, bot perayap memindainya lagi, selalu begitu berulang-ulang. Perlu Anda ingat bahwa hingga update-an di situs web diindeks, update-an tersebut tidak akan terlihat di mesin telusur.

Memilih dan Menampilkan Hasil

Hasil sangat penting bagi para pengembang website dan pengguna. Setelah pengguna internet mengirimkan permintaan pencarian, mesin pencari akan menggali ke dalam indeks dan mengeluarkan hasil yang dianggap cocok dan tepat. Hal ini adalah proses pemeriksaan kueri terhadap miliaran situs web berdasarkan berbagai algoritme.

Perusahaan pemilik mesin pencari seperti Google, Microsoft, & Yahoo! merahasiakan komposisi yang tepat dari algoritme mereka.

Meskipun begitu, ada banyak faktor peringkat yang sudah “terbongkar” oleh master-master untuk yang baru saja belajar SEO.

Loading...

Faktor peringkat (Ranking Factors)

Beberapa faktor yang akan disebutkan ini sebenarnya betul-betul memberikan hasil, tapi ada beberapa juga yang hanya menjadi teori atau bahkan hanya mitos (tanpa hasil). Selain itu, ada juga faktor yang lebih penting dibanding faktor yang lain.

C. Sheppard dari Zyppy memberikan daftar lengkap mengenai faktor peringkat Google secara komperhensif.

Ingat! Anda tidak harus menghafal semua faktor tersebut, karena hal itu bisa dikatakan mustahil, namun ada baiknya tetap dibaca / dipelajari agar kita memiliki gambaran secara umum.

10 Faktor penentu suksesnya optimasi SEO Anda:

  1. Konten yang dibuat dengan baik
  2. Situs web yang bisa dirayapi oleh bot
  3. Kualitas dan kuantitas backlink
  4. Konten yang berorientasi pada kebutuhan pengunjung
  5. Konten yang unik
  6. EAT: Expertise, Authority, Trust
  7. Konten yang fresh
  8. Click-through rate (Rasio klik-tayang)
  9. Kecepatan situs web
  10. Situs yang berfungsi di berbagai perangkat apa pun (Responsif)

Salah satu faktor terpenting adalah profil backlink, hal ini didasarkan pada jumlah dan kualitas backlink yang mengarah ke situs web Anda.

Loading...

Pernyataan di atas merupakan pandangan yang sangat disederhanakan tentang perkiraan Google atas otoritas situs web.

Beberapa faktor peringkat penting lainnya termasuk (tidak mesti berurutan):

  1. Penggunaan kata kunci dan frase yang relevan
  2. HTTPS / SSL (Secure Socket Layers)
  3. Relevansi link tautan
  4. Tata bahasa dan ejaan
  5. Otoritas topikal
  6. Jumlah share di media sosial
  7. Umur domain
  8. Fitur AMP
  9. Tata letak halaman

Ranking faktor (Faktor peringkat) dapat dibagi menjadi, faktor on-page SEO (termasuk SEO teknis) dan faktor membangun/membuat link tautan atau off-page SEO.

Bagaimana Orang Menggunakan Mesin Pencari?

Poin utama belajar SEO ialah tentang memberikan konten dan pengalaman terbaik untuk pengguna maupun mesin pencari.

Cukup bagus jika Anda mengeluarkan uang dan waktu untuk teknikal SEO yang sempurna. Tapi, apabila interaksi pengguna buruk, maka posisi / ranking situs Anda bisa bermasalah.

Loading...

Tolong dicatat, sudut pandang pengguna (pengunjung situs) adalah prioritas nomor satu bagi praktisi SEO.

Cara orang berinteraksi menggunakan mesin pencari telah berkembang selama bertahun-tahun. Namun, pada prinsipnya tetap sama, yaitu:

  1. Kebutuhan akan solusi, informasi, atau jawaban
  2. Mengetik kebutuhan dalam bentuk query (kata kunci) ke dalam mesin pencari
  3. Memeriksa hasil halaman pertama
  4. Mengklik satu atau lebih hasil (situs web)
  5. Memindai situs web untuk mendapatkan jawabannya
  6. Memeriksa lebih banyak hasil pada SERP pertama dan / atau mengubah kueri penelusuran, jika jawabannya tidak ditemukan.

Search Engines Market Share

Pangsa Pasar Mesin Pencari (Search engines market share). Pada grafik di bawah ini, Anda dapat melihat mesin pencari mana yang paling banyak digunakan oleh pengguna internet. Data ini berasal dari laporan Netmarketshare.

market share search engine

Lalu, bagaimana kita mengklasifikasikan permintaan pencarian?

Ada tiga jenis kueri penelusuran, yaitu:

Loading...
  1. Kueri Penelusuran Navigasi (Navigational Search)
  2. Pencarian Informasi (Informational Search)
  3. Kueri Penelusuran Transaksional (Transactional Query)

Penelusuran Navigasi (Navigational Search)

Ketika menggunakan peramban dan membuka Google, pengguna bermaksud untuk mencari merek atau situs web tertentu. Contohnya seperti mengetik “youtube” atau “facebook” ke dalam mesin telusur daripada menggunakan riwayat atau bookmark browser.

Berdasarkan studi kasus mangools.com, mereka menganalisis setidaknya 1,6 miliar kata kunci, merek seperti Google, YouTube, dan Facebook mendapat volume pencarian tertinggi bersama dengan kueri pencarian navigasi lainnya.

Penelusuran Informasi (Informational Search)

Pada jenis ini, pengguna ingin mencari informasi ataupun jawaban melalui mesin telusur. Contohnya, pengguna yang berniat untuk belajar SEO akan mengetikan kueri “Panduan Belajar SEO Pemula”.

Jika ibu-ibu mungkin akan mencari kueri “Resep rendang enak sederhana”.

Baca juga: Penjelasan Google: Kenapa Situs dengan Praktik SEO Buruk Dapat Peringkat Tinggi

Loading...

Kueri Penelusuran Transaksional (Transactional Query)

Jenis ini berarti pengguna sudah memiliki niat untuk melakukan transaksi pembelian. Biasanya mereka langsung mengetikan nama produk atau layanan (Contoh: Adidas, Nike Airmax, Jasa Desain Logo, dll) atau pencarian kategori (Contoh: Kaos Oblong, Sepatu Kerja, Jasa Desain Grafis, dll).

Atau bisa juga seperti ini, “Jual bunga bucket terdekat”, “produk branded“, dst.

Sekarang banyak kita temui artikel tentang bagaimana cara menargetkan keyword (kata kunci) tertentu secara lengkap. Tetapi hal ini mungkin akan berubah, bergeser menjadi sulit di masa akan datang karena semakin populernya pencarian via suara seperti Siri, Google Now, Cortana, hingga Alexa.

Catatan: Kueri pencarian informasi dapat dengan cepat berubah menjadi transaksional dengan memberikan penawaran tertentu atau memberikan opsi untuk melakukan pembelian.

Pembaruan SERP / SERP Update

Apa itu SERP? SERP adalah singkatan dari Search Engine Result Page. Cukup bagus jika Anda berhasil menempati peringkat halaman (SERP) pertama di mesin telusur seperti Google, lebih bagus lagi jika menempati tiga teratas. Tapi perlu diingat bahwa hanya akan ada satu pemenang.

Loading...

Seluruh situs di seluruh dunia pasti diperbarui setiap hari, atau paling tidak setiap bulan. Jadi, ketika ada situs web baru dan mesin pencari melakukan indeks, maka hasil organik pencarian pun bisa berubah secara singkat.

Terdengar tidak adil? Tapi begitulah kenyataannya.

Kemudian, faktor lainnya yang sangat penting adalah algoritma Google yang sering berubah dari waktu ke waktu. Jika perubahannya kecil atau sedikit, mungkin tidak berdampak apapun terhadap situs web kita. Tetapi, perubahan atau pembaruan algoritma yang besar akan sangat berpotensi “menghancurkan” peringkat situs web / blog kita.

Fitur SERP / SERP Features

Apa ada yang lebih baik dari posisi satu? Ya tentu saja, peringkat pertama itu penting, tapi saat ini, Anda harus mempertimbangkan apa yang disebut “zero position (posisi nol)”.

Sekarang coba kita cek hasil untuk kueri penelusuran “cara mendapatkan followers instagram“.

Loading...

Tampil pada gambar di bawah, bahwa hasil pertama adalah sematan unggulan Google (Google Snippet) dengan semua atau beberapa informasi paling penting. Sematan unggulan Google Snippet ini membuat Anda tidak akan mengecek hasil lainnya.

google snippet

Ada banyak fitur SERP (Rich snippets). Pertanyaanya, kenapa Anda harus peduli tentang fitur ini? Perlu Anda ketahui, cuplikan kaya memengaruhi perilaku pengguna ketika mereka melihat SERP. Dengan kata lain, hasil penelusuran organik generik mungkin memiliki rasio klik-tayang (RKT) yang lebih rendah.

Hal ini dikarenakan fitur SERP memiliki daya tarik visual yang lebih besar dan sering kali memberikan informasi yang cukup sehingga pengguna Google telusur tidak perlu mengklik hasil lain sama sekali atau mereka hanya mengklik hasil yang diunggulkan.

Berikut adalah beberapa cuplikan kaya (Rich Sinppets) yang paling umum dan sering kita lihat di SERP:

  • Featured snippet
  • Answer box
  • Carousel (images, videos, products)
  • Image pack
  • Map pack
  • Sponsored features (Google Ads, flights, shop on Google)
  • Knowledge graph
  • Top stories
  • Events
  • Sitelinks

Kabar baiknya, terdapat cara untuk mengenali dan menganalisis dampak dari fitur yang spesial ini. Misalnya, SERPChecker.com, aplikasi web ini akan membantu Anda dalam menganalisis.

Loading...

On-page SEO dan Teknikal SEO

Apa itu On-page SEO? On-Page SEO adalah suatu teknik SEO yang semuanya dilakukan atau diterapakan di dalam situs web. Pada jenis optimisasi SEO ini, Anda diharuskan melakukan optimasi isi halaman dan konten untuk mesin pencari. Hmm, tapi jangan lupa optimasi untuk pengguna juga.

Terdapat banyak tugas nan panjang yang akan Anda kerjakan pada bagian ini. Ingat tetap fokus dan sabar.

Saat ini algoritma search engine sudah berkembang lebih baik, pintar, canggih dan cepat. Maka dari itu wajib bagi Anda untuk melakukan optimasi SEO untuk sisi manusia (pengguna) disandingkan untuk mesin pencari.

Jangan lupa bahwa, SEO adalah tentang menargetkan orang-orang, bukan hanya robot mesin telusur.

Meta Tag

Meta tag adalah bagian dari kode HTML, ia mendeskripsikan konten situs web dan yang terpenting adalah meta judul dan meta deskripsi.

meta tag seo

Untuk informasi lebih rinci, pastikan untuk membaca definisi dan tips pengoptimalan lanjutan untuk tag judul dan deskripsi.

Loading...

Perlu diingat, jika dilihat dari sudut pandang teknis, meta tag tidak sepenting dulu lagi, namun tetap memberikan dampak yang baik apabila kita optimasi.

Catatan: Kata kunci (keyword) yang ditampilkan di meta tag judul dan deskripsi tidak secara langsung mempengaruhi peringkat situs web Anda, tapi tetap menjadi faktor psikologis yang kuat untuk meningkatkan CTR (click-through-rate).

Dan, jangan bingung dengan para blogger yang berkata bahwa tag judul dan deskripsi sudah tidak penting sama sekali.

Di sisi lain, algoritme Google dapat mengubah judul dan deskripsi situs web Anda agar memberikan hasil yang relevan dengan kueri penelusuran yang cocok.

Ada banyak tools dan plugin (seperti Yoast WordPress) untuk membantu Anda dalam menganalisis konten.

Loading...

Yoast SEO membantu Anda mengatur kata kunci fokus seperti tag meta judul, meta deskripsi, judul artikel atau halaman, kepadatan kata kunci (keyword density) secara keseluruhan, atribut alt image, dan lainnya.

Daftar Cek On-page SEO

Agar lebih mudah, sekarang kita akan mulai dengan WordPress atau CMS lainnya. Dengan CMS kita tidak perlu pusing lagi tentang koding, karena biasanya sudah tersedia plugin-plugin yang memudahkan pekerjaan kita.

1. Riset Kata Kunci (Keyword) di Niche Anda

Sederhananya, Anda akan membuat atau menulis konten yang pastinya banyak dicari orang. Jika tidak, maka sama halnya dengan omong kosong, Anda hanya membuang-buang waktu atau sekedar hobi tanpa mengharapkan kunjungan situs.

Lalu, pertanyaanya adalah apakah Anda yakin bahwa gaya penulisan Anda berbeda dengan lainnya dan unik?

Bisakah Anda memberikan nilai tambah pada topik yang dibahas?

Loading...

Hal di atas termasuk kegiatan SEO tahap pertama, yaitu riset kata kunci (keyword). Riset kata kunci adalah bagian yang tak boleh Anda lewatkan.

Kita akan membahas tentang riset keyword (kata kunci) pada bagian ke lima. (gulir kebawah).

2. Meta Tag Judul (Title) dan Tajuk (H1)

Pada bagian ke dua ini, buatlah meta title tag, description, dan tajuk (H1-H6) yang menarik, sertakan keyword, menambahkan angka, power word (seperti: Gratis, Lengkap, dst).

Optimasi tag title dan description Anda, karena ia berperan penting untuk meningkatkan CTR (click through rate), buatlah kata-kata yang mengajak pengunjung untuk bertindak (CTA: Call to Action).

Mungkin jika menggunakan bahasa sehari-hari adalah “bujuk pengunjung dan mesin pencari bahwa situs web Anda adalah yang terbaik untuk diklik”.

Loading...

Intinya Anda harus memikirkan apa yang dipikirkan oleh pengunjung atau pengguna search engine, buatlah kata-kata yang mengajak tanpa perlu berlebihan apalagi lebay.

Contoh tag deskripsi yang berlebihan, seperti: “Jual iPhone X ,BNIB, terbaru, gratis case, cuma 2 jt, Free Ongkir”. Nah, pertanyaanya apa Anda percaya dengan judul situs web seperti itu? Apakah akan Anda klik?

Tips cepat untuk title tag dan headline:

  • Google akan menampilkan title tag hingga 70 karakter dan deskripsi meta hingga 160 karakter.
  • Pastikan untuk menggunakan struktur (H1-H6) dengan tepat dan benar untuk keterbacaan dan struktur yang baik.
  • Cek hasil pratinjau pencarian di tools seperti Yoast SEO atau plugin SEO WordPress lainnya.

3. Gunakan URL yang SEO-Friendly

Usahakan hindari menggunakan URL yang dibuat secara otomatis dengan angka dan karakter, contoh:

www.domain.com/2021/10/23/artikel318e7a349f6

Loading...

Gunakan URL yang sesuai dengan konten dan judul, contoh:

www.domain.com/artikel-baru/

Jika Anda menggunakan WordPress, Anda dapat mengatur URL / permalink di pengaturan umum.

seo friendly url

Para ahli SEO dan blogger mengatakan bahwa URL yang lebih pendek berperingkat lebih baik di Google. Hal ini sepertinya menyangkut ke masalah pengalaman pengguna. Tapi bukan berarti URL dengan 20 kata atau lebih memiliki efek yang tidak bagus.

4. Gunakan Konten Kaya (Gambar)

Ajakalah pengguna berinteraksi dengan situs Anda. Caranya bisa menggunakan gambar, bagan, infografis, atau video. Menggunakan konten kaya akan meminimalkan rasio pentalan (bounce rates) pada situs, selain meningkatkan waktu rata-rata yang dihabiskan oleh pengunjung di situs Anda.

Loading...

Tip cepat untuk penggunaan konten kaya atau multimedia:

  • Optimalkan gambar dengan menggunakan nama file yang relevan (belajar-seo.jpg), atribut alt image dan ukuran file yang kecil.
  • Sematkan media interaktif seperti video atau grafik.
  • Dan jangan lupa untuk menyertakan transkrip agar Anda tidak kehilangan kata kunci penting (karena bot crawler mesin telusur tidak dapat “membaca” video).

5. Link / Tautan keluar (Outbound) dan internal

Ketika kita memberikan link tautan keluar, itu berarti situs kita memberikan sinyal relevansi topik ke Google. Jadi, pastikan untuk menautkan ke sumber yang relevan dan terpercaya.

Sedangkan link tautan internal adalah cara terbaik untuk mempromosikan artikel atau bagian situs web Anda yang lain.

Penempatan internal link membantu pengguna untuk mengunjungi tautan tersebut dan bertujuan untuk meningkatkan interaksi di dalam situs menjadi lebih tinggi. Tautan internal juga membantu bot Google untuk memahami struktur situs web Anda.

Kiat cepat untuk tautan keluar dan internal:

Loading...
  • Tautan keluar (outbond link) mungkin tidak secara langsung meningkatkan peringkat situs, namun sangat disarankan untuk melampirkanya minimal satu.
  • Gunakan hingga 2-3 tautan internal, tergantung pada panjang konten yang Anda buat.
  • Crawler Google memindai tautan ini, jadi jangan mencoba untuk menipu Google dan berhati-hati terhadap broken link (rusak).
  • Terapkan model hubungan (struktur) konten untuk tautan internal.

Untuk gambaran lebih jelas, Anda bisa cari di Google Image tentang internal linking.

6. Ajak Pengguna untuk Terlibat / Berinteraksi

Berinteraksi seperti apa? Maksud kami seperti, pengunjung melakukan share konten Anda ke media sosial mereka. Mohon diingat, konten yang baik dan bermanfaat akan dibagikan cuma-cuma oleh para pembaca situs web / blog Anda.

Apalagi sekarang tersedia banyak tools atau plugin untuk menempatkan tombol berbagi seperti: AddtoAny, Social Counts, BuzzSumo, dll.

Tombol media sosial apa yang disarankan? Selain Facebook, Twitter, dan LinkedIn, Anda juga bisa menambahkan jejaring sosial khusus yang terkait dengan topik, seperti Reddit, Pinterest.

Daftar Cek Teknikal SEO On-page

Biasanya kita akan cenderung takut jika mendengar yang berbau teknikal, apalagi teknikal SEO On-page, betul? Tapi jangan khawatir, ada banyak hal yang bisa Anda lakukan tanpa perlu keahlian khusus.

Loading...

Jika Anda menggunakan wordpress, maka di sana telah tersedia beberapa plugin yang sangat membantu. Berikut adalah beberapa faktor SEO teknis paling penting yang harus Anda fokuskan:

1. Google Search Console

Ketika baru saja membuat blog atau situs, pastikan untuk menghubungkannya ke Google Search Console (sebelumnya webmaster tools). Aplikasi web Google ini membantu kita dalam memantau sekaligus mempertahankan kinerja situs di Google Search.

Search Console membantu Anda menganalisis peringkat keyword, CTR, kemungkinan mendapat penalti dari Google, dan banyak data berguna lainnya untuk teknikal SEO.

Search Console Central

Fitur lainnya termasuk pengecekan mobile friendly, memilih mana yang ingin diindeks dan mana yang tidak, eror-eror pada situs, kesalahan data terstruktur, hingga kesalahan link (tautan).

Tips cepat GSC (Google Search Console):

Loading...
verifikasi search console

2. Website Speed (Kecepatan Situs)

Kecepatan situs adalah salah satu faktor peringkat yang wajib diperhatikan, maksudnya Anda dan tim harus selalu berusaha untuk memperbaikinya.

Hasil survey KISS Mestrics, bahwa 50% pengguna web berharap situs dapat dibuka secara total dalam 2 detik atau kurang. Jika lebih dari itu, kemungkinan besar mereka akan pergi.

Loading...

Tips cepat untuk site speed:

  • Gunakan alat uji kecepatan situs we di PageSpeed ​​Insights.
  • Optimalkan gambar, aktifkan kompresi GZIP, kompresi HTML, minifikasi JS dan CSS, dan coba kurangi waktu respons server.
  • Gunakan layanan hosting web berkualitas, hosting berperan besar dalam kecepatan situs web, jadi pastikan untuk memilih penyedia yang tepercaya.

3. Optimasi Perangkat Mobile

Optimasi mobile merupakan salah satu faktor penting yang wajib Anda fokuskan. Situs yang Anda buat haruslah responsif untuk semua ukuran layar monitor. Jika Anda mengabaikan hal ini, kemungkinan besar situs Anda akan terkena dampak negatifnya.

Pada tahun 2018, Google mulai memfokuskan pengindeksan dan memprioritaskan perangkat seluler (mobile-first indexing).

Loading...

Tips cepat optimasi perangkat seluler:

  • Uji situs web Anda di Mobile-Friendly Test.
  • Pantau peringkat kata kunci Anda dalam hasil pencarian seluler.
  • Pastikan versi seluler situs web Anda berfungsi dengan baik.

Selain itu, Anda juga dapat menggunakan teknologi AMP (Accelerated Mobile Pages). AMP adalah baris kode HTML yang diperluas dengan properti khusus yang memungkinkan untuk merender konten statis lebih cepat.

Teknologi AMP sendiri dimulai Google pada tahun 2017, kini sudah banyak situs yang menerapkan AMP seperti, Kompas, Tempo, Tribun, Liputan 6, dst.

4. Peta Situs (Sitemap)

Sitemap atau peta situs dapat membantu mesin telusur merayapi konten Anda. Sitemap adalah file tempat semua url / link situs web dicantumkan.

Sangat disarankan untuk membuat dan memilikinya ketika Anda mengelola situs web besar dengan struktur yang rumit atau ketika menggunakan konten multimedia.

Loading...

Perlu dicatat sitemap tidak memberikan jaminan untuk mendapatkan peringkat terbaik.

Google mengatakan, sitemap bisa saja memberikan benefit, dan jangan takut jika Anda tidak memilikinya, karena Anda tidak akan kena hukuman atau pinalti dari Google.

Tip cepat Sitemap:

  • Tidak semua situs web harus mempunyai sitemap (peta situs).
  • Ada banyak jenis sitemap selain sitemap dalam format XML.
  • Peta Situs tidak boleh berisi lebih dari 50.000 URL dan tidak boleh melebihi 50 MB.
  • Tempatkan peta situs di direktori root situs web, contoh:
https://domain.com/sitemap.xml

5. Robot.txt

Robots.txt adalah sebuah file yang memberi tahu crawler bagian situs mana yang tidak Anda inginkan untuk diakses. Umumnya terdapat di https://example.com/robots.txt dan bersifat publik.

File ini cukup berguna jika Anda tidak ingin beberapa skrip, file, atau gambar yang tidak perlu diindeks. Sintaks robots.txt:

Loading...
User-agent: * (e.g. Googlebot)
Disallow: / (e.g. /images/pizza.png)

Tips cepat Robot.txt:

  • Jangan gunakan robots.txt untuk menyembunyikan konten dari crawler search engine.
  • Crawler atau robot malware tidak boleh melanggar robots.txt

Konten dan SEO

Pada bagian ini kita akan membahas tentang Konten dan SEO. Pertanyaannya, apakah konten dan SEO ini harus berdiri sendiri? Atau keduanya harus berdampingan?

Silahkan lanjut membaca untuk mendapatkan jawabannya.

Ada mitos populer di antara beberapa praktisi marketer, bahwa konten yang sempurna tidak membutuhkan SEO. Benarkah?

Pernyataan ini sebenaranya salah, karena:

Loading...

Berhenti berpikir tentang “SEO vs. konten marketing” dan mulailah jelajahi seberapa baik performa keduanya.

Coba Anda bayangkan konten yang berkualitas dibuat tanpa pengoptimalan SEO onpage atau tanpa backlink? Atau,

ada sebuah situs yang dioptimalkan dengan sempurna namun kontenya super duper buruk dan tidak enak dibaca?

Harus Anda tanamkan dalam pikiran Anda bahwa, strategi pembuatan konten harus menjadi bagian dari strategi SEO yang lebih sempurna.

Tapi faktanya masih ada beberapa orang yang percaya, bahwa:

  • SEO itu untuk mesin pencari
  • Konten untuk manusia

Jawaban kami, mereka salah. Karena konten & SEO merupakan hal yang saling berkaitan.

Loading...

Sederhananya kita hanya perlu membuat konten yang unik dan berkualitas, sekaligus mengoptimalkannya untuk mesin pencari, juga untuk manusia secara bersamaan.

Jenis Konten Apa yang Harus Saya Buat?

Ini adalah pertanyaan pertama dan paling penting. Jawaban sederhananya adalah: “Menjadi Unik”. Berusahalah membuat konten yang orisinal, menarik, serta dapat menggugah pikiran pembaca, karena hal ini merupakan awal yang paling wajib dilakukan. Pastikan juga agar konten dan SEO harus berjalan beriringan dari awal.

Berikut berbagai jenis konten yang bisa Anda buat:

1. Blog

Semakin hari blog semakin populer, terutama dalam beberapa tahun terakhir. Blog yang bagus adalah blog yang bisa berinteraksi dengan penggunanya. Tidak hanya untuk para blogger, tetapi juga untuk situs web E-Commerce, bisnis SaaS, atau penyedia layanan profesional.

Blogging juga merupakan salah satu cara untuk menghasilkan uang dengan melakukan apa yang Anda sukai (Contoh: Blogger jalan-jalan, blogger kuliner, blogger otomotif, dll.).

Loading...

Blog unik yang memiliki artikel panduan dan tips yang mendalam dapat membuat Anda menjadi influencer yang dikenal dan menginspirasi.

2. Halaman Produk

Ingat, menjadi pebisnis online bukanlah hal mudah, Anda harus fokus dan pandai mengatur waktu dan pekerjaan mana yang lebih prioritas.

Contohnya,

Anda harus fokus untuk membuat halaman produk yang berkualitas yang ditujukan untuk pengunjung dan mesin pencari. Anda juga bisa mengunggah foto terbaik beserta deskripsi produk yang singkat, jelas, dan padat tanpa harus spam kata kunci di dalamnya.

Jika halaman produk Anda bagus, maka halaman tersebut bisa dipakai untuk kampanye iklan PPC seperti Google AdWords, Facebook Ads, dan Instagram Ads.

Loading...

Baca juga: Beda Instagram Bisnis vs Instagram Biasa

3. Ulasan (Reviews)

Anda ingin menginspirasi (influence) orang banyak? Maka Anda bisa mencoba membuat konten ulasan atau review. Menulis review bukanlah hal baru, tapi di internet semuanya bisa kita review mulai dari gadget, film, buku, hotel, restoran, hingga apa saja.

Anggaplah Anda telah berhasil menjadi influencer yang dipercaya, maka Anda bisa membentuk opini orang dan mendapatkan keuntungan / penghasilan dari ulasan bersponsor.

Catatan: Ulasan adalah unsur yang tak terhindarkan dari pemasaran influencer.

4. Studi Kasus dan Hasil Penelitian

Anda suka hal-hal yang berbau data? Entah ini ilmiah, penelitian pasar atau penelitian di internet? Maka konten ini adalah yang paling pas untuk Anda buat.

Loading...

Ceritakan pengalaman Anda dalam mendapatkan data -data, mungkin agar mempermudah, Anda bisa melihat pengalaman Kang Dewa Eka Prayoga.

Beliau mempunyai beberapa buku yang berhasil menjadi best seller karena pengalamannya, eksperimennya dan berbagai tips yang ia bagikan.

Mungkin hal terbaik tentang studi kasus adalah ia selalu unik, segar, dan memberikan informasi baru bagi para pembaca.

5. Infografis

Banyak orang yang menyukai infografis. Karena infografis mudah dibaca, dipahami, dibagikan dan diunduh. Namun, kebanyakan desainer grafis terlalu banyak memasukan teks di dalamnya sehingga terlihat membosankan dalam sekali lihat.

Selengkapnya silahkan baca artikel tentang, cara membuat infografis ini. Intinya membuat infografik ialah tentang membuat informasi yang bagus dan mudah dibaca.

Loading...

Baca juga: Apa Perbedaan Branding dan Marketing? Beserta Pengertiannya

6. Panduan, petunjuk, trik & tips

Ini adalah salah satu postingan blog yang populer dan sering kali diterbitkan. Contohnya adalah “Cara….” atau “Panduan SEO…” di tambahkan long tail keyword.

Perlu diingat sudah banyak konten seperti ini di internet, jadi buatlah konten panduan yang lebih baik, berbeda, dan belum pernah orang lain temukan.

7. Daftar (Top Lists)

Daftar Teratas merupakan salah satu bentuk konten tertulis populer lainnya. Sekali lagi, terdapat ribuan daftar teratas di internet sana, jadi coba pikirkan dengan teliti jika ingin membuat konten jenis ini.

Contohnya adalah, “10 situs unduh pdf gratis”, “21 jenis sablon kaos distro”, dan lainnya.

Loading...

8. Interviews (Wawancara)

Mendapatkan informasi dan opini unik dari para ahli yang kredibel adalah hal yang sangat luar biasa. Konten ini dapat membantu situs Anda membangun kepercayaan, kunjungan situs, social share hingga tautan balik (backlink).

Di tambah lagi, jika narasumber Anda memiliki jumlah pengikut (fans) yang banyak. Secara tidak langsung akan memberikan kunjungan konten secara cuma-cuma ketika narasumber tersebut membagikan konten Anda. Konten ini bisa Anda buat pada tulisan, rekaman video atau podcast.’

9. Video

Manfaat paling besar dari konten video adalah engagement yang tinggi, share media sosial, likes, backlink, dan bisa mendapatkan lebih banyak konversi dan prospek.

Menurut Hubspot, pembuatan konten video mampu meningkatkan rasio konversi hingga sebesar 80%.

10. Ebook (Buku Elektronik)

Konten Ebook biasa dipakai ketika marketer ingin mendapatkan prospek baru. Umumunya digunakan oleh industri B2B, tapi juga ada situs B2C yang menggunakan konten ini untuk mendapatkan alamat email pengguna dengan cara membagikan ebook yang dapat diunduh.

Loading...

Tidak semua orang akan memberikan kontak mereka seperti alamat email cuma-cuma. Anda harus memberikan alasan kuat kepada mereka.

Umumnya ebook dibuat dalam format PDF dan memiliki isi konten yang panjang dan cukup detil.

Berapa Panjang Ideal Artikel untuk Konten Blog?

Dulu, postingan artikel dengan isi yang panjang ditambah kata kunci akan dapat dengan mudah mendapatkan peringkat atas.

Tapi sekarang sudah tidak semudah dulu.

Artikel Anda haruslah memberikan nilai serta bermanfaat bagi pembaca, dan pastikan membuat postingan untuk manusia bukan untuk robot.

Loading...

Anda perlu memberikan daya tarik psikologis pada tulisan Anda di tag <title>, <h1, h2, h3, dst..>. Berikan sentuhan penasaran pada paragraf pertama, berikan mereka cuplikan dari seluruh isi artikel pada paragraf pertama.

Dalam hal SEO, terdapat banyak hasil research yang mengatakan bahwa postingan yang lebih panjang akan memiliki peringkat yang sedikit lebih baik.

panjang artikel

Jangan lupakan juga konsep copywriting, dengan teori AIDA (Attention, Interest, Desire dan Action) yang sudah banyak dipraktikan oleh para master marketer online.

Mencegah Duplikat Konten pada Artikel

Sadar atau tidak, cepat atau lambat, kita semua akan sampai pada titik di mana kita perlu mengulangi beberapa kata yang telah kita tulis di postingan lain di situs web kita.

Jika ada terlalu banyak konten duplikat di situs web, Anda dapat menggunakan 301 redirects atau elemen tautan rel=”canonical”.

Loading...

Lebih lanjut tentang duplikat konten silahkan baca di Google Search Console.

Tools online populer untuk mendeteksi plagiarisme adalah Copyscape. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu memasukkan URL postingan pada kolom yang tampil di Copyscape.

cara menggunakan copyscape

Membuat konten yang bagus dimulai dengan penelitian. Tentukan topiknya, lakukan riset kata kunci, tanya teman Anda, lakukan polling di Facebook, dst. Lanjut…

Keyword research (Riset Kata Kunci)

Pada bagian panduan belajar SEO ini, kita akan membahas tentang riset kata kunci, bahasa kerennya keyword research.

Riset kata kunci adalah salah satu pekerjaan wajib dari SEO dasar. Pada bagian ini, Anda akan belajar bagaimana menemukan niche (topik) dan bagaimana menemukan kata kunci yang berpotensi untuk memiliki peringkat terbaik.

Loading...

Membuat konten tanpa penelitian kata kunci tidak akan membuahkan hasil, seperti membuat sayur asem tanpa tahu apa itu resepnya.

Konten yang tidak dioptimasi dengan baik dan benar tidak akan mendapat peringkat yang tinggi dan trafik situs web akan rendah atau bahkan 0. Anda hanya perlu mengetahui kata kunci apa yang akan ditargetkan untuk menghasilkan trafik situs web yang cukup memuaskan

Bagaimana Saya Menemukan Kata Kunci (Keyword)?

Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mencari kata kunci.

Ketika mencari keyword, tugas pertama Anda adalah menghasilkan kata kunci inti & frasa yang akan Anda gunakan sebagai bahan untuk menemukan lebih banyak ide kata kunci.

Anggap saja jika Anda menjalankan blog tentang desain, maka cari frasa sederhana seperti “desain grafis”, “desain produk”, atau “photoshop”.

Loading...

Cara klasik untuk mencari kata kunci tapi masih sangat relevan untuk digunakan:

Google Suggestions

Google menawarkan banyak saran kata kunci langsung di SERP (Search Engine Result Page). Fitur seperti “Google Autocomplete”, “Orang lain juga menanyakan” atau “Pencarian Terkait” dapat menjadi sumber yang bermanfaat untuk kita.

Dengan fitur autocomplete, Anda hanya perlu menuliskan inti (1-3 kata) keyword Anda ke dalam pencarian Google dan saran akan muncul secara otomatis.

Keyword Tools

Ada banyak tools untuk research keyword secara gratis yang dapat memberi Anda ratusan ide kata kunci berdasarkan satu kata kunci inti. Salah satu tools keyword yang paling populer adalah Google Keyword Planner, meskipun fokus utama alat ini adalah penelitian kata kunci untuk iklan PPC.

Tools gratis populer lainnya adalah AnswerThePublic. Ia secara otomatis memberikan ratusan saran query autocomplete Google.

Loading...
google autocomplete

Karena gratis, tentu saja tools-tools di atas memiliki fitur terbatas.

Keyword Tools berbayar memberikan tawaran yang lebih lengkap dan berguna untuk Anda dalam mengevaluasi kata kunci sehingga dapat memilih mana yang terbaik dan masuk akal untuk di optimasi. Selain lebih kompetitif dan juga hemat waktu.

Contoh berikut adalah hasil dari tangkapan layar KWFinder:

tools SEO kwfinder

Selain saran kata kunci, KWFinder juga menghitung kesulitan peringkat (difficulty of ranking) kata kunci, serta SERP setiap kata kunci untuk membantu Anda memperkirakan peluang dan menganalisis para pesaing.

Kita mungkin akan berpikir: “Apa saya perlu memakai tool keyword berbayar?”

Loading...

Jawabannya adalah: Jika Anda menghasilkan uang dari situs dengan cara apa pun, tools keyword merupakan sebuah investasi hebat yang akan memberikan hasil cepat atau lambat.

Platform Lainnya

Sebenarnya dengan bermodalkan internet saja sudah cukup, karena kita bisa mencari ide kata kunci hampir di mana saja. Anda hanya perlu fokus pada situs yang sering digunakan kebanyakan orang dalam niche (topik) Anda, situs tempat mereka bertanya, berkomunikasi, dan berbagi ide.

Berikut beberapa platform populer untuk mendapatkan ide keyword (kata kunci):

  • Forum-forum
  • Quora
  • Wikipedia
  • Reddit
  • Youtube
  • Dst

Keyword Metrics (Metrik Kata Kunci)

Di awal-awal SEO, para pembuat konten melakukan riset kata kunci untuk menemukan kata kunci dengan volume pencarian yang tinggi. Kemudian memasukkan kata kunci tersebut ke dalam konten untuk mengelabui algoritma mesin pencari dan “Voila” mendapatkan peringkat yang tinggi.

Tapi itu semua sudah tidak berfungsi lagi sekarang, karena algoritma Google sudah semakin pintar dan maju.

Loading...

Sekarang Anda akan menemukan lebih banyak metrik dan mempertimbangkan algoritma Google RankBrain, dan SERP aktual.

Google RankBrain

RankBrain adalah komponen algoritme Google yang didasarkan pada kecerdasan buatan. Ia membantu Google untuk memahami maksud di balik kueri penelusuran dan memberikan hasil yang paling relevan berkat sistem pembelajaran mesin.

Kata kunci yang relevan dengan volume pencarian tinggi dan kesulitan kata kunci rendah merupakan kombinasi ideal dari tiga faktor terpenting dalam meneliti keyword.

Beberapa situs menyebutnya The Tripod Rule dalam meneliti kata kunci. Ketiga faktor ini mewakili tiga kaki, jika salah satu kakinya rusak, lemah, atau hilang, maka tripod akan roboh.

the tripod rule

Sayangnya, aturan (rule) ini tidak semudah yang dibayangkan, kita perlu mencari keseimbangan antara faktor-faktor terkait.

Long Tail Keywords vs. Search Volumes

Maksudnya adalah kata kunci panjang vs volume pencarian.

Loading...

Kata kunci panjang memiliki volume pencarian yang lebih rendah tetapi ada banyak peluang untuk Anda mendapatkan peringkat tertinggi. Cari dan temukan long tail keywords, Anda akan melihat potensinya sangat besar.

Pengunjung yang menemukan situs web melalui kata kunci panjang akan terlibat dengan konten lebih banyak dan tingkat konversi mereka lebih tinggi.

Kelemahan kata kunci panjang adalah volume pencariannya. Terkadang, mungkin hanya ada 100 pencarian per bulan. Itulah mengapa Anda perlu menemukan keseimbangan yang tepat dari metrik yang disebutkan di atas.

Keyword Difficulty (Kesulitan Kata Kunci)

Setelah Anda menemukan kata kunci yang ingin Anda optimasi, Anda perlu mengevaluasi seberapa sulitnya. Kesulitan kata kunci adalah metrik yang sangat berguna dan akan sangat membantu kita.

Nilai yang biasa ditunjukkan antara 0 sampai dengan 100. Semakin tinggi nilanya, maka semakin sulit untuk kita mendapatkan peringkat tinggi pada kata kunci tersebut.

Loading...
tingkat kesulitan kata kunci

Ada banyak tools keyword yang tersedia yang memiliki fitur menghitung kesulitan kata kunci. Nilainya sendiri bervariasi, di tool A mungkin kita akan mendapatkan nilai 20, tapi di tool B kita akan mendapati nilai 60 untuk kata kunci yang sama percis.

Ini terjadi karena penghitungannya didasarkan pada metrik dan algoritme yang berbeda.

Search Intent (Maksud Pencarian)

Menganalisis SERP adalah bagian yang sangat penting dalam keyword research. Karena ia akan memberikan dua hal:

  1. Apakah Anda dapat bersaing dengan situs lain di SERP pertama
  2. Maksud pencarian di balik kata kunci yang ingin Anda optimalkan

Dengan melihat hasil peringkat pencarian (SERP), Anda dapat mengidentifikasi apa maksud di balik kueri penelusuran tersebut.

Ketika Anda mencari “resep telur dadar rumahan”, itu artinya Anda mencari informasi, bukan ingin membeli telur dadar.

Loading...

Jadi selalu ingat hal di atas agar Anda tidak salah optimasi kata kunci. Terdapat 4 jenis search intent, yaitu:

  1. Navigational – Mencari situs web / merek tertentu (Contoh: “facebook, twitter, youtube”)
  2. Informational – Mencari informasi umum (Contoh: “belajar seo pemula”)
  3. Transactional – Pengguna ingin membeli sesuatu secara online (Contoh: “jual apple iphone terbaru”)
  4. Commercial – Pengguna melakukan penelitian sebelum membeli (Contoh: “spesifikasi PC after effects”)

Jadi, ketika Anda sedang mengelola blog tentang resep makanan, maka Anda tidak wajib untuk dapat peringkat # 1 pada kata kunci “makanan”.

Link Building (Membangun Tautan)

Apa itu Backlink? Link Building adalah proses mendapatkan tautan dari situs web lain. Dari segi teknis, backlink adalah tautan hypertext yang berfungsi sebagai navigasi antar situs web. Tautan dirayapi oleh mesin pencari yang memungkinkan mereka untuk mengindeks konten suatu situs web.

apa itu backlink

Mengapa Link Building itu Penting?

Perlu Anda ketahui, mesin pencari seperti google menggunakan link untuk menjelajahi situs web baru dan mengatur peringkat keseluruhan situs di SERP. Dengan kata lain, mereka mengeksplorasi konten baru dan menentukan otoritas situs web berdasarkan otoritas yang diberikan dari sumber eksternal.

Ketika Google memperkenalkan PageRank pada 1990-an, jumlah backlink digunakan sebagai metrik penting dari peringkat keseluruhan. Semakin banyak tautan yang Anda peroleh, semakin baik peringkat situs Anda.

Loading...

Itu artinya, link profil sebuah situs web adalah salah satu faktor peringkat yang cukup penting.

Namun hal tersebut sering di salah gunakan. Saat ini, membangun link tidak lagi tentang jumlah backlink, tetapi lebih banyak tentang kualitas dan relevansi link tautan.

Jenis-jenis Backlink

Secara umum backlink terbagi menjadi 2 jenis:

  1. Backlink Do-follow – Link jenis ini memberikan otoritas halaman yang menghubungkan ke halaman yang terhubung. Otoritas ini juga sering disebut dengan “link juice”.
  2. Backlink No-follow – Link jenis ini tidak memberikan poin apa pun ke situs web yang ditautkan. Ia tidak lulus otoritas karena tag HTML rel = “nofollow” yang memberi tahu crawler untuk tidak menghitungnya.
dofollow vs nofollow

Dalam ilustrasi gambar di atas, Situs A menautkan ke Situs B dan Situs C. Tetapi hanya tautan ke Situs B yang lolos “link juice”. Yang satunya lagi memberikan tag no-follow, jadi tidak ada otoritas yang diberikan ke Situs C.

Tautan no-follow sendiri tidak memiliki nilai apapun dari sudut pandang SEO.

Loading...

Anchor Text (Teks Jangkar)

Apa itu Anchor Text? Anchor text adalah bagian hyperlink yang terlihat dan dapat diklik. Ia membantu crawler mengidentifikasi tentang apa dari halaman yang dituju.

Jika ada banyak halaman yang tertaut ke situs Anda dengan anchor text yang relevan, maka hal ini dapat membantu “nge-push” peringkat situs web Anda di search engine.

Tapi hati-hati dalam membangun backlink, meskipun dilakukan dengan cara yang tepat. Kenapa? karena terlalu berlebihan dalam optimasi backlink akan menyebabkan pinalti dari Google.

Jadi, bangunlah backlink secara natural, bertahap, dan tidak over optimization.

Anda harus memperhatikan keseimbangan antara jenis anchor text di bawah:

Loading...
  • Kata kunci dan frasa (“alat SEO”)
  • Merek/Brand (“Adidas”)
  • Istilah bermerek (“Adidas Predator”)
  • Generik Anchor (“page/halaman”)
  • Naked URLs(“apridesain.id”)
  • CTA (call to action) (“klik di sini”,”selengkapnya”)

Selengkapnya silahkan baca cara membuat anchor text.

Aspek Kualitas Backlink

Anda harus tahu bahwa Google mempertimbangkan berbagai aspek kualitas dari referring situs web, di antaranya:

  • Otoritas Domain (Domain Authority )
  • Otoritas Halaman (Page Authority)
  • Metrik kualitas tautan profil lainnya

Ada beberapa metrik oleh Moz dan Majestic SEO yang dapat membantu Anda mengevaluasi / memperkirakan kualitas ini:

  • Moz Page Authority (PA)
  • Moz Domain Authority (DA)
  • Majestic Trust Flow (TF)
  • Majestic Citation Flow (CF)

Semakin tinggi nilainya, semakin tinggi kualitas backlinknya.

Jangan lupakan juga Relevansi dan Link Placement,

Loading...

Relevansi.

Tautan yang merujuk ke situs web harus relevan dengan kontennya. Backlink dari blog dengan topik resep makanan tidak akan berguna bagi Anda jika Anda menulis blog tentang SEO.

Link Placement. (Penempatan Tautan)

Tautan yang ditempatkan di artikel atau bagian utama lebih baik daripada tautan yang diletakan di footer dan sidebar.

Tautan tunggal cenderung lebih berguna ketimbang tautan di seluruh situs. Tautan di seluruh situs muncul di semua halaman situs web, contoh: footer, sidebar, blogroll.

Loading...

Strategi Membangun Link (Link Building)

Membangun backlink berkualitas untuk SEO bukanlah hal yang mudah. Teknik sederhana yang paling sering digunakan seperti tukar-menukar link sudah tidak berfungsi lagi.

Lalu bagaimana caranya? Berikut rangkuman cara membangun backlink berkualitas:

  1. Guest Posting (Penulis Tamu) – Teknik membangun backlink paling populer.
  2. Membuat konten super berkualitas – Agar dapat backlink cuma-cuma & cara ini cukup sulit/lama.
  3. Social Backlinks – Bagikan konten Anda di media sosial, promosikan di Facebook, ikuti diskusi, komentari postingan yang relevan, dan buat koneksi.
  4. Broken link building – Temukan situs web yang link rujukannya rusak (broken) dan berikan konten Anda sebagai gantinya.
  5. PR artikel (Public Relations) – Cara ini tidak gratis, contoh: Aritkel di portal berita seperti Detik.com, Kompas.com, dst.
  6. Membeli Backlink – Membayar blogger lain untuk menulis artikel dan menanamkan backlink ke situs Anda.
  7. Menulis Testimonial – Tulis ulasan produk dengan tautan balik ke situs web Anda.
  8. Backlink Forum – Contoh: Kaskus, Kompasiana, Detik Forum, dst
  9. Black / Grey Hat Teknik – Seperti pembuatan tautan PBN (Private Blog Network).

Black Hat Teknik

Tautan balik berbayar dan tautan PBN (Private Blog Network) adalah cara lain untuk membangun tautan balik, tetapi cara ini dianggap Black Hat Teknik (atau Grey Hat). Google dapat mendeteksi pola ini, dan menghukum situs Anda.

Namun ada banyak juga yang merasakan keberhasilan dari teknik ini. Anda hanya perlu berhati-hati dan memikirkan semua kemungkinan risiko sebelum menerapkan Black Hat Teknik.

Pinalti

Algoritma Google Penguin yang diperbarui pada bulan April tahun 2012 mulai dapat mendeteksi sekaligus memberikan hukuman untuk tautan (link) yang jelek, spam, atau berkualitas rendah.

Loading...
pinalti Google

Namun jangan panik, jika Anda merasa tidak pernah membuat backlink berkualitas rendah berisi spam. Karena Google mampu memahami bahwa tidak semua backlink yang buruk (spam) dibuat dengan sengaja.

Google bisa secara otomatis mengabaikan backlink spam Anda. Atau untuk berhati-hati, Anda bisa menggunakan fitur disavow link yang terdapat di Google Search Console.

Kesimpulan

SEO adalah industri yang sedang berkembang pesat dan ada ratusan sumber daya yang dapat Anda pelajari mulai dari artikel blog, ebooks, infografis, forum, video, hingga kursus berbayar.

Anda bisa pilih yang mana Anda suka.

Pastikan fokus dan jangan setengah-setengah dalam belajar SEO.

Loading...

Di internet terdapat banyak sumber panduan SEO yang mungkin akan membuat kita bingung sebagai pemula. Tapi kami menyarankan Anda untuk membaca artikel pada situs-situs berikut:

  1. Moz
  2. Ahrefs
  3. Semrush
  4. Hubspot
  5. Neil Patel
  6. Brian Dean

Demikian artikel tentang Belajar SEO Pemula ini, semoga bermanfaat dan berikan tanggapan Anda pada kolom komentar di bawah, Good Luck!

Butuh jasa pembuatan website atau jasa seo murah? Hubungi tim kami.

Loading...

Tinggalkan komentar