13 Cara Mudah Menambah Followers Instagram Gratis & Aman

cara tambah followers instagram

Mau tahu cara menambah followers instagram aktif, mudah, aman tanpa aplikasi, dan gratis? Silahkan baca artikel ini sampai selesai, dan harap diingat kuncinya adalah kesabaran.

IG atau instagram adalah layanan media sosial berbagi foto dan video berdurasi pendek yang saat ini telah diakuisisi oleh Facebook, Inc. Instagram dibuat oleh Kevin Systrom dan Mike Krieger, dan diluncurkan pada bulan Oktober tahun 2010 secara eksklusif di iOS.

Hingga 6 bulan kemudian barulah versi untuk perangkat Android diluncurkan.

Aplikasi Instagram memungkinkan penggunanya untuk mengunggah foto dan video, juga dapat diedit dengan berbagai jenis filter. Anda juga bisa menambahkan lokasi hingga tag (hastag).

Tingginya Minat dan Pengguna Instagram

Tingginya minat serta pengguna instagram dapat dilihat dari catatan business.instagram.com, bahwa ada sekitar:

  1. Satu miliar pengguna aktif.
  2. 500 juta lebih pengguna aktif harian.
  3. 4,2 miliar likes /hari di instagram.
  4. 400 juta lebih Instagram Stories /hari.

Oleh karena itu, berdasarkan data di atas, kini Instagram menjadi media sosial yang paling banyak diminati masyarakat.

Apakah itu untuk hanya sekedar eksis, atau berbagai momen dengan sanak saudara, hingga mempromosikan suatau produk/bisnis.

Tapi nyatanya, bukan hanya sekedar berbagai momen dalam bentuk foto dan video. Instagram juga berhasil membuat para pengguna menjadi “pecandu” terhadap kepemilikan jumlah followers yang banyak dengan tujuannya masing-masing.

Mengapa Butuh Followers?

Terdapat puluhan alasan, mungkin juga ratusan, mengapa Anda butuh followers Instagram yang banyak.

Alasan pertama adalah:

#1 Eksis (Sosialita)

Bagi Anda jumlah followers yang sedikit adalah sebuah status yang “buruk”. Sehingga Anda menginginkan followers yang banyak untuk sekedar show-off kepada followers lainnya atau teman-teman Anda.

Atau mungkin sekedar menunjukan bahwa Anda adalah artis dunia maya dan mencoba mencari rezeki dari aplikasi berbagai foto ini.

Mencari rezeki? Ya, benar sekali! Mencari rezeki dengan memanfaatkan endorsement. Coba bayangkan setiap satu foto/video pendek yang Anda unggah dapat bernilai jutaan hingga puluhan juta.

Bisa kaya dalam satu unggahan saja. 😀

#2 Berjualan (Olshop)

Dulu kegiatan promosi dan marketing dilakukan secara offline (konvensional). Kini di era digital, media sosial seperti Instagram dapat dijadikan alat untuk kegiatan promosi dan pemasaran yang efektif, efisien, dan juga mudah.

Tidak sedikit akun-akun olshop yang berjualan di IG, mereka ingin mendapatkan followers banyak agar penjualannya meningkat dan juga menjaga agar pengguna kembali membeli produk dari mereka dan menjadi langganan.

#3 Branding Perusahaan, Bisnis, hingga Produk

Di poin ke tiga ini mirip dengan poin ke dua, hanya saja ruang lingkupnya lebih luas dari hanya sekedar meningkatkan penjualan.

Sebagai perusahaan besar, mungkin Anda akan menggunakan Instagram sebagai alat branding, alat berbagi informasi terbaru seputar bisnis Anda, dan bisa juga sebagai alat promosi dan penjualan seperti di poin ke dua.

Dengan begitu Anda dapat membangun ikatan yang kuat antara pelanggan/klien Anda dengan brand Anda. Dan ketika branding Anda berhasil dan terjaga, maka semua orang akan mengingat Anda. Contoh branding yang baik dan masih dijadikan panutan adalah branding Apple, Inc.

Berbicara menambah followers instagram, apakah followers Anda sudah banyak, cukup atau malah sedikit?

Jika sedikit, maka kami akan memberikan beberapa tips untuk Anda tentang bagaimana cara menambah followers Instagram gratis, cepat, dan aman.

Berikut cara-caranya:

1. Jangan Private Akun Instagram Anda

Private Instagram
Private Instagram. Sumber: howtogeek

Sebelum yang pertama adalah Anda harus memiliki akun Instagram terlebih dahulu. Percuma tips-tips ini dilakukan jika tanpa akun Instagram. 😀

Jadi, cara yang pertama adalah jangan mencoba untuk memprivasi akun Anda. Karena secara tidak langsung hal itu mengartikan Anda tidak ingin orang-orang “asing” untuk melihat feed postingan Anda.

Selain itu waktu yang ditunggu oleh calon followers Anda bisa jadi akan cukup lama dan malah membuat mereka membatalkan niatnya.

Dengan tidak mem-private, maka besar peluang postingan Anda mendapatkan banyak loved, komentar, hingga follower-follower baru berdatangan.

Dan juga memperbesar kemungkinan untuk tampil di top explorer pencarian Instagram.

2. Unggah Konten Berkualitas dan Rutin

Rutin di sini maksudnya adalah terjadwal dengan apik, bukan berarti harus mengunggah konten setiap waktu, jam, menit, bahkan detik. 😀

Buatlah konten Instagram dalam bentuk gambar, foto, video yang berkualitas, bermanfaat, menarik dan tampil dengan resolusi yang baik.

Mungkin contohnya adalah seperti konten tips kesehatan di bawah ini.

Konten Instagram
Contoh Konten Instagram Tips Kesehatan.

3. Jangan Mengunggah Konten berbau Sara, Bully, atau Trash Content

Konten Sampah
Konten Sampah, Sara, dst. Sumber: denvergov

Perhatikan dan coba dicek terlebih dahulu sebelum mengunggah konten Anda, khawatir konten yang akan diunggah mengandung unsur sara, rasis, dan seterusnya.

Karena jika sudah diunggah, kemungkinan besar Anda tidak akan mendapatkan followers baru. Dan mungkin saja malah Anda kehilangan followers dan diblokir atau bahkan di-report.

Lebih parahnya lagi jadi viral, namun dalam hal yang buruk. Bukannya mendapatkan untung malah akun di-suspend oleh pihak Instagram.

4. Follow Akun Baru

Coba cari akun-akun baru, caranya dengan mengunjungi akun orang terkenal bisa presiden hingga artis. Kemudian pilih tab followers mereka, karena umumnya followers baru akan muncul di paling atas.

Setelah itu mulai mem-follow akun-akun tersebut 5-15 akun dengan jeda waktu sekitar 2 menit hingga 10 menit, kenapa? Hal ini untuk menghindari spam activities yang Anda lakukan.

Jika spam terdeteksi, maka akun Anda bisa saja di suspend sementara, atau bahkan di banned untuk selamanya.

5. Follow Akun Terkenal

Akun Instagram. Sumber: Instagram

Cara ini mirip dengan poin nomor 2, hanya saja di sini Anda tidak perlu mencari akun baru untuk di follow. Melainkan dengan mem-follow si akun orang, perusahaan terkenal itu sendiri.

Caranya adalah klik follow akun orang terkenal tersebut, misalnya presiden, kemudian klik loved salah satu postingan mereka atau bisa juga kirimkan komentar.

Cepat atau lambat (sekitar 5 menit sampai 12 jam) maka akan ada 1-2 follower baru yang mem-follow Anda. Namun biasanya si follower baru tersebut juga hanya melakukan trik. Jadi, saran kami diamkan saja, jangan difollow kembali. 😀

6. Trik Follow dan UnFollow

Hampir sama 11-12 dengan poin 2 dan 3. Caranya adalah dengan melakukan repitisi follow dan unfollow akun-akun tersebut dengan jeda waktu minimal 2 menit (bisa dikira-kira sendiri).

Jeda waktu ini dilakukan untuk menghindari spam acitivities seperti yang telah disebutkan sebelumnya. Jika akun yang Anda follow masih tidak bergeming untuk follow back, maka saatnya untuk melupakannya dan mencoba cari “mangsa baru”.

7. Rutin Mengunggah Konten

Mengunggah konten rutin
Rutin Unggah Konten. Sumber: picmonkey

Meskipun kami letakkan di nomor tujuh dan menjadi pelengkap poin nomor 2, tapi tips yang satu ini benar-benar aman dan lebih natural. Hanya perlu rutin mengunggah konten berkualitas, maka seiring waktu followers juga akan berdatangan dengan perlahan namun pasti.

Anda bisa mengunggah konten pada jam-jam yang padat user Instagram sedang “berselancar jempol”. Contohnya adalah:

  1. Jam-jam ketika bangun pagi hari
  2. Jam makan siang
  3. Jam pulang kantor
  4. Hingga jam-jam sebelum tidur.

8. Tuliskan Caption Menarik

Caption menarik
Caption Menarik. Sumber: pinterest

Caption adalah refleksi siapa Anda. Anda memiliki akun motivasi, maka captionnya adalah tentang motivasi. Semuanya dapat disesuaikan dengan niche akun Instagram Anda.

Anda bisa membuat caption dengan pertanyaan setelah kata-kata bijak agar users tergugah untuk melakukan komentar, loved, dst.

Jangan lupa untuk cek ulang tulisan Anda, karena tulisan yang typo itu sangat tidak profesional ketika dilihat.

9. Tambahkan Hastag

Gunakan hastag yang sesuai.

Serupa dengan caption, hastag (tagar) adalah hal yang cukup penting untuk memperluas jaringan followers Anda. Dengan hastag Anda dapat membuat orang lain mudah menemukan konten-konten Anda.

Tapi ingat, jangan terlalu over, pilihlah hastag yang sesuai dengan postingan Anda. Batas maksimal dari hastag adalah 30. Anda bisa menuliskan hastag di caption ataupun di kolom komentar postingan Anda sendiri.

10. Trik Folow, Like, dan Komen akun yang serupa

Jangan takut jika menemukan akun yang mirip, karena mereka bisa menjadi follower baru Anda dan memperluas branding akun Instagram Anda atau malah menjadi rekan bisnis.

Caranya adalah dengan memfollow akun mereka, loved beberapa foto mereka, dan tuliskan komentar yang bersahabat. Hal ini dapat menunjukkan ketertarikan Anda pada akun tersebut.

Jika mereka sedang online, maka mereka akan memfollow balik akun IG Anda, like, dan memberikan komentar kembali.

Bagaimana klo tidak follow back?

Seperti yang sudah dituliskan di atas, Anda bisa unfollow akun mereka, atau dibiarkan tetap memfollow.

11. Rapihkan Tampilan Profil Instagram Anda

Tata letak Instagram
Layout profile. Sumber: wordstream

Secara alamiah manusia memiliki sifat menyesuaikan diri, namun tidak berlaku di Instagram. Karena Anda pasti ingin tampil menonjol dan berbeda.

Bagaimana caranya?

Aturlah konten Anda sedemikian rupa, buatlah unggahan yang tertata rapih. Dengan begitu mata-mata pengguna akan dimanjakan dan menganggap akun Anda benar-benar berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai contoh, Anda bisa lihat akun instagram di atas tadi.

12. Target Lokal

Lokal target
Map Jakarta. Sumber: Google Map

Cobalah buat postingan tentang kota atau lokasi tertentu, kemudian tambahkan add place di tab places. Jangan lupa untuk menambahkan hastag yang sesuai dengan postingan tempat tadi.

13. Berpartisipasi dalam Obrolan dengan Akun-Akun Terkenal

Obrolan dengan akun terkenal
Obrolan dengan Akun Resmi / Terkenal. Sumber: Boombastis

Usahakan pada setiap postingan untuk menggunakan campuran hastag yang relevan dengan topik yang sedang hangat (viral). Untuk target bisa disesuaikan berdasarkan topik akun IG Anda, lokasi, hingga target pasar Anda (Tua, muda, pria, wanita).

Bisa juga menambahkan hastag yang lebih spesifik atau hastag yang trending secara global seperti #love, #tbt, #instagood, dst.

Penutup

Demikianlah 11 cara yang bisa dilakukan untuk menambah jumlah followers Instagram Anda. Cara di atas adalah cara organik meskipun sedikit tricky, tentu saja gratis, dan aman jika Anda tidak terlalu over.

Namun, cara di atas membutuhkan kesabaran. Semuanya tidak akan berhasil tanpa kesabaran.

Kenapa? Karena jika baru saja 1 hari Anda melakukannya dan menyerah, maka selesai sudah cara-cara di atas.

Selamat mencobanya, semoga bermanfaat, jika Anda memiliki tips lainnya silahkan beritahu kami di kolom komentar.

Dan apabila Anda membutuhkan desain konten instagram yang berkualitas, unik, dan kreatif, maka Anda bisa mendapatkanya di sini.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *