Pengertian Grafika, Tujuan, dan Contoh Produk Grafika

Apa itu grafika? Apa saja contoh-contoh produk dari grafika?

Memang, kata grafika ini terdengar asing bagi sebagian orang. Namun, sadarkah kita bahwa kata grafika ini sering kita ucap, dengar, dan bahkan produknya sering kita lihat.

Grafika lebih dari sekedar istilah yang asing saja, namun ia merupakan representasi visual yang apik untuk menyampaikan informasi secara jelas.

Mau tahu lebih lengkap mengenai apa itu grafika ini? Silakan baca tulisan ini sampai selesai agar pengetahuan kita semakin bertambah!

Baca juga: Jenis-jenis Desain Grafis

Apa itu Grafika?

pengertian grafika

Pengertian grafika adalah suatu istilah yang diperuntukkan dalam representasi visual dari sebuah informasi, pesan, pikiran, hingga perasaan.

Grafika juga sering disebut dengan sebutan grafis. Jadi, grafika dan grafis adalah dua hal yang sama, hanya berbeda dalam penyebutan saja.

Mengutip Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti dari kata grafika adalah ilmu dari cetak-mencetak pada kertas atau logam.

Setiap cara ungkap dan perwujudan dari bentuk huruf, tanda, dan gambar yang dicetak untuk diperbanyak kemudian disebarkan kepada khalayak luas.

Penggunaan kata grafika sendiri didasari atas serapan kata Bahasa Inggris, yaitu graphic.

Studi yang mempelajari bidang ini adalah teknik grafika.

Teknik grafika adalah sebuah program studi yang mempelajari teknologi desain beserta metode-metodenya yang nantinya akan digunakan dalam pembuatannya gambar, baik di gambar 2D (2 Dimensi) maupun gambar 3D (3 Dimensi).

Baca juga: Tren Desain Grafis Terbaru

Tujuan Grafika

Selanjutnya kita akan membahas mengenai tujuan dari grafika bagi kehidupan manusia. Apa saja fungsinya? Mari kita mulai dari yang pertama, jangan lupa dicatat ya!

1. Sebagai Sarana Penyampaian Informasi

Kita bisa menyampaikan suatu informasi melalui berbagai macam hal, misalnya secara tekstual, audio, audio visual, hingga gabungan antara tekstual dan visual, nah inilah esensi dari grafika.

Menampilkan informasi teks dengan memadukan desain di dalamnya.

Tidak hanya elemen gambar, shape (bentuk), atau garis, teks juga bisa kita buat sedemikian rupa agar tampilannya menarik, mudah dibaca dan kontras (tidak tersembunyi).

Dengan grafika, informasi yang ingin teman-teman sampaikan akan terlihat lebih memukau, indah, dan tertata rapi.

Apabila informasinya jelas dan tampilannya memukau, maka kredibilitas Anda kemungkinan akan meningkat dan dipercaya oleh audiens.

2. Memperindah Visual Produk

Tujuan dari grafika yang selanjutnya adalah untuk memperindah visual dari suatu produk.

Visual sendiri bukan hanya tentang gambar yang dapat dilihat, tetapi juga tentang komunikasi. Oleh karena itu ada cabang ilmu khusus yang bernama desain komunikasi visual (DKV).

Dengan tampilan visual yang bagus, indah, menarik, dan dapat menyampaikan suatu pesan, maka atensi audiens dapat diraih dan dapat memengaruhi persepsi mereka terkait visual produk yang terlihat.

3. Meningkatkan Value Produk

Produk yang baik adalah produk yang rasanya lezat (jika makanan) dan fungsinya dapat bekerja dengan baik (jika berupa alat).

Tapi jangan berhenti di situ saja, sebab value (nilai) dari sebuah produk dapat meningkat jika Anda merencanakan dan menerapkan desain visual yang baik, tepat, dan menarik.

Selain penampakannya yang apik, informasinya juga harus jelas tersampaikan kepada audiens atau calon pelanggan bisnis Anda.

Ketiga tujuan ini saling berkaitan erat satu sama lain.

Baca juga: Istilah Desain Grafis yang Mungkin Belum Anda Tahu

Berbagai Contoh Produk Grafika

gambar koran sebagai salah satu produk grafika

Berikut adalah macam-macam contoh produk yang dihasilkan oleh grafika, yaitu:

  1. Spanduk atau baner atau baliho.
  2. Desain kartu nama.
  3. Cap stempel.
  4. Desain kaos.
  5. Uang kertas.
  6. Pakaian dengan motif bergambar.
  7. Poster.
  8. Flyer atau pamflet.
  9. Majalah dan koran.
  10. Katalog.
  11. Company profile.
  12. Iklan produk (baik digital maupun cetak).
  13. Kemasan produk makanan dan minuman.
  14. Kemasan produk non-makanan dan minuman.
  15. Kartu undangan dan ucapan.
  16. Desain logo.
  17. Materai.
  18. Kain sablon.
  19. Fotografi.
  20. Digital printing (percetakan digital).

Apakah ada yang kurang atau keliru dari daftar contoh produknya di atas? Jika ada, silakan tuliskan tanggapan teman-teman di kolom komentar.

FAQ (Frequently Asked Questions)

Pertanyaan: Apa yang dimaksud dengan teknik grafika?

Jawaban: Teknik grafika merupakan suatu program studi teknik yang fokus kepada bidang cetak-mencetak.

Pertanyaan: Lulusan teknik grafika bisa jadi apa?

Jawaban: Lulusan jurusan ini bisa bekerja sebagai publisher (penerbit), biro iklan, humas, penyedia layanan produksi cetak, dan tentunya wirausaha.

Penutup

Kesimpulannya, grafika dan grafis adalah dua kata yang berbeda dengan definisi yang sama.

Yaitu mengenai representasi visual pada sebuah permukaan seperti kanvas, kertas, computer screen (layar komputer) hingga tembok yang bertujuan untuk memberi informasi, tanda, ilustrasi,  hingga untuk keperluan entertainment (hiburan).

Produk dari grafika sering kita jumpai di kehidupan kita sehari-hari mulai dari spanduk iklan, poster, sampul buku, hingga media cetak seperti koran.

Demikianlah artikel tentang pengertian grafika, jenis, fungsi atau tujuan, dan contoh produknya ini. Jika Anda memiliki pertanyaan, silakan tuliskan di kolom komentar di bawah atau hubungi kami di halaman ini.

Sumber:

https://www.merriam-webster.com/dictionary/graphic

Tinggalkan komentar