Cari Tahu Rahasia dari Manfaat SEO untuk Bisnis dan Website

Pada tulisan kali ini kami akan coba membongkar beberapa manfaat seo untuk website bisnis secara lengkap.

Baik secara umum, mulai dari aspek bisnis, aspek branding, omset, hingga dari sisi profit sebuah usaha.

Intinya SEO ini bisa menjadi strategi yang sangat jitu ketika Anda akan memulai usaha digital ataupun usaha konvensional yang di online-kan.

Penasaran apa saja manfaat SEO ini? Mari kita ulas secara tuntas pada artikel ini, yuk baca sampai akhir.

Baca juga: Praktik Terbaik untuk Memilih Nama Domain untuk Website Bisnis

Definisi SEO Ringkas

Kali ini kami akan mencoba menjelaskan definisi SEO ringkasnya, untuk bahasan lengkap silahkan baca artikel panduan belajar SEO untuk pemula ini.

Baik, kita lanjut.

SEO merupakan teknik untuk menjadikan sebuah website (situs web) atau halaman web bisa tampil di halaman satu Google.

Teknik SEO harus dilakukan dengan mengikuti pedoman-pedoman rekomendasi dari mesin pencari seperti Google, Bing, atau pakar SEO yang profesional.

Jadi, SEO bukanlah “pengetahuan” tanpa panduan, melainkan memiliki aturan / panduan yang sudah ada dari masing-masing search engine (mesin pencari).

Baca juga: Manfaat Website bagi Perusahaan, UKM dan UMKM, Tingkatkan Omset!

Manfaat SEO Secara Umum

Apabila Anda ingin mendapatkan brand awareness (kesadaran merek) dalam jangka panjang, maka SEO adalah jawabannya.

Selain brand awareness, manfaat seo pada website secara umum adalah bisa memperluas jangkauan audiens dan meningkatkan pengunjung situs web.

Sedangkan manfaat SEO untuk bisnis salah satunya ialah mendapatkan calon pembeli, leads (prospek), hingga meningkatkan omset melalui SEO.

Bisnis apa yang akan mendapatkan manfaat SEO ini? Tentunya bisnis yang sudah memiliki website.

Karena tanpa website, maka SEO itu tidak akan ada.

Baca juga: Pengertian Backlink, Cara Membuatnya dan Fungsinya bagi Website

Daftar Manfaat SEO pada Website Bisnis

manfaat seo untuk website bisnis
Manfaat SEO untuk Bisnis

Tanpa Biaya Alias Gratis

Gratis? Benarkah? Ya 100%, gratis yang dimaksud ialah gratis tanpa perlu bayar iklan ke Google untuk dapat tampil di halaman satu.

Coba bayangkan, jika situs web Anda ada di halaman satu Google.

Kemudian mendapatkan trafik (pengunjung) berkualitas dari Google atau mesin pencari lainnya secara cuma-cuma alias gratis.

Selain memperbesar peluang mendapatkan pembeli dan klien, Anda juga meningkatkan peluang dalam menekan biaya digital marketing (pemasaran digital).

Jadi Anda bisa lebih hemat dan mengalokasikan uang yang ada ke hal lain, misalnya untuk mengembangkan pemasaran digital di media sosial.

Baca juga: Penjelasan Google: Kenapa Situs dengan Praktik SEO Buruk Dapat Peringkat Tinggi

Merupakan Investasi Jangka Panjang

Bukan cuma saham ataupun emas, SEO (search engine optimization) merupakan salah satu jenis investasi, namun dalam hal pemasaran digital.

Dan SEO ini merupakan investasi jangka panjang sama halnya dengan investasi emas.

Apabila emas tidak mendatangkan hasil dalam waktu singkat, maka SEO pun seperti itu.

SEO akan memberikan dampak positifnya perlahan, namun ketahanannya bisa sangat lama atau long life.

Untuk memudahkan Anda, kami akan memberikan contohnya:

Iklan Digital vs SEO.

Dengan iklan digital, situs web Anda akan selalu tampil selama Anda mengeluarkan biaya iklan Google, dan jika tidak bayar, maka situs web Anda tidak tampil.

Sedangkan dengan SEO situs web Anda bisa selalu tampil hingga bertahun-tahun tanpa selalu membayar Google.

Sama seperti poin nomor satu yaitu hemat, ditambah dengan keuntungan tampil di halaman satu lebih lama.

Baca juga: Adakah Perbedaan SEO, SEM, SEA, SMO, SMM, & SMA?

Membangun Kepercayaan dan Kredibilitas Bisnis

Sadar atau tidak, situs web dengan peringkat tinggi di mesin pencari umumnya audiens akan menganggap jika situs web tersebut berkualitas dan terpercaya oleh mesin pencari.

Oleh karena itu, secara perlahan dan konsisten SEO mampu meningkatkan kredibilitas usaha bisnis Anda.

Maka berikanlah pengalaman terbaik bagi audiens Anda mulai dari pembuatan konten, kecepatan situs, riset keyword (kata kunci) agar situs Anda mendapat ranking yang lebih tinggi lagi.

Baca juga: Apa itu Anchor Text? 6 Jenis dan Cara Membuatnya

Membantu Menjaring Lebih Banyak Audiens / Sales

Sekarang merupakan zamannya era digital, di mana hampir semua hal dapat kita lakukan secara online, termasuk menjaring calon pembeli atau klien.

SEO sendiri salah satu teknik pemasaran digital yang dilakukan untuk situs web, dan situs web juga bagian dari era digital ini.

Memilih untuk tidak membuat website dan tidak menerapkan SEO, maka bisnis Anda kehilangan kesempatan untuk ikut coba dapat keuntungan di era digital.

Melalui perantara SEO, Anda berpeluang lebih besar untuk mendapatkan banyak sales (penjualan) dari pembeli online.

Itu artinya semakin banyak penjualan, maka omset dan profit bersih bisa menjadi berlipat ketimbang hanya mengandalkan penjualan offline.

Buktinya di salah satu kabar berita Liputan 6 transaksi online kini mengalami peningkatan tren. Dalam tersebut dikutip bahwa:

“Riset dari Adobe menunjukkan bahwa sepanjang tahun 2021 nilai transaksi di E-Commerce global diprediksi mencapai Rp 60.900 triliun.”

Nilai yang sangat fantastis bukan?

Baca juga: Apa Perbedaan Branding dan Marketing? Beserta Pengertiannya

Mendapatkan Trafik yang Berkualitas

Salah satu manfaat SEO adalah inbound marketing strategy (strategi pemasaran masuk).

Tidak seperti periklanan tradisional yang menjemput konsumen langsung di lapangan (jemput bola), kemudian mengajak apakah mereka ingin membelinya atau tidak.

Cara pemasaran tradisional seperti panggilan telepon, email, dan selebaran iklan dilakukan semata-mata dengan mempertimbangkan tujuan pengiklan.

Dan banyak konsumen yang menganggap cara ini adalah cara yang menyebalkan.

Sedangkan SEO menjadi metode inbound marketing yang berfokus pada memudahkan audiens dalam menemukan bisnis Anda ketika mereka mencari informasi.

Itu artinya mereka langsung mencarinya ketika mereka menginginkan sesuatu untuk dibeli.

Sederhananya search engine (mesin pencari) adalah perumpamaan dari mall, ketika calon klien / pembeli butuh, maka mereka akan mendatanginya.

Disitulah letak keunggulan SEO yang membuat website bisnis Anda tampil lebih terdepan dan mudah ditemukan oleh para calon pembeli.

Baca juga: Apa itu Platform: 8 Jenis & Contohnya

Mendukung Pemasaran Konten

Apakah Anda tahu? Bahwa SEO dan pemasaran konten adalah strategi pemasaran digital yang saling bekerja sama?

Pembuatan konten seperti artikel blog, gambar infografik, podcast dan video akan semakin bermanfaat dan tertarget dengan penerapan SEO.

Dengan SEO semua jenis content marketing (pemasaran konten) Anda mampu mendapat peringkat tinggi di hasil pencarian search engine.

Namun pastikan konten Anda berkualitas, mengikuti pedoman Google SEO,  E-A-T, YMYL, users intent dan dioptimalkan untuk kata kunci yang ingin Anda ranking.

Jangan lupakan juga bahwa mesin pencari menyukai konten yang fresh (segar / baru), maka dari itu perbarui konten Anda secara berkala.

Baca juga: Pengertian Iklan, Jenis dan Contohnya

Memaksimalkan Iklan PPC (Biaya per Klik)

Seperti yang sudah disinggung di atas bahwa SEO adalah strategi pemasaran organik (trafik gratis).

Oleh sebab itu SEO ini bisa bekerja sama dengan iklan berbayar PPC (Pay Per Click) untuk mendatangkan hasil pemasaran online yang lebih efektif.

Dengan PPC, situs web Anda dapat tampil di bagian atas mesin pencari dengan biaya yang bervariasi, sementara SEO mendatangkan trafik secara organik.

Apabila Anda menerapkan kedua strategi ini, maka peluang kredibilitas website bisnis Anda semakin meningkat.

Selain itu juga Anda bisa memaksimalkan potensi iklan PPC dengan SEO, apalagi jika halaman website itu sudah mendapatkan peringkat tinggi.

Hal ini bisa menekan biaya PPC tadi menjadi lebih murah, sangat menarik bukan?

Baca juga: Mengulas Fungsi dan Contoh Company Profile

Menjadikan Bisnis Anda Lebih Kompetitif

Para kompetitor bisnis Anda kemungkinan besar sudah berinvestasi di SEO, itu artinya Anda juga harus melakukan hal yang sama.

Jika tidak, maka bisnis Anda akan tertinggal 1 – 2 langkah oleh pesaing bisnis.

Kompetitor Anda menggunakan SEO untuk dapat unggul dalam persaingan di hasil mesin pencari dan menjaring pangsa pasar online yang luas.

Selain untuk menyaingi kompetitor, Anda juga perlu melakukan analisis kelebihan serta kekurangan pesaing bisnis supaya Anda bisa mendapat brand position yang tepat di mesin pencari.

Selain brand position ada juga brand voice, yang mana merupakan persepsi dari para calon klien dan pembeli.

Utamakan fokus website bisnis Anda ke user first alias user experience (pengalaman pengguna), baru kemudian optimalkan dari sisi search engine (mesin pencari).

Salah satu contohnya situs web dapat dimuat dengan cepat, mobile-friendly, dan membuat konten sebaik mungkin sesuai user intent.

Baca juga: Fungsi Logo bagi Perusahaan

Meningkatkan Pencarian Bisnis Anda di Lokasi Lokal

Manfaat SEO selanjutnya adalah mengoptimalkan local search (pencarian lokal), maksudnya adalah pencarian layanan atau produk di lokasi bisnis Anda.

Pencarian lokal seperti “jasa pembuatan website terdekat” menjadi lebih umum dan mudah kita temui.

Faktanya, hampir 80% penelusuran lokal melalui telepon pintar sanggup menghasilkan konversi.

Strategi SEO lokal dapat membantu Anda mendatangkan para pencari yang sering kali siap untuk membeli sebuah layanan jasa maupun produk. 

Langkah pertama untuk memulai strategi SEO lokal adalah dengan membuat akun Google My Business (Google Bisnisku).

Kemudian, mulailah meminta ulasan dari klien Anda dengan sopan tanpa memaksa.

Optimalkan profil Google Bisnisku Anda dengan memasukan alamat usaha yang real, nomor telepon, email, hingga penamaan yang sesuai.

Anda juga bisa memasukan katalog produk di Google Bisnisku.

Baca juga: Pengertian Apa itu Branded?

Penutup

Sekali lagi, SEO memiliki manfaat yang besar untuk situs web dan dapat mengarah pada pertumbuhan bisnis dalam jangka panjang.

Sebuah brand (merek) yang berinvestasi dalam SEO bisa membangun kredibilitas dan kepercayaan dengan audiens, serta menjadikan SEO bagian penting dari strategi pemasaran digital.

Jadi, itulah ulasan lengkap tentang manfaat SEO untuk website bisnis, semoga kita menjadi lebih tahu seputar apa saja benefit yang ada.

Terakhir, jangan lupa terapkan SEO pada website bisnis Anda. Good luck!

Sumber:

Forbes

Crazyegg

Tinggalkan komentar