Apa itu Brosur? Yuk Baca Pengertiannya dan Contohnya di sini

Di tengah gencarnya promosi dan pemasaran digital yang lagi hype, ternyata peminat brosur masih cukup tinggi, baik untuk usaha online maupun usaha offline.

Apakah usaha online butuh brochure (brosur)? Ya tentu, setidaknya desain brosur yang dapat disebarkan secara digital pula.

Contohnya untuk postingan Instagram, postingan Facebook, hingga unggahan WhatsApp Story atau bisa juga dalam bentuk ekstensi PDF yang dapat diunduh.

Jika bisnis online atau digital saja masih memakai brosur, apalagi usaha konvensional bukan?

Apakah ia efektif untuk promosi?

Yap, brosur cukup efektif untuk menjaring calon pelanggan, agar mereka memahami produk atau jasa yang dijual lebih dalam sebelum bertemu dengan sales atau berkunjung ke toko.

Silahkan lihat infografik di bawah ini:

infografik brosur adalah
Infografik Brochure

Baca juga: Apa itu Flyer? Definisi, Contoh dan Cara Membuatnya

Apa itu Brosur?

Pengertian brosur adalah sebuah buku kecil atau majalah yang berisi gambar dan informasi tentang suatu produk atau jasa. (Oxford Languages).

Dalam bahasa inggris ia disebut brochure.

Jika disederhanakan, brosur merupakan media promosi cetak yang digunakan untuk memberikan gambaran besar dari sebuah produk barang dan jasa.

Di dalamnya terdapat informasi atau data yang dipresentasikan agar calon pembeli mengetahui nilai lebih dari produk yang ditawarkan.

Apa saja Fungsi Brosur?

Bukan hanya didesain, dibuat, kemudian dicetak, brochure ini memiliki fungsi tersendiri.

Fungsi brosur sendiri adalah sebagai alat promosi sekaligus pemasaran dengan maksud dan tujuan agar informasi yang ada mampu dipahami oleh masyarakat sebagai calon pembeli.

Jika Anda ingin membuat brochure design, pastikan isi informasi di dalamnya adalah fakta dan nyata alias tidak bohong ataupun berlebihan.

Karena Anda tidak menjual kata-kata, melainkan produk nyata yang dapat dipergunakan oleh pelanggan.

Pastikan juga desainnya dibuat menarik dengan pemilihan jenis font yang tepat serta tata letak yang jelas agar si pembaca tidak merasa kebingungan.

Baca juga: Mau Desain Hoodie Sendiri? Yuk Cek Aplikasinya

Rangkuman Beberapa Manfaat Brosur

Karena ia merupakan salah satu media promosi, maka manfaat yang bisa dapat oleh pelaku bisnis ataupun organisasi / instansi ialah sebagai berikut:

  1. Dapat dibuat dengan mudah, Anda bisa membuatnya gratis menggunakan aplikasi Canva, Inkscape, Gimp, hingga Pixelab.
  2. Kedua, bisa diatur dan dibuat sesuai dengan selera si pembuat, tapi jangan lupakan target pembaca karena merekalah calon prospek Anda.
  3. Efisien ke-1, karena bisa di bawa kemana-mana menggunakan tas, baik tas berukuran medium dan kecil tergantung ukurannya.
  4. Efisien ke-2, dapat dicetak dalam jumlah besar dalam sekali proses. Anda bisa menggunakan printer warnet atau bisa mendatangi percetakan terdekat.
  5. Efisien ke-3, bukan hanya bisa disebarkan secara online, ia juga bisa disebarkan daring (dalam jaringan) via PDF yang dapat di-download, via email, media sosial, hingga lewat aplikasi pesan instant seperti WhatsApp.
  6. Keenam, efektif karena bisa menjaring banyak orang sekali kirim atau sebar.
  7. Mampu mendatangkan calon pelanggan / prospek setelah disebarkan secara luas.
  8. Mengkonversi pembeli setelah calon prospek diberikan edukasi lebih lanjut terkait produk yang ditawarkan.
  9. Selain mudah tentunya juga hemat, hasil riset sederhana tim kami di Internet, biaya cetaknya mulai dari 300 Rupiah saja.
  10. Tidak kadaluwarsa, Anda bisa menggunakan brochure dikemudian hari tanpa takut rusak selama disimpan ditempat yang aman.

Baca juga: Definisi dan Contoh Desain Grafis

Ciri-ciri Brosur

Kita tahu setiap hal mempunyai ciri dan karakteristik yang berbeda-beda, dan termasuk brosur pun begitu.

Ia memiliki ciri khusus dari media promosi yan lainnya, ciri-ciri brochure antara lain:

  1. Dibuat dengan tujuan untuk menginformasikan produk secara luas kepada masyarakat.
  2. Terdapat pesan inti (tunggal) yang ditulis di dalamnya.
  3. Dibuat dengan desain yang menarik supaya mampu menyedot perhatian mata pembaca tanpa kehilangan esensi tujuannya.
  4. Cukup satu kali penerbitan.
  5. Dibuat dan didistribusikan tunggal oleh perusahaannya sendiri.

Jenis-jenis Brosur

Terdapat tiga jenis yang umumnya dipakai, yaitu:

  1. Jenis Brosur tanpa lipatan (no fold).
  2. Jenis Brosur dua lipatan (two fold).
  3. Jenis Brosur tiga lipatan (three fold).

Ukuran Paper Cetak Brosur

Jika kita berpatokan pada usaha percetakan, maka setidaknya terdapat tiga tipe ukuran kertas yang digunakan untuk mencetak:

  1. Size A3 (29,7 cm x42 cm Potrait).
  2. Size A4 (21 cm x 29,7 cm Potrait).
  3. Size A5 (14,8 cm x 21 cm Potrait).
  4. Size A6 (10,5 cm x 14,8 cm Potrait).

Intinya dibuat dalam ukuran kecil hingga sedang.

Baca juga: Fungsi Company Profile

Daftar Jenis Kertas untuk Cetak Brosur

Setelah membuat desain dan memilih ukuran, sekarang saatnya memilih jenis kertas untuk mencetak. Apa saja, yuk cek daftar di bawah ini:

  1. Kertas HVS.
  2. Kertas Art Paper.
  3. Kertas Berwarna.
  4. Kertas Warna Hitam dan Putih.

Perbedaan Pamflet dengan Brosur

Apa sih bedanya? Pertama, Pamflet digunakan untuk promosi non-komersial, sedangkan brosur digunakan untuk mengiklankan produk dan layanan jasa.

Kedua, ia juga biasanya memiliki lebih banyak halaman dan gambar. Pamflet dapat memiliki beberapa halaman, tetapi umumnya berisi lebih sedikit halaman dan lebih banyak kata daripada gambar untuk menginformasikan pembaca.

Baca juga: Jenis-jenis Desain Logo

Cara Membuat Desain Brosur

Cara termudah untuk bikin brochure itu dengan menggunakan Canva. Kenapa Canva? Karena banyak templatnya dan gratis untuk sebagian templat. Ikuti langkah caranya sebagai berikut:

  1. Buka Aplikasi Canva di hp Android atau iPhone atau buka situs Canva.
  2. Cari dan pilih jenis desain “brochure”.
  3. Cari dan pilih templat yang tersedia di library Canva.
  4. Cari dan pilih elemen grafis seperti logo, frame, ikon, hingga gambar.
  5. Atau Anda bisa unggah gambar sendiri.
  6. Susun dan rapihkan desain, Anda juga bisa tambahkan filer dan edit teks sesuai selera.
  7. Jika sudah selesai, silahkan klik simpan.
  8. Bagikan di media sosial Anda atau unduh hasil editan Anda.

Baca juga: Tren Desain Kaos

Contoh-contoh Brosur

Contoh Brosur Produk Makanan dan Minuman

Punya usaha makanan seperti donat, cemilan, hingga catering? Silahkan coba referensi simple di bawah.

Contoh Brosur Produk Makanan dan Minuman
Sumber: Yahoo News

Contoh Brosur Sekolah

Biasanya dibuat ketika tahun ajaran baru untuk tk, sd, smp, smk / sma.

Contoh Brosur Sekolah
Sumber: Gokasima.com

Contoh Brosur Bahasa Inggris

Mungkin Anda menetap di luar negeri dan Ingin menjaring calon pembeli di sana? Cek contohnya ya. 

Contoh Brosur Bahasa Inggris
Sumber: Englishindo.com

Contoh Brosur Laundry

Tidak ketinggalan contoh untuk usaha laundry kiloan.

Contoh Brosur Laundry
Sumber: Tokopedia.com

Contoh Brosur Kesehatan

Gunakan contoh berikut untuk kampanye kesehatan Anda.

Contoh Brosur Kesehatan
Sumber: Tokopedia.com

Contoh Brosur Kecantikan

Biasanya klinik kecantikan hingga salon butuh referensi seperti ini bukan?

contoh brosur kecantikan
Sumber: Pinterest.com

Contoh Brosur Wisata

Entah untuk wisata alam atau pantai, Anda bisa cobat contoh di bawah ini.

contoh brosur wisata
Sumber: Contohposter.com

Penutup

Bagaimana? Apakah pembahasan artikel pengertian brosur ini cukup mudah dimengerti? ApriDesain harap begitu.

Apabila ada pertanyaan ataupun tanggapan, silahkan berikan pesan-pesan Anda melalui kolom komentar di bawah.

Jangan lupa untuk share (bagikan) artikel ini supaya teman-teman atau rekan Anda juga mengetahuinya.

Akhir kata, sekian, semoga bermanfaat, dan terima kasih.

Sumber:

Google Dictionary

Tinggalkan komentar