Mau Melamar Pekerjaan? Cek Contoh Desain CV Menarik Simple Ini

Anda baru lulus (fresh graduate) sekolah atau kuliah? Ingin melamar pekerjaan? Mau cari inspirasi contoh desain CV menarik supaya rekruter atau HRD tertarik?

Membuat cv yang menarik untuk melamar pekerjaan sebenarnya tidak sulit lho, dan Anda tidak perlu menjadi desainer handal.

Anda bisa menggunakan software atau aplikasi hp Android dan iPhone, contohnya CV Maker. Tapi biasanya Anda stuck ketika memikirkan desainnya.

Jangan bingung, karena kali ini tim ApriDesain akan memberikan contoh desain CV yang menarik, keren, dan terlihat profesional. So, baca dan cek contoh cv menarik ini sampai habis ya.

Baca juga: Template CV Word Unduh Gratis

Apa itu CV (Curriculum Vitae)?

Sebelum lanjut ke contoh CV, ada baiknya kita mengetahui apa itu CV? Supaya kita tahu apa maksud dan tujuan dari membuat CV ini.

Pengertian CV adalah suatu dokumen lengkap yang mencantumkan informasi dan kualifikasi Anda. biasanya digunakan untuk melamar pekerjaan. Juga bisa digunakan untuk keperluan akademik.

Sebenarnya Curriculum Vitae ini mirip-mirip fungsinya seperti resume, yaitu memberikan informasi tentang pendidikan dan riwayat pekerjaan seseorang.

Tips Membuat Susunan di dalam CV

Dalam menyusun CV, pastikan informasi yang Anda masukkan relevan, jujur, dan tidak mengada-ada apalagi palsu. Jadi pastikan untuk memasukkan informasi yang paling sesuai agar semakin memikat rekruter dan HRD.

Baca juga: Contoh Undangan Pernikahan Elegan & Simple

Berikut ini adalah beberapa informasi yang harus Anda masukkan ke dalam desain CV:

  • Foto yang rapi dan profesional.
    Ini sudah menjadi rahasia umum, jika di dalam CV Anda harus memasukkan foto terbaik, rapi, dan profesional. Jangan coba-coba memasukkan foto yang banyak gaya, karena itu memberikan kesan bahwa Anda adalah orang yang “urakan”. Tidak mesti memakai kemeja putih, Anda bisa mengambil foto dengan menggunakan kemeja warna lainnya atau jas.
  • Kontak informasi dan data pribadi secara detail.
    Kontak informasi dan data pribadi yang dimaksud di sini adalah seperti nama, tempat, tanggal lahir, nomor telepon, email, alamat tinggal saat ini, dst. Jangan mencoba memasukkan hal-hal yang kurang masuk akal pada biodata Anda.
  • Pendidikan formal dan non formal (kursus).
    Daftar riwayat pendidikan formal maksudnya adalah pendidikan mulai dari SD sampai jenjang terakhir, misalnya kuliah S1 jurusan IT.

    Untuk non formal biasanya jika Anda pernah mengikuti kursus atau seminar di luar lembaga pendidikan tempat Anda belajar.
  • Pengalaman kerja atau riwayat pekerjaan disertai dengan deskripsi singkat.
    Poin ini juga penting agar HRD tahu apakah pengalaman kerja Anda cocok dengan posisi yang dilamar.
  • Keahlian teknis dan non teknis.
    Selanjutnya adalah keahlian yang Anda bisa isi dengan kemampuan Anda, misalnya: menulis, koding PHP, desain grafis, hingga kemampuan komunikasi secara percaya diri.
  • Keahlian bahasa.
    Selain bahasa Indonesia, Anda juga bisa memasukkan bahasa kedua seperti contohnya Bahasa Inggris, Cina, atau Bahasa Prancis.
  • Prestasi yang telah dicapai.
    Apa saja prestasi yang pernah Anda raih? Silahkan masukkan ke dalam desain CV, agar HRD semakin mempertimbangkan peluang Anda untuk diterima sebagai bagian dari perusahaan.
  • Sertifikat dan penghargaan.
    Jika Anda mengikuti kursus seperti yang tertera pada poin nomor tiga, pastinya Anda mempunya sertifikat. Silahkan cantumkan nama sertifikat tersebut di dalam CV dan jangan lupa untuk membawa sertifikat tersebut ketika interview.
  • Pengalaman organisasi, sukarelawan, dll.
    Pengalaman berorganisasi atau sukarelawan bisa Anda cantumkan sebagai poin plus bagi HRD. Karena HRD mungkin akan menebak bahwa Anda orang yang mempunyai sifat dan atau sikap leader, pandai bekerjasama, pekerja keras, hingga kerja cerdas.

Cara Membuat CV Lamaran Kerja

Pada artikel ini, kami akan membagikan dua cara membuat CV lamaran kerja, yang pertama membuatnya via Microsoft Word dan yang kedua menggunakan aplikasi Canva.

Cara Membuat CV di Microsoft Word

Sepertinya lebih mudah melihat video daripada step by step membaca ya? Jadi, silahkan tonton video cara membuat CV lamaran kerja di Microsoft Word ini:

Sumber: Sobat Edukasi

Cara Membuat CV di HP via Canva

Membuat desain CV sederhana, simple namun menarik juga bisa Anda lakukan menggunakan aplikasi Canva.

Baca juga: Apa itu Poster? Baca penjelasan lengkapnya di sini

Anda bisa mengunduh Canva di Google Play Store dan Apple App Store atau bisa kunjungan Canva.com.

Untuk cara buat CV, silahkan baca langkah-langkahnya berikut ini:

  1. Buka aplikasi atau situs web Canva. Atau klik link ini.
  2. Silahkan login ke Canva dengan email atau nomor HP beserta kata sandi Anda. Jika belum mempunyai akun, Anda bisa daftar dahulu, mudah dan gratis kok.
  3. Cari dan pilih menu “Daftar Riwayat Hidup” atau “CV”.
  4. Cari dan pilih desain CV menarik dari ratusan template keren yang tersedia.
  5. Edit teks, font, warna, hingga elemen grafis desain CV sesuai keinginan dan jangan lupa unggah foto Anda.
  6. Ketika desain dirasa cukup memuaskan, klik simpan atau unduh desain ke dalam format .PDF, .PNG, atau .JPG. Biasanya Canva akan memberikan saran terbaik, Anda bisa mengikutinya.

Mendesain CV dengan Canva memang mudah dan gratis, tapi jangan lupa bahwa ada beberapa template contoh CV berbayar yang mengharuskan Anda berlangganan terlebih dahulu.

10 Contoh Desain CV yang Menarik, Simple, Kreatif, dan Profesional

contoh cv menarik warna soft
contoh cv menarik warna soft

Contoh CV menarik yang satu ini bisa Anda buat baik menggunakan aplikasi Microsoft Word ataupun aplikasi Canva.

Penggunaan warna dasar putih dipadukan dengan warna soft membuat desain CV yang satu ini tampil elegan, bersih, dan tentunya profesional. Karena ini hanya contoh, jadi Anda bisa ubah warnanya sesuai selera.

contoh desain cv putih hijau minimalis
contoh desain cv putih hijau minimalis

Di contoh desain CV yang kedua juga masih menggunakan warna dasar putih, namun dipadukan dengan warna abu-abu, hijau, dan hitam pada elemen lainnya.

Elemen lain yang warnanya berbeda antara lain bila sisi, kepala CV, dan teks.

contoh desain cv keren
contoh desain cv keren

Yang ketiga ini cukup sering ditemui, jadi bisa dibilang andalan para pencari kerja dalam mendesain CV seperti ini. Bilah sisi kiri berisikan foto dan informasi pribadi, dan pada bilah inti terdapat riwayat pendidikan dan pekerjaan.

Penggunaan warna putih, biru, dan hitam juga semakin menambah kesan simple.

desain cv sederhana warna putih
desain cv sederhana warna putih

Untuk contoh CV di atas, Anda diharuskan menggunakan warna dasar abu-abu atau grey. Dipadukan dengan warna hitam dan merah pada elemen lainnya.

desain contoh cv untuk melamar kerja
desain contoh cv untuk melamar kerja

Selanjutnya, ada contoh cv sederhana yang dibuat di atas warna dasar grey, kemudian penggunaan font tipografi. Untuk menghindari tulisan tidak terbaca, sebaiknya huruf atau font dibuat lebih besar dengan catatan semua informasi tetap masuk.

desain cv simple warna merah
desain cv simple warna merah

Last but not least, ada contoh CV simple namun tetap menarik. CV di atas dibuat dengan perpaduan warna merah pada garis serta teks, warna putih pada dasar, dan hitam pada huruf.

Mungkin Anda bertanya, “Kok tidak dipasangkan foto?”. Sekali lagi ini hanyalah contoh saja, Anda bisa merubah desain di atas sesuai selera dan keinginan Anda.

Harap dicatat, masukkanlah data dan informasi pada Curriculum Vitae dengan jujur, ringkas, padat, dan jelas. Jangan memasukkan informasi palsu, berbohong, bertele-tele, atau bahkan memanipulasinya.

Baca juga: Inspirasi Contoh Nota Penjualan untuk Bisnis

Karena karir Anda taruhannya.

Baiklah, sekian postingan tentang contoh desain CV ini, semoga berguna dan bermanfaat bagi para pelamar kerja yang telah membacanya.

Selamat mencoba dan sukses untuk Anda. Good luck, and you can do it!

Tinggalkan komentar