Mengenal Arti Follback, Likeback, DM, dan Salken di Instagram

Sering mendapat komentar follback, likeback, salken, dan cek DM di Instagram? Apa sih artinya? Yuk cari tahu jawabannya.

Daripada dibilang kudet alias kurang update sama teman-teman kamu ya kan? Padahal sudah punya akun Instagram dari tahun “jebot”.

Tapi jika pengguna baru bagaimana? Tenang saja, artikel ini akan membahas lengkap semua istilah Instagram di atas.

Jadi, silahkan dibaca tulisan ini sampai selesai, dan jika perlu dicatat supaya kamu tidak lupa.

Baca juga: Mau Tahu Cara Cek Followers Instagram? Ternyata Gratis dan Mudah Lho!

Apa Arti Follback

Istilah ini lebih dulu terkenal ketika Twitter lagi booming, lalu munculah Instagram dengan konsep yang sama, yaitu konsep follow dan memfollow.

Arti follback sendiri adalah following back, dan jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia maksudnya mengikuti kembali.

Bahasa anak gaul di dunia nyatanya kira-kira seperti “Woi! Ikutin akun gua balik!”.

Jadi ketika ada seseorang yang mengikuti kamu di Instagram lalu memberikan komentar follback, itu artinya dia ingin kamu mengikuti kembali akunnya.

Lalu bagaimana dengan arti follback dm? Sama saja dengan maksud minta following back di kolom komentar, perbedaannya terletak pada caranya saja.

Follback DM berarti orang tersebut mengirimkan Direct Message (Singkatan: DM) ke kamu, terus dia menulis “follback aku dong”.

Lalu apakah permintaan mereka wajib kamu kabulkan? Tentu tidak, karena kamu punya hak penuh untuk menentukan siapa akun yang ingin di follow atau tidak ingin di follow.

Apa Arti dari Likeback?

Arti likeback adalah sukai balik atau menyukai kembali salah satu postingan si pengomentar. Biasanya istilah likeback ini ditulis dengan singkat, contohnya “LB”.

Intinya orang yang berkomentar tersebut ingin kamu menyukai kembali postingan terbaru yang dia punya.

Biasanya komentar ini didapat jika kamu menggunakan tagar (hashtag) #lfl, #likeforlike, #like4like, #instalike, #likes, #likesforlikes, #likesback, #liketime, dan yang sejenisnya.

Apa itu Salken?

Istilah ini sepertinya sudah tidak asing lagi ya? Penamaan salken merupakan singkatan yang sering dijumpai semenjak zaman SMS berjaya.

Arti salken adalah salam kenal. Maksudnya adalah si pengomentar atau pengirim pesan personal (pribadi) ingin berkenalan dengan kamu.

Lantas bagaimana cara menjawab salken?

Mudah kok, kamu tinggal tulis dan balas dengan tulisan “Saltoo”. Saltoo sendiri artinya salam kenal juga. Ingat kata ”too” dalam bahasa Inggris artinya “juga”.

Baca juga: Apa itu Snapgram? Sama ataukah beda dengan Instastory?

Cek DM Apa Artinya?

Di dalam media digital dan Instagram, arti DM adalah direct message alias pesan pribadi atau pesan langsung.

Lebih lengkapnya merupakan bentuk komunikasi pribadi antara pengguna media sosial yang hanya dapat dilihat oleh pengirim dan penerima.

Jadi yang dimaksud cek DM adalah “tolong cek pesan pribadi saya”, begitu kurang lebih maksudnya. So, jangan sampai bingung lagi ya.

Follow dan Unfollow

Follow artinya mengikuti, sedangkan unfollow artinya adalah berhenti mengikuti atau batal mengikuti seseorang di Instagram.

Baca juga: Dijamin Kekinian! Ini 15 Aplikasi untuk Edit Foto Instagram Feed dan Story

Istilah ini juga sering dipakai untuk akun Twitter, bahkan dipakai juga hingga akun personal atau fanspage di Facebook.

Jika masih penasaran kamu bisa cek di kamus bahasa Inggris, Google Translate, atau di online dictionary seperti:

Urban Dictionary, Oxford Languages, Dictionary Cambridge, atau bisa cek di Slangit.com dan kamus inggris lain yang semisalnya.

Nah demikianlah bahasan lengkap tentang istilah-istilah di media sosial khususnya Instagram. Jika kamu masih bingung silahkan ajukan pertanya di kolom komentar ya, Insya Allah akan dibalas oleh ApriDesain secepat mungkin.

Terima kasih sudah mengunjungi blog ini, dan don’t forget to share this article. Thank you!

Baca juga: Mau Download Video IG? Kamu Harus Coba Aplikasi Download Video Instagram ini!

Oh iya, jika kamu mau mengubah tampilan feed ig kamu lebih menarik, kece, dan rapi, silahkan gunakan layanan desain konten Instagram milik ApriDesain.id. Harga dijamin kompetitif, hasil berkualitas, dan yang paling penting bergaransi 100% untuk semua pengunjung setia blog ini.

Tinggalkan komentar