13 Contoh Company Profile, Fungsi & Manfaatnya

Contoh company profile

Manfaat & Contoh Company Profile – Apa itu company profile? Company profile adalah sebuah data yang memberikan gambaran tentang history, status real saat ini, dan juga tujuan masa depan dari sebuah perusahaan.

Company profile dapat dibuat secara singkat, padat, dan jelas seperti satu halaman atau dapat berisi beberapa informasi data yang cukup untuk beberapa halaman.

Company profile untuk apa?

Secara umum company profile digunakan ketika Anda memberikan penawaran layanan, produk, tawaran kerja sama, hingga investasi kepada calon klien, pelanggan, rekan, dan investor.

Terdapat format yang berbeda-beda dalam penyusunan sebuah profile perusahaan.

Mulai dari format konvensional seperti cetak jilid semisal katalog, dokumen digital (word, pdf, ppt slide, video), hingga dalam bentuk website.

Baca juga:
Fungsi Logo bagi Perusahaan

Perlu Anda ketahui juga, bahwa ada beberapa poin informasi penting yang harus untuk disisipkan.

Berikut informasi-informasi yang wajib disertakan pada pembuatannya:

  1. Informasi Kontak
  2. Sejarah Perusahaan
  3. Latar Belakang Perusahaan
  4. Informasi Statistik Umum (seperti: jumlah pabrik, kantor, karyawan, dst)
  5. Rencana Masa Depan (Visi & Misi)

Kategori usaha apa saja yang membutuhkan company profile?

Hampir semua kategori usaha disarankan membuatnya mulai dari: perusahaan jasa, event organizer, kontraktor, supplier dan distributor, gudang / logistik, hingga catering sekalipun.

Lalu, mengapa Anda harus membuat company profile untuk perusahaan Anda? Apa saja fungsi company profile untuk bisnis Anda?

Fungsi & Manfaat company profile

1. Sebagai Media Promosi

company profile sebagai promosi

Seperti yang sudah kami jelaskan sebelumnya, sebenarnya company profile dapat dimanfaatkan sebagai media promosi yang baik, terutama ketika Anda bertemu dengan calon klien Anda.

Maka dari itu desain company profile harus dibuat secara profesional dan tepat agar tampil menarik dan memikat rekan bisnis Anda.

Informasi yang singkat, padat, dan jelas dapat memudahkan klien Anda memahami citra dan informasi keseluruhan perusahaan.

Jadi, harap hindari penggunaan kata yang bertele-tele karena pada intinya sales atau marketing Anda lah yang akan memaparkannya secara gamblang.

2. Bentuk Perpanjangan dari Rencana Bisnis

company profile alat marketing bisnis

Selain pembuatan logo, profil perusahaan juga merupakan cerminan dari perpanjangan rencana bisnis yang telah dibuat.

Apa bedanya? Perbedaannya adalah terletak pada apa yang dipresentasikan adalah fakta dan nyata.

Jadi, bukan hanya gambaran rencana atau angan-angan bisnis semata. Melainkan sebisa mungkin buatlah isi informasi dengan data yang relevan, jujur, dan memiliki padangan luas.

Hindari berlebih-lebihan apalagi menggunakan data palsu dan bohong, karena identitas, nama baik, dan integritas perusahaan Anda adalah taruhannya.

3. Sebagai Tool Marketing (Alat Pemasaran)

company profile alat marketing

Yang terakhir adalah mengapa Anda harus membuat company profile, karena ia dapat dijadikan sebagai tool marketing.

Bahkan, company profile dapat menjadi alat pemasaran yang sangat efektif, efisien, dan lebih simpel.

Anda hanya perlu memvisualisasikan tools ini dengan kesan terbaik, elegan, kreatif, dan profesional.

Anda bisa memasukkan foto perusahaan dengan resolusi tinggi, foto jajaran direksi, tim, karyawan, hingga kegiatan internal. Juga bisa dengan penambahan elemen dan layout desain yang clean dan balance.

Isi Susunan Company Profile yang Baik

Ada beberapa tips sebelum Anda mencetak dan mendesain company profile perusahaan. Langkah ini cukup penting agar ia dapat berfungsi dengan baik, maksimal dan efektif.

Lalu apa saja susunan yang perlu Anda masukkan ke dalam company profile? Berikut rangkuman tim desain kami untuk Anda.

1. Cover Depan & Belakang

Desain Company Profile PT. Nusa Elang Satria
Desain COMPRO PT. Nusa Elang Satria oleh ApriDesain.

Pembuatan halaman cover depan dan belakang adalah wajib sama seperti buku. Bagaimana jika Anda mendapatkan buku yang tidak memiliki cover di bagian depan dan belakang?

Pasti Anda tidak menyukainya dan bertanya-tanya “buku apa ini? Apa yang dibahas di dalamnya?”. Selain itu juga akan terkesan jelek, terlihat murah, dan tentunya tidak profesional.

Begitu juga dengan company profile, bisa jadi perusahaan Anda akan dicap tidak niat dalam menjalankan bisnis.

2. Kata Pengantar / Prolog

jasa desain katalog jakarta
Klien PT. Walasuji oleh ApriDesain.

Bagian kata pengantar ini tidak wajib dan bersifat opsional. Anda bisa memasukkannya ataupun tidak.

Saran kami, buatlah kata pengantar yang singkat, padat, dan dapat menjelaskan secara menyeluruh setiap informasi yang akan diberikan.

Karena kami yakin klien Anda akan melewatkannya jika kata pengantarnya sangat panjang dan bertele-tele.

3. Tentang Kami atau About Us

jasa desain company profile jakarta
Klien ApriDesain – PT Walasuji Padmarin

Susunan yang satu ini hukumnya wajib. Anda bisa memasukkan informasi kapan berdirinya perusahaan Anda, siapa saja stakeholder atau pimpinannya.

Pada halaman ini biasanya tercantum juga isi visi dan misi, jenis usaha yang dijalankan, hingga latar belakang yang mendasari berdirinya perusahaan Anda.

4. Daftar Rangkuman Produk atau Jasa

jasa desain company profile bekasi
Company Profile Permata Indah Residence oleh ApriDesain

Kami yakin Anda pasti setuju dengan pendapat tim kami, bahwa susunan ini sangatlah penting dan wajib.

Umumnya klien akan lebih fokus ketika melihat bagian produk. Berbeda dengan bagian lain yang hanya dibaca secara sekilas.

Tata letak produk/jasa ini harus rapih, seimbang, profesional, dan menarik.

Anda juga wajib memberikan foto (gambar) yang berkualitas tinggi serta tampak profesional agar si klien semakin berminat dengan produk/jasa yang Anda jual.

5. Daftar Tim Anggota / Direksi

Daftar Tim dan Direksi
Daftar Tim dan Direksi

Susunan ini sifatnya opsional, namun baiknnya dimasukkan agar si klien semakin “dekat” dan kenal dengan perusahaan Anda.

Dengan semakin kenal dan dekat si klien, maka peluang mereka bekerjasama akan semakin tinggi.

Hal ini didasari pada tingkat kepercayaan mereka terhadap seluk beluk perusahaan Anda

6. Bagian Mengapa Kami

Bagian Mengapa Kami
Why Us?

Tunjukkan kelebihan produk/jasa Anda kepada klien. Berikan alasan yang kuat mengapa mereka harus menggunakan layanan jasa atau produk Anda.

Berikan minimal satu perbedaan yang menarik dari kompetitor Anda (3 atau lebih akan sangat bagus).

Misalnya:

  1. Harga yang Anda tawarkan lebih murah namun kualitas setara dengan kompetitor atau lebih baik.
  2. Produk/jasa Anda berbeda dengan yang lainnya karena ramah lingkungan, awet, atau bahkan bergaransi seumur hidup.
  3. Produk atau jasa yang visioner, belum pernah dibuat oleh kompetitor Anda. Dalam kata lain, perusahaan Anda yang pertama kali membuatnya dan mungkin satu-satunnya.
  4. Jika produk Anda khusus jasa, maka Anda bisa menawarkan free trial dengan waktu yang ditentukan.
  5. Jika produknya khusus barang, maka Anda bisa memberikan bonus jika klien membeli beberapa jumlah barang.
  6. Dan seterusnya.

7. Daftar Klien, Testimoni

Daftar Klien & Testimoni
Daftar Klien & Testimoni

Bagian ini sifatnya opsional, namun kami sarankan harus dimasukkan ke dalam susunan. Daftar dan testimonial dari klien-klien yang sudah ada sangat berpengaruh terhadap reputasi perusahaan Anda dan juga keputusan calon klien baru Anda.

Mereka akan mempertimbangkan dan semakin percaya jika perusahaan Anda pernah bekerjasama dengan perusahaan-perusahaan besar lainnya.

Biasanya klien ApriDesain.id meminta agar kami memasukkan nama klien beserta foto/gambar/logo klien-klien yang sudah mempercayai mereka.

Mereka juga memasukkan beberapa testimonial dari klien-klien besar ataupun dari orang-orang terkenal.

Tidak lain, hal ini dilakukan untuk semakin memikat klien atau konsumen baru.

8. Galeri Foto

jasa desain company profile bekasi
Desain Profil Perusahaan Pengecatan

Siapkan dan tambahkan foto-foto berkualitas yang memberikan image bisnis terbaik untuk perusahaan Anda.

Bisa seperti foto kegiatan staff & karyawan, foto-foto produksi dan pekerjaan, foto produk-produk, hingga foto para pimpinan, direksi dan bagian interior serta eksterior kantor Anda.

13 Contoh Company Profile

Agar dapat memberikan inspirasi lebih lanjut, maka kami melampirkan setidaknya 13 contoh company profile dengan desain yang profesional dan elegan oleh tim ApriDesain.id.

Contoh yang kami lampirkan ini bisa Anda jadikan referensi dalam membuat tools pemasaran dan promosi yang ampuh serta memberikan pesan terbaik perusahaan Anda.

Berikut lampiran gambarnya:

Kesimpulan

Setiap perusahaan sangat direkomendasikan untuk memiliki company profile baik dalam bentuk cetak, digital (pdf), video maupun website.

Mengapa? Karena company profile seperti halnya pintu gerbang pertama yang memberikan kesempatan serta peluang untuk mengembangkan bisnis.

Pembuatan profile perusahaan dapat ditujukan kepada investor, calon klien, hingga penyebaran jaringan dalam tahap pengenalan para staff karyawan.

Company profile dapat digunakan saat bertemu dengan klien, rekan kerja, dan dapat dikirim secara online sebelum melakukan pertemuan bisnis.

Hal ini bertujuan agar klien dapat membaca serta mempelajari lebih detil seputar perusahaan Anda.

Sekali lagi tulislah data informasi yang nyata, fakta, dan aktual disertai dengan gambar agar dapat menambah daya tarik dan kepercayaan perusahaan yang Anda pimpin.

Demikian artikel tentang fungsi dan contoh company profile, semoga bermanfaat dan dapat dijadikan referensi.

Jika ada saran, kritik, dan tambahan silahkan beritahu kami pada kolom komentar di bawah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *