Manfaat, Fungsi, & Contoh Company Profile

fungsi manfaat company profile
Manfaat Company Profile

Manfaat Company Profile РProfile perusahaan atau company profile adalah sebuah data yang memberikan gambar tentang history, status saat ini, juga tujuan masa depan dari sebuah bisnis atau perusahaan. Company profile dapat dibuat secara singkat seperti satu halaman atau dapat berisi beberapa data yang cukup untuk beberapa halaman.

Umumnya, company profile (profil perusahaan) digunakan ketika Anda memberikan penawaran layanan, produk, tawaran kerja sama, hingga investasi kepada calon klien, pelanggan, rekan, dan investor.

Manfaat Membuat Company Profile

Terdapat format yang berbeda-beda dalam penyusunan sebuah profile perusahaan, namun ada jenis-jenis informasi penting yang sangat patut untuk dimasukkan.

Baca juga:
Fungsi Logo bagi Perusahaan

Berikut informasi-informasi yang wajib disertakan pada pembuatan company profile:

  1. Informasi Kontak
  2. Sejarah Perusahaan
  3. Latar Belakang Perusahaan
  4. Informasi Statistik Umum (seperti: jumlah pabrik, kantor, karyawan, dst)
  5. Rencana Masa Depan (Visi & Misi)

Lalu, mengapa Anda harus membuat company profile untuk perusahaan Anda? Apa saja manfaat company profile untuk bisnis Anda?

Berikut Beberapa Fungsi & Manfaat membuat company profile:

1. Company Profile Sebagai Media Promosi

company profile sebagai promosi

Sebenarnya company profile dapat dimanfaatkan sebagai media promosi yang baik, terutama ketika Anda bertemu dengan calon atau klien Anda.

Company profile harus dibuat dengan baik dan profesional agar tampil menarik dan memikat rekan bisnis Anda.

Informasi yang jelas dan padat dapat memudahkan klien Anda memahami citra dan informasi keseluruhan perusahaan.

Jadi, harap hindari penggunaan kata yang bertele-tele karena pada intinya sales atau konsultan Andalah yang akan menjelaskannya secara gamblang.

2. Bentuk Perpanjangan dari Rencana Bisnis

company profile alat marketing bisnis

Selain pembuatan logo, company profile juga cerminan dari perpanjangan rencana bisnis yang telah dibuat. Namun, perbedaannya terletak pada apa yang dipresentasikan adalah fakta.

Jadi, bukan hanya gambaran rencana atau angan-angan bisnis yang disusun. Sebisa mungkin buatlah company profile dengan data yang relevan dan memiliki padangan luas.

Hindari berlebih-lebihan apalagi data palsu dan bohong, karena identitas, nama baik, dan integritas perusahaan Anda adalah taruhannya.

3. Sebagai Tool Marketing (Alat Pemasaran)

company profile alat marketing

Yang terakhir adalah mengapa Anda harus membuat company profile, karena ia dapat dijadikan sebagai tool marketing.

Bahkan, company profile dapat menjadi alat pemasaran yang sangat efektif. Anda hanya perlu memvisualisasikan company profile dengan kesan terbaik pada perusahaan Anda.

Bisa dengan menggunakan foto perusahaan, jajaran direksi, tim, karyawan, bahkan dengan penambahan elemen-elemen desain yang clean.

Contoh Susunan Company Profile yang Baik

Ada beberapa tips sebelum Anda mendesain dan mencetak company profile perusahaan. Langkah ini penting agar company profile dapat berfungsi dengan baik, efisien dan efektif.

Lalu apa saja sebenarnya yang harus dimasukkan dalam sebuah profil perusahaan yang baik? Berikut kami rangkum jawabannya dalam poin-poin di bawah ini:

Lalu apa saja susunan yang perlu Anda masukkan ke dalam company profile? Berikut rangkuman tim desain kami untuk Anda.

1. Cover Depan & Belakang

Desain Company Profile PT. Nusa Elang Satria
Desain COMPRO PT. Nusa Elang Satria oleh Apri Desain.

Pembuatan halaman cover depan dan belakang adalah wajib. Sama seperti buku, bagaimana jika Anda mendapatkan buku yang tidak memiliki cover di bagian depan dan belakang?

Pasti sangat jelek, terlihat sangat murahan, dan tidak profesional. Begitu juga dengan company profile, bisa jadi perusahaan Anda akan dicap tidak niat berbisnis.

2. Kata Pengantar / Prolog

jasa desain katalog jakarta
Desain Company Profile PT. Walasuji oleh Apri Desain.

Pada bagian ini tidak wajib alias opsional, Anda bisa memasukkannya ataupun tidak. Saran kami, buatlah kata pengantar yang singkat, padat, dan dapat menjelaskan secara menyeluruh.

Karena Saya yakin klien Anda akan melewatkannya jika kata pengantarnya sangat panjang dan bertele-tele.

3. Tentang Kami atau About Us

jasa desain company profile jakarta
Desain Company Profile PT Walasuji Padmarin

Susunan yang satu ini hukumnya wajib. Anda bisa memasukkan informasi kapan berdirinya perusahaan Anda, siapa saja stakeholder atau pimpinannya.

Pada halaman ini biasanya tercantum juga isi visi dan misi, jenis usaha yang dijalankan, hingga latar belakang yang mendasari berdirinya perusahaan Anda.

4. Daftar Rangkuman Produk atau Jasa

jasa desain company profile bekasi
Desain Company Profile Permata Indah Residence oleh Apri Desain

Saya yakin Anda pasti setuju dengan Saya, bahwa susunan ini sangatlah penting dan wajib.

Umumnya klien akan lebih fokus ketika melihat bagian produk. Berbeda dengan bagian lain yang hanya dibaca secara sekilas.

Tata letak produk/jasa ini harus rapih, seimbang, profesional, dan menarik.

Anda juga wajib memberikan foto (gambar) yang berkualitas tinggi serta tampak profesional agar si klien semakin berminat dengan produk/jasa yang Anda jual.

5. Daftar Tim Anggota / Direksi

Daftar Tim dan Direksi
Daftar Tim dan Direksi

Susunan ini sifatnya opsional, namun baiknnya dimasukkan agar si klien semakin “dekat” dan kenal dengan perusahaan Anda.

Dengan semakin kenal dan dekat si klien, maka peluang mereka bekerjasama akan semakin tinggi.

Hal ini didasari pada tingkat kepercayaan mereka terhadap seluk beluk perusahaan Anda

6. Bagian Mengapa Kami

Bagian Mengapa Kami
Why Us?

Tunjukkan kelebihan produk/jasa Anda kepada klien. Berikan alasan yang kuat mengapa mereka harus menggunakan layanan jasa atau produk Anda.

Berikan minimal satu perbedaan yang menarik dari kompetitor Anda (3 atau lebih akan sangat bagus).

Misalnya:

  1. Harga yang Anda tawarkan lebih murah namun kualitas setara dengan kompetitor atau lebih baik.
  2. Produk/jasa Anda berbeda dengan yang lainnya karena ramah lingkungan, awet, atau bahkan bergaransi seumur hidup.
  3. Produk atau jasa yang visioner, belum pernah dibuat oleh kompetitor Anda. Dalam kata lain, perusahaan Anda yang pertama kali membuatnya dan mungkin satu-satunnya.
  4. Jika produk Anda khusus jasa, maka Anda bisa menawarkan free trial dengan waktu yang ditentukan.
  5. Jika produknya khusus barang, maka Anda bisa memberikan bonus jika klien membeli beberapa jumlah barang.
  6. Dan seterusnya.

7. Daftar Klien, Testimoni

Daftar Klien & Testimoni
Daftar Klien & Testimoni

Bagian ini sifatnya opsional, namun Saya sarankan harus dimasukkan ke dalam susunan. Daftar dan testimonial dari klien-klien yang sudah ada sangat berpengaruh terhadap reputasi perusahaan Anda dan juga keputusan calon klien baru Anda.

Mereka akan mempertimbangkan dan semakin percaya jika perusahaan Anda pernah bekerjasama dengan perusahaan-perusahaan besar lainnya.

Biasanya klien ApriDesain.id meminta agar Saya memasukkan nama klien beserta foto/gambar/logo klien-klien yang sudah mempercayai mereka.

Mereka juga memasukkan beberapa testimonial dari klien-klien besar ataupun dari orang-orang terkenal.

Tidak lain, hal ini dilakukan untuk semakin memikat klien atau konsumen baru.

8. Galeri Foto

jasa desain company profile bekasi
Desain Company Profile Perusahaan Pengecatan oleh Apri Desain

Siapkan dan tambahkan foto-foto berkualitas yang memberikan image bisnis terbaik untuk perusahaan Anda.

Bisa seperti foto kegiatan staff & karyawan, foto-foto produksi dan pekerjaan, foto produk-produk, hingga foto para pimpinan, direksi dan bagian interior serta eksterior kantor Anda.

Kesimpulan

Setiap perusahaan sangat direkomendasikan untuk memiliki company profile baik dalam bentuk cetak ataupun website.

Mengapa? Karena company profile seperti halnya pintu gerbang pertama yang memberikan kesempatan serta peluang untuk mengembangkan bisnis.

Pembuatan desain profile perusahaan dapat ditujukan kepada investor, calon klien, hingga penyebaran jaringan dalam tahap pengenalan para staff karyawan.

Company profile dapat digunakan saat bertemu dengan klien, rekan kerja, dan dapat dikirim sebelum melakukan pertemuan bisnis.

Hal ini bertujuan agar klien dapat membaca serta mempelajari lebih detil seputar perusahaan Anda.

Tulislah data informasi yang nyata dan aktual disertai dengan gambar agar dapat menambah daya tarik desain company profile Anda.

Demikian artikel tentang manfaat dan fungsi company profile, dan Anda bisa menggunakan jasa desain company profile di sini.

Semoga bermanfaat dan dapat dijadikan referensi. Jika ada saran, kritik, dan tambahan silahkan beritahu kami pada kolom komentar di bawah.

Berbagi itu Indah!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 × four =