16 Jenis Kertas Percetakan dengan Contoh Gambar

macam jenis kertas macam percetakan

Kertas adalah kebutuhan primer dimana setiap orang, organisasi, perusahaan dan instansi menggunakannya. Kita tahu setiap orang menggunakan kertas dalam aktifitasnya baik untuk transaksi ataupun pencatatan informasi.

Sehingga penting untuk diketahui macam jenis kertas yang digunakan dalam usaha percetakan atau desain cetak. Selain untuk pengetahuan, juga agar kita tidak salah menggunakan kertas saat ingin mencetak.

Kertas sangat dibutuhkan keberadaanya baik dalam dunia pendidikan, kerja, hingga bisnis. Mengacu pada data CNBC bahwa, Ekspor pulp dan kertas Indonesia pada tahun 2018 mencapai US$ 5,8 miliar jika di rupiahkan sebesar Rp 78,3 triliun.

Jumlah yang sangat fantastis bukan?

Selain yang sudah disebutkan di atas, kertas juga dipergunakan dalam mencetak data dan informasi seperti buku, koran, majalah, katalog, serta pencatatan laporan.

Juga bermanfaat untuk keperluan promosi usaha seperti mencetak spanduk, banner, kartu nama, paper bag dan seterusnya.

Apa lagi untuk kebutuhan branding, seperti untuk mencetak kalender, kartu nama, hingga company profile.

Baca juga: Manfaat Company Profile

Sejarah Singkat Kertas

Kertas merupakan bahan tipis (tidak ditenun), biasanya berwarna putih dan terbuat dari serta tekstil dan tanaman. Awalnya digunakan untuk menulis, kerajinan tangan, seni, hingga pengemasan.

Siapakah yang menemukan kertas?

Penemu kertas adalah bangsa Cina, yakni selama periode Han Timur (25-22- M). Masa itu adalah masa pertama kali pembuatan kertas, dan entah mengapa dikait-kaitkan dengan Cai Lun yang mana seorang pejabat pengadilan pada masanya.

Penggunaan kertas semakin berkembang, hingga pada abad ke-8 kertas berhasil menyebar ke dunia Islam. Pada saat itu, pabrik pulp dan kertas difungsikan untuk pembuatan kertas yang menghasilkan uang.

Kertas terus menyebar hingga ke Eropa pada abad ke-11, dan disempurnakan di Spanyol dengan cara membangun pabrik kertas tenaga kinci air.

Di Eropa, proses pembuatan kertas semakin maju pada abad ke-19, dengan penemuan pembuatan kertas dengan bahan dasar kayu.

Hingga akhirnya kertas menjadi komoditi yang benar-benar dibutuhkan saat ini. Seperti itulah sejarah singkat “terciptanya” kertas.

Pertanyaannya?

Apakah Saya harus tahu jenis-jenis kertas?

Ya, harus!

Apalagi untuk usaha dan bisnis Anda. Paling tidak karyawan atau orang suruhan Anda harus tahu mengenai hal ini.

Untuk kebutuhan bisnis dan promosi, Anda membutuhkan tampilan desain yang profesional dan berkualitas. Anda bisa mendapatkannya dengan menggunakan jasa desain grafis yang disediakan oleh Apri Desain.

Tapi sebelum mencetak, pastikan Anda mengetahui jenis-jenis kertas terlebih dahulu. Kenapa? Tentu agar hasil cetak semakin baik dan berkualitas sesuai dengan kebutuhan Anda.

Berikut adalah jenis-jenis kertas yang cukup sering dipergunakan dalam dunia percetakan:

  1. Kertas Yellow Board
  2. Kertas Corrugated
  3. Kertas Fancy Paper
  4. Kertas Samson Kraft
  5. Kertas Concord
  6. Kertas Art Paper
  7. Kertas Art Karton
  8. Kertas Ivory
  9. Kertas Dupleks
  10. Kertas HVS
  11. Kertas Matte Doff Paper
  12. Sublime Paper
  13. Double-Side Paper
  14. Fiver Matte
  15. Premium Glossy Foto Paper
  16. Sticker Glossy Foto Paper
  17. Alert!

#1 Kertas Yellow Board

kertas yellow board paper

Kertas ini cukup tebal dan sering digunakan sebagai rangka desain undangan cetak hard cover. Umumnya percetakan offset tidak dapat mencetak pada kertas ini, maka untuk memudahkannya kertas ini perlu untuk dilapisi dengan kertas dupleks atau art paper ketika proses pencetakan. Gramatur untuk kertas ini adalah antara TB 30 dan YB 40.

Baca juga: Berapa Harga Desain Grafis Online

#2 Kertas Corrugated

kertas corrugated paper

Kertas corrugated adalah kertas yang memiliki ciri khas warna coklat pada permukaannya dan juga bergelombang. Secara umum kertas ini digunakan untuk dus-dus suatu produk seperti:

  • Dus mie instan
  • Dus makanan ringan
  • Dus air mineral
  • Dus produk elektronik (Tv, Komputer, dst)

Kertas ini sama halnya dengan kertas yellow board karena membutuhkan kertas lain ketika di percetakan offset.

#3 Kertas Fancy Paper

kertas fancy paper

Kertas fancy paper adalah kertas yang sering digunakan untuk mencetak sebuah undangan nikah. Kertas ini memiliki beragam, baik warnanya dan juga karakteristiknya. Berikut adalah beberapa jenis dari kertas fancy paper:

  1. Java emboss
  2. Jasmine
  3. Millennium
  4. Hawaii, dst

Gramatur dari kertas ini adalah 80 gr, 100 gr, 220 gr, 300 gr.

#4 Kertas Samson Kraft

kertas samson kraft paper

Kertas samson kraft dihasilkan melalui proses daur ulang sehingga membuat warna kertas ini menjadi coklat. Umumnya kertas ini dipergunakan untuk paper bag atau bungkusan lainnya. Gramatur untuk kertas ini adalah 70 gr dan 80 gr.

#5 Kertas BC, BW, LINEN JAPAN, dan Concord

kertas concorde paper

Kertas ini sangat variatif, dan diantara keunikannya adalah permukaanya yang bertekstur juga pilihan warna yang beragam. Kertas ini cukup tebal dan cocok untuk keperluan mencetak sertifikat, kartu nama, atau sejenis lainnya. Gramatur kertas ini adalah 160 gr, 220 gr, 250 gr.

#6 Kertas Art Paper

kertas art paper

Kertas art paper adalah kertas yang memiliki permukaan yang licin. Kebutuhan cetak seperti brosur, flyer, katalog, hingga majalah umumnya menggunakan kertas ini.

Gramatur yang tersedia adalah 100 gr, 115 gr, 120 gr, dan 150 gr. Kertas ini juga terdapat dalam jenis semi doff yaitu matt paper. Kertas ini kurang optimal dalam penyerapan air sehingga tidak cocok jika menggunakan tinta dye yang mana tinta ini terbuat dari bahan dasar air.

Rekomendasi tinta yang cocok untuk kertas art paper adalah tinta art paper sendiri.

#7 Kertas Art Carton

kertas art karton / carton

Kertas art karton ini cukup mirip dengan kertas art paper dalam hal dua sisi permukaannya, yakni halus dan licin. Perbedaanya terletak pada tingkat ketebalan, dan art carton lebih tebal ketimbang art paper. Kertas ini biasa digunakan untuk desain cetak kartu nama, map, cover buku, company profile dan seterusnya.

Gramatur kertas art carton mulai dari 190 gr hingga 400 gr.

#8 Kertas Ivory

kertas ivory paper

Kertas ini serupa dengan art carton baik dari segi permukaan maupun tekstur kehalusannya. Tapi sangat mudah dibedakan karena tekstur halus pada kertas ivory hanya pada satu sisi saja tidak seperti art carton yang dua sisi. Tekstur halus yang dihasilkan adalah hasil dari proses coating.

Kertas ivory ini cocok untuk kebutuhan cetak dus-dus kosmetik hingga paper bag. Gramatur yang tersedia untuk kertas ini ialah 210 gr, 230 gr, 250 gr, 310 gr.

Kertas Dupleks
kertas dupleks, duplex paper

Kertas dupleks memiliki dua warna yang berbeda pada kedua sisinya, satu sisi berwarna putih dan sisi lainnya berwarna abu-abu. Umumnya dipergunakan untuk cetak dus obat dan juga makanan. Gramatur yang tersedia adalah 250 gr, 270 gr, 310 gr, 350 gr, hingga 450 gr.

#10 Kertas HVS

kertas hvs paper

Kertas ini cukup familiar di telinga dan mungkin sudah banyak orang yang sudah mengetahuinya. Kertas ini biasa digunakan untuk fotocopy juga mencetak buku. Permukaannya agar kasar dan kertas ini memiliki gramatur antara lain 60 gr, 70 gr, 80 gr hingga 100 gr.

#11 Kertas Matte atau Doff Paper

kertas matte doff paper

Kertas ini direkomendasikan untuk kebutuhan cetak foto dengan hasil yang baik. Kertas ini mudah dalam menyerap tinta sehingga dapat menyembunyikan kualitas printer dan tinta, juga tidak dapat memantulkan cahaya. Kertas ini cocok untuk cetak foto dengan bingkai atau foto yang sering dipegang.

#12 Kertas Sublime Paper

kertas sublime paper

Kertas ini digunakan sebagai perantara ketika transfer gambar ke dalam sebuah kaos atau t-shirt. Ketika Anda ingin mencetak desain kaos custom, maka gunakanlah kertas ini karena dapat memindahkan tinta dengan optimal ke media kaos.

#13 Double-Side Paper

Kertas ini mampu dipergunakan untuk cetak foto pada bagian sisi depan maupun belakang. Hasil cetaknyapun berkualitas sedikit agak doff dan tidak mengkilap. Kertas double-side paper ini direkomendasikan untuk mencetak pamflet sebagai sarana promosi. Karena calon klien atau pembeli dapat melihat dari kedua sisi.

#14 Fiver Matte

Kertas fiver matte adalah kertas yang tahan lama, kertas ini dibuat dengan pH netral atau disebut juga Archival Paper.

#15 Premium Glossy Foto Paper

Kertas ini sering disebut juga dengan nama high glossy, ia mampu mencetak foto dengan hasil yang lebih mengkilap. Kertas ini direkomendasikan untuk mencetak foto dengan resolusi tinggi (high-resolution) meskipun sudah dipastikan harga dari kertas ini lebih mahal. Namun hasil cetakan foto tampak lebih cerah dan maksimal.

#16 Sticker Glossy Foto Paper

Kertas ini direkomendasikan untuk pembuatan sticker juga sangat mampu mencetak foto beresolusi tinggi.

Demikian artikel seputar jenis kertas percetakan, Anda dapat memilih yang mana yang cocok untuk kebutuhan Anda. Apakah itu untuk kebutuhan sehari-hari, pendidikan, bisnis, hingga promosi, itu semua kembali pada kebutuhan masing-masing.

Apakah artikel ini sudah cukup memberikan informasi? Jika kurang atau ingin menambahkan silahkan beritahu melalui post komentar di bawah.

Alert!

Namun sebelum mencetaknya pastikan telah mendapatkan materi desain yang profesional, unik, dan berkualitas yang Anda bisa lihat pada halaman layanan. Kami akan sangat senang apabila diberikan kepercayaan untuk menjadi jasa desain grafis pilihan Anda.

Berbagi itu Indah!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

four × 1 =