5 Tren Tipografi Sebagai Inspirasi

Apri Desain – Seorang desainer grafis yang mengenyam pendidikan formal tahu apakah itu tipografi. Mereka pastinya sangat mengenal dasar-dasarnya, seperti huruf serifs dapat mengurangi tingkat keterbacaan suata kata atau kalimat, dan keseimbangan antara background dengan teks. Sebagai informasi, seorang ahli user experiece telah memulai sebuah perhatian khusus dalam hal tipografi pada web design agar dapat membuat user experience yang lebih baik.

lima tren tipografi 2017
5 tren tipografi sebagai inspirasi

Dikutip oleh AddThis, “Tipografi mengambil peranan cukup penting dalam hal user experience yang baik”. Tingkat keterbacaan teks menjadi suatu komponen penting bagi pengunjung untuk melihat dan berinteraksi disebuah website. Style tipografi juga dapat memainkan peran emosi bagi pengunjung dan berdampak pada persepsi sebuah brand.

Baca : 5 tips mendesain logo yang unik

5 Tren Tipografi

Bagi yang baru belajar ataupun yang sudah ahli, berikut ini adalah beberapa tren mengenai font dan teks yang dapat dijadikan referensi atau informasi tambahan yang bermanfaat.

  1. Tulisan yang Lembut
    Bisakah Anda membuat tampilan teks keseluruhan website yang lembut, sederhana? Terdengar mustahil bagi seorang yang masih belajar seperti Saya. Tapi untuk penekanan dalam Headline (Judul) Anda bisa menggunakan beberapa pilihan font terbaik yang bisa didapatkan dari internet, contohnya adalah keluarga Arial Bold?
  2. Tipografi Dramatis
    Ketebalan huruf, ukuran font yang besar. Sans serif font secara harfian dapat mengambil perhatian pengunjung jadi tak salah jika font jenis ini cukup banyak digunakan. Perkembangan akhir-akhir ini terhadap tipografi dramatis cukup tinggi. Jadi bagi Anda para pengembang web tidak perlu khawatir untuk memberikan judul dengan huruf yang cukup tebal dan berukuran besar.
  3. Mix & Match Font
    Jika Anda seorang ahli yang fanatik dengan tipografi, mengapa hanya menggunakan satu model font?. Mix & match font style dalam satu halaman web sekarang ini sudah menjadi hal yang tidak aneh lagi malah dapat dikatakan semakin meningkat. Namun terlepas dari itu semua kita harus tetap memperhatikan keselarasan suatu font, jangan sampai halaman web Anda tampil selayaknya buku komik SD seharga 1000-an.
  4. Font Tulisan Tangan
    Tidak perlu berkata bahwa ada banyak variasi font tulisan tangan yang keren di internet, mulai dari yang tampak berantakan hingga tampak ekslusif. Custom font yang dapat menyerupai tulisan tangan dapat memberikan terobosan baru dalam hal user experience, dengan catatan font tersebut harus tetap terbaca jelas, nampak akrab, dan nyaman.
  5. Kembali ke Awal
    Terkadang, pernyataan paling bersuara bukanlah sebuah pernyataan. Masih ingatkah Anda ketika jenis font Helvetica sangat digandrungi? pililahh font-font lawas yang bebas dari “sengketa” seperti halnya comic-sans yang saat artikel ini dituliskan kurang lebih sudah terdapat 5000 tanda tangan petisi agar font ini dihapus. Jadi, pilihlah font lawas yang simpel, dan sederhana agar tetap dapat menampilkan kesan minimalis, clean, dan profesional.

Apakah Anda seorang fanatik tipografi? Apa tren favorit Anda di tahun 2017 ini?

One thought on “5 Tren Tipografi Sebagai Inspirasi

  1. Pingback: Top 5 Tren Desain Logo di Tahun 2017 | Apri Desain |

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 × one =